Novena.LiziAvatar border
TS
Novena.Lizi
Viral! Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Ajak Para Santri Ucap Salam Kristen Havenu Shalom
Viral! Pimpinan Ponpes Al-Zaytun Ajak Para Santri Ucap Salam Kristen 'Havenu Shalom Aleichem'

- Selasa, 9 Mei 2023 | 23:22 WIB


Para santri di Ponpes Al-Zaytun mengucap salam kristen Havenu Shalon Aleichem (IST)
SMOL.ID - Viral di media sosial, sebuah video menunjukkan para santri di Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jawa Barat (Jabar) diminta menyanyikan Havenu Shalom Aleichem atau salam Kristen.
Havenu Shalom Aleichem biasa dinyanyikan oleh umat Kristiani saat mengucapkan salam kepada orang lain,
Dalam video itu, tampak pimpinan ponpes Al-Zaytun Panji Gumilang mengajak para santrinya mengucap salam Kristen atau Havenu Shalom Aleichem untuk menyambut tamu.
Video itu pun menuai kecaman dari netizen dan menyebut Ponpes Al-Zaytun sesat.

Dalam video itu tampak pula mantan Wakil Bupati Indramayu Lucky Hakim.
Dengan keberadaan Lucky Hakim dalam video tersebut menandakan kejadian itu sudah lama saat aktor laga itu masih menjadi Wabup Indramayu atau sekitar setahun lalu.
Dalam unggahan video tersebut memperlihatkan pimpimam Pondok Pesantren Al-Zaytun, Panji Gumilang, mengajak santri dan tamu undangan untuk mengucapkan salam untuk umat Kristiani.
Dari video yang diunggah akun @say.kocak bisa dilihat Panji Gumilang mengajak para santri untuk bersama-sama mengucapkan salam untuk sahabat yang hadir di ponpes Al-Zaytun.
"Saya mengajak saudara-saudara untuk mengucapkan salam yang tidak Assalamualaikum saja, sambil kita bernyanyi, saya kira yang hadir walaupun tidak pandai, tapi bisa bernyanyi. Kita ucapkan kepada sahabat kita "havenu shalom aleichem", dalam bentuk bernyanyi. Silakan berdiri, karena ini satu syuro," ajak Panji Gumilang, dilihat Selasa 9 Mei 2023.
Panji Gumilang mulai mencontohkan ucapan salam untuk umat Kristiani dengan nyanyian. Panji Gumilang juga terdengar memandu para santi menyanyikan "Havenu Shalom Aleichem,".
Ramainya video itu, Lucky Hakim melalui akun media sosialnya menjelaskan terkait kehadirannya di Ponpes Al-Zaytun.

"Itu tahun lalu waktu saya masih jadi kepala daerah di Indramayu dan diundang sebagai kepala daerah. Di dalam pesantren ada tanah garapan pertanian modern dan peternakan modern. Selebihnya saya tidak terlalu mendalami kurikulum dan apapun tentang teknis pengajaran. Jadi mungkin bisa ditanyakan langsung ke pihak al zaitun bila mana ada yang mau tahu tentang metode dan ajarannya," tulis Lucky Hakim.
Sebelumnya Ponpes Al-Zaytun juga membuat kehebohan. Sebuah video memperlihatkan jemaah wanita shalat Idul Fitri sejajar dengan pria.

https://www.smol.id/news/718728494/v...ichem?page=all



bagusan jg versi yg ini emoticon-Ngacir

Diubah oleh Novena.Lizi 10-05-2023 08:56
gmc.yukon
scorpiolama
scorpiolama dan gmc.yukon memberi reputasi
2
1.9K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan