harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
4 Kebobrokan SEA Games Kamboja 2023! Gak Pantes Jadi Tuan Rumah!

Sumber Gambar

SEA Games merupakan salah satu gelaran kompetisi olahraga yang mempertemukan negara-negara Asia Tenggara dalam berbagai cabang olahraga. Biasanya ketika Sea Games dilangsungkan, akan ada satu negara yang menjadi tuan rumah. Indonesia sendiri sudah berkali-kali sukses menggelar event ini.

Tahun ini, giliran Kamboja yang diberi kesempatan oleh negara ASEAN lainnya untuk menggelar acara ini. Sayangnya, banyak pihak yang merasa kecewa dan menganggap Kamboja tidak layak sebagai tuan rumah. Anggapan itu bukan tanpa dasar karena pada kenyataannya, Sea Games di Kamboja memang sebobrok itu.

Berikut adalah kebobrokan Kamboja sebagai tuan rumah Sea Games!emoticon-Ngacir



1. Ceremony Lampu Mobil


Sumber Gambar

Atlet asal Indonesia yakni Hendro Yap berhasil menyabet medali emas dalam cabang olahraga jalan cepat 20 km. Dengan catatan 1 jam 40 menit 42 detik, jauh sekali bila dibanding oleh para pesaingnya seperti Vietnam.

Seremoni pemberian medali di podium dilaksanakan pada malam hari dan tampaknya panitia tidak menyiapkan lighting dengan baik. Suasana podium pun akhirnya gelap gulita. Sampai akhirnya pencahayaan hanya menggunakan lampu mobil yang disorotkan ke arah podium. Benar-benar tidak modal ya GanSis!

2. Kamar Atlet Bocor


Sumber Gambar

Lagi-lagi kebobrokan Kamboja berdampak ke pada atlet kita. Kali ini dari cabang Badminton Putri, kamar hotel tempat mereka menginap bocor pada saat hujan. Air jatuh dari langit-langit membuat mereka tidak nyaman beristirahat.

Video ini tersebar di TikTok dan menjadi perbincangan orang-orang. Hal ini sangat mengganggu para atlet yang bertanding keesokan harinya. Untung ada sang pelatih yang tetap menenangkan mereka dan meminta untuk fokus saja dengan pertandingan esok.

3. Kursi Kondangan


Sumber Gambar

Masih menimpa atlet asal Indonesia, kali ini tim sepakbola putra Indonesia U-22 mendapatkan tempat duduk di dressing room berupa bangku plastik kondangan. Padahal sebagai atlet yang lelah berlatih dan bermain mereka layak mendapat kursi yang nyaman untuk istirahat.

Tak hanya itu, untuk membedakan dressing room Indonesia dengan negara lain mereka memasang bendera di depannya. Tapi sekali lagi, mereka antara niat gak niat. Bendera Indonesia ditempel di tembok hanya dengan lakban. Dih, kampus gue aja ngadain acara gak gini-gini amat.

4. Bendera Terbalik


Sumber Gambar

Yang satu ini pasti kalian sudah tahu beritanya ya. Di acara opening ceremony, terdapat momen di mana bendera-bendera peserta Sea Games dikibarkan di tengah lapangan. Namun sayang, entah mengapa ada bendera Polandia di tengah-tengah bendera negara ASEAN itu.

Hal seperti ini mirip seperti yang dilakukan Malaysia beberapa tahun lalu dan sayangnya harus terjadi lagi. Menpora Kamboja pun sudah meminta maaf secara langsung kepada Menpora Dito, sayangnya hal itu tidak menyurutkan kekesalan netizen Indonesia yang terus menghujat akun sosmed SEA Games Kamboja.

emoticon-2 Jempol

Dari banyaknya kebobrokan tuan rumah yang TS rekap di atas, mungkin masih banyak lagi yang terjadi pada peserta dari negara lain hanya saja belum viral. Sebagai tuan rumah, TS sendiri menilai Kamboja seperti suka-suka atau asal-asalan. Banyak hal yang tidak dipersiapkan kurang baik dan sudah jelas kalau negara ini memang belum waktunya jadi tuan rumah.

emoticon-2 Jempol

Ya namanya juga pertama kali, semoga Kamboja bisa belajar banyak ya.

Menurut kalian, apakah kesalahan Kamboja ini masih bisa ditolerir?
emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3, Link Referensi 4
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 09-05-2023 22:33
jlannister
edilokonga503
begobet.
begobet. dan 14 lainnya memberi reputasi
15
5.7K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan