Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
F-16 USAF Jatuh dan Terbakar Dekat Area Pertanian di Korea Selatan, Pilot Selamat
Quote:


Kecelakaan yang melibatkan pesawat tempur kemnbali terjadi Gan, setelah sebelumnya MiG-31 Rusia jatuh di sebuah danau pada 26 April 2023 lalu, kini giliran F-16 Amerika mengalami hal serupa. Kejadian itu terjadi hari ini, Sabtu (06/05/2023), pesawat jatuh di Pyeongtaek, 60 kilometer selatan Seoul. Untungnya pilot berhasil menyelamatkan diri dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

Melalui video yang ditayangkan media Korea Selatan, tampak F-16 itu sudah jadi "butiran debu", pasalnya pesawat itu terbakar habis. Petugas pemadam kebakaran dikirim ke TKP untuk memadamkan api yang melalap F-16. Mengutip artikel Yonhap News Agency, USAF mengkonfirmasi jika kecelakaan terjadi pada pukul 09:45 pagi waktu setempat.

Dalam kecelakaan ini untungnya tidak ada korban sipil Gan, juga tidak ada bangunan rumah yang rusak. Karena area tempat pesawat jatuh jauh dari pemukiman warga. USAF dan pihak Korea Selatan saat ini sedang menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat tempur tersebut. F-16 itu dilaporkan jatuh di lapangan yang dekat area pertanian di dekat Osan Air Base.

Quote:


Sebagai tambahan informasi Gan, F-16 yang jatuh adalah milik F-16 Fighter Wing ke-8 dari Pangkalan Udara Kunsan, sekitar 185 km selatan Seoul. Sekitar 30 F-16 dari Kunsan untuk sementara dipindahkan ke Osan Air Base pada bulan Maret 2023 karena perbaikan rutin landasan pacu pangkalan Kunsan. Sementara itu, lokasi jatuhnya F-16 tersebut hanya berjarak sekitar 64 km dari perbatasan Korea Utara.

Saat ini hubungan dua Korea sedang memanas Gan, setelah kubu utara meluncurkan uji coba rudal balistik pada 13 April 2023 lalu. Sehari kemudian, F-16 dan pembom B-52H AS ditambah F-35A Korea Selatan melakukan latihan penernabangan bersama sebagai tanggapan atas uji coba rudal tersebut. Di sisi lain, kubu koalisi AS-Korsel memang lagi apes Gan.

Selain jatuhnya F-16 AS hari ini, pada 26 Desember 2022 lalu sebuah pesawat ringan KA-1 jatuh saat hendak mengejar lima drone Korea Utara yang memasuki wilayah udara Korea Selatan. Untungnya kedua pilot selamat dalam insiden tersebut.



---------------




Referensi Tulisan: stripes.com& Yonhap News Agency
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 06-05-2023 16:04
jlamp
gabener.edan
ddddudutzzz
ddddudutzzz dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.6K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan