santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
MUI Soroti Pendanaan Ponpes Al-Zaytun: Belum Jelas


Indramayu - Sekretaris MUI Jawa Barat, Rafani Akhyar buka-bukaan soal Pondok Pesantren Al-Zaytun yang tengah disorot karena jemaah wanita dan pria bercampur dalam satu saf. Rafani menyebut Ponpes Al-Zaytun memang dikenal dengan kontroversi, salah satunya soal pendanaan.

Rafani mengatakan asal-muasal dana untuk membangun pesantren di Kabupaten Indramayu di atas lahan seluas 1.200 hektare itu hingga kini belum jelas.

"Al-Zaytun ini kontroversi dari sejak hadir ya. Pertama ya aliansi mereka terhadap DI TII ya, itu kontroversi. Mereka itu disinyalir sebagai NII KW 9 kan. Itu kan belum tuntas," ujarnya seperti dilansir detikJabar, Selasa (25/4/2023).

Rafani juga menyebut Al-Zaytun dikenal sangat tertutup. Termasuk soal pendanaan.

"Terus kemudian pendanaan yah, mereka bisa membangun sekaligus dengan bangunan luar biasa, bahkan alat-alat buatan Jerman itukan belum tuntas dari mana, belum jelas," lanjut dia.

"(Memang terkenal tertutup?) Iyaa tertutup sekali," ujar Rafani.

Sekadar mengingatkan Ponpes Al-Zaytun tengah disorot gegara Salat Idul Fitri menggabungkan barisan pria dan wanita. Videonya pun viral di media sosial.

Dalam video itu terlihat saf salat dibuat berjarak. Selain itu ada jamaah perempuan yang berada di barisan paling depan.

Dokumentasi salat Id jemaah wanita dan perempuan itu diperkuat dengan video yang diunggah di akun YouTube Al-Zaytun Official dengan judul (AL-ZAYTUN) KHUTBAH IED AL FITHRI 1444 H. Video tersebut menampilkan perempuan itu masih terlihat duduk di barisan depan bersama jamaah laki-laki lainnya saat khutbah oleh pimpinan Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang berlangsung. Video berdurasi satu jam lebih itu diunggah pada Sabtu (22/4/2023).

https://www.detik.com/sumut/berita/d...lum-jelas/amp?
xneakerz
nomorelies
phelomason
phelomason dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.5K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan