Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
Presiden Kenya Marah 47 Mati Kelaparan karena Ritual Sekte Sesat: Terorisme, Kriminal

Presiden Kenya Marah 47 Mati Kelaparan karena Ritual Sekte Sesat: Terorisme, Kriminal Menyaru Pastor

Kompas dunia | 24 April 2023 | 21:07 WIB


Arsip. Total 47 jasad yang diyakini pengikut sekte sesat di Kenya telah ditemukan, Minggu (23/4/2023). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari
NAIROBI, KOMPAS.TV - Presiden Kenya William Ruto menyebut sekte sesat yang menyebabkan 47 pengikut mati kelaparan mirip dengan terorisme. Ruto menegaskan bahwa pemimpin sekte itu, Paul Makenzi tak pantas disebut pemuka agama dan selayaknya dipenjara.

Sejak akhir pekan lalu, Kenya digegerkan dengan kematian 47 orang yang sebelumnya dikabarkan hilang di Kilifi, selatan negara itu. Mereka diduga tewas karena ritual sekte.

"Pak Makenzi, berpura-pura dan menyaru menjadi seorang pastor, padahal faktanya dia kriminal yang mengerikan," kata Ruto dikutip Associated Press, Senin (24/4/2023).

Baca Juga: Mengerikan! Total 47 Jasad Pengikut Sekte Sesat di Kenya Ditemukan

Makenzi diduga menyuruh pengikutnya untuk berpuasa hingga mati agar bisa bertemu Yesus Kristus. Ritual itu menyebabkan puluhan orang tewas dan dikubur di peternakan Makenzi.

Sebagian pengikut Makenzi sebelumnya dievakuasi pihak berwenang dalam kondisi mengenaskan, tetapi kemudian meninggal dunia. Otoritas Kenya pun melakukan penggalian di peternakan Makenzi dan menemukan 39 mayat sejauh ini, menjadikan total korban jiwa sedikitnya 47 orang.


Akan tetapi, jumlah itu kemungkinan dapat bertambah. Pada Minggu (23/4), Palang Merah Kenya melaporkan sebanyak 112 orang hilang di gereja Makenzi.

Paul Makenzi sendiri segera ditangkap kepolisian dan ditahan sambil menunggu penyelidikan. Sedangkan Presiden Ruto meminta aparat menginvestigasi sepenuhnya kasus ini dan tidak mengaitkannya dengan agama apa pun.

Ruto, terpilih pada 2022 lalu, dikenal sebagai presiden Kristen evangelis Kenya dan telah menominasikan sejumlah pastor ke parlemen dan berbagai lembaga pemerintahan.


https://www.google.com/url?q=https:/...s1Y_CnFaIsxd1X




5 Fakta Sekte Sesat di Kenya Berujung Penemuan 21 Jenazah
CNN Indonesia

Senin, 24 Apr 2023 17:10 WIB


Berikut 5 fakta sekte sesat di Kenya berujung penemuan 21 jasad, termasuk anak-anak, di hutan karena diduga berpuasa demi ketemu Tuhan. (AP Photo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian menemukan 21 jasad diduga korban sekte sesat di Kenya. Mereka ditemukan meninggal dunia dalam kondisi kelaparan di hutan dan diduga berpuasa dengan tujuan dapat "bertemu Tuhan."
Sumber mengungkap angka tersebut setelah kepolisian melakukan penggalian di salah satu hutan di Shakahola dalam beberapa hari belakangan.




Para korban itu diduga pengikut Makenzie Nthenge, seorang pastor sekte sesat Good News International Church. Nthenge dilaporkan menyuruh para pengikutnya untuk berpuasa agar dapat bertemu dengan Yesus.

Nthenge sebenarnya sudah menyerahkan diri ke kepolisian. Ia lantas didakwa setelah dua pengikutnya yang masih anak-anak dilaporkan mati kelaparan di bawah pengawasan orang tuanya.

Demikian informasi yang diperoleh AFP dari seorang sumber pihak kepolisian Kenya.




Berikut 5 fakta mengenai penemuan jasad korban sekte sesat tersebut.

Total 21 jasad, termasuk 3 anak

Sumber kepolisian menyatakan telah menemukan 21 jasad terkait sekte sesat itu, tiga di antaranya merupakan jasad anak-anak yang diduga mati kelaparan di bawah pengawasan orang tua mereka.

"Total hingga kemarin, kami mendapatkan 21 jasad," ujar seorang sumber kepolisian Kenya kepada AFP pada Minggu (23/4).

Ditemukan di hutan

Sumber itu mengungkap total tersebut merupakan hasil dari penggalian yang dilakukan kepolisian di salah satu hutan di Shakahola dalam beberapa hari belakangan. Kepolisian menduga terdapat lebih banyak korban lainnya.

"Kami bahkan belum menggali lebih dalam, yang memberikan indikasi kuat akan lebih banyak jasad ditemukan di akhir operasi ini," kata sumber itu.




Puluhan korban itu diduga pengikut Paul Makenzie Nthenge, seorang pastor sekte sesat Good News International Church. Nthenge dilaporkan menyuruh para pengikutnya untuk berpuasa agar dapat "bertemu Yesus".
Sebenarnya, Nthenge telah menyerahkan diri ke kepolisian. Nthenge kemudian didakwa setelah dua pengikutnya yang masih anak-anak dilaporkan mati kelaparan di bawah pengawasan orang tuanya.

Ia sempat dibebaskan dengan jaminan 100 ribu shilling Kenya atau setara Rp11,1 juta. Namun, kepolisian menahan Nthenge pada 15 April.



Kala itu, kepolisian menemukan jasad empat pengikut Nthenge yang dilaporkan mati kelaparan agar dapat "bertemu Yesus".


Sidang digelar 2 Mei

Nthenge dijadwalkan menjalani proses persidangan pada 2 Mei mendatang.

"Pastor ini harus menghadapi semua dakwaan meski ia sudah melakukan mogok makan dan mengatakan dia berdoa dan berpuasa di tahanan," ucap sumber kepolisian itu.

Sementara itu, 11 pengikut Nthenge, tujuh laki-laki dan empat perempuan, sedang dalam perawatan di rumah sakit setelah diselamatkan pada 14 April lalu. Tiga di antaranya dalam kondisi kritis.




Profil Good News International Church

Nthenge mendirikan Good News International Ministries pada 17 Agustus 2003. Gereja ini memiliki cabang di berbagai daerah Kenya, yakni Nairobi, Watamu, Malindi, Kitale, Machakos, Naivasha, Mombasa, Mwea, Lunga Lunga, dan Matano manne.

Kantor pusat Good News International Church berlokasi di daerah Malindi Furunzi.


Pelayanan ibadah telah berkembang hingga sekarang memiliki jemaat lebih dari 1.000 di gereja Malindi dan lebih dari 3.000 di semua cabang.

Misi dari pelayanan ini adalah memelihara umat beriman secara holistik dalam semua hal spiritualitas Kristen saat mempersiapkan diri untuk kedatangan Yesus Kristus yang kedua kali melalui pengajaran dan penginjilan.

Mereka menayangkan program injil 'Pesan Akhir Zaman' setiap Senin sampai Jumat pukul 08.00-09.00 pagi waktu setempat. Sedangkan pada akhir pekan tayang pukul 08.00 - 09.00 pagi dan 20.00-21.00 malam.

(pop/chri)


https://www.google.com/url?q=https:/...hc8EpDwWbrnrQA


Perbuatan oknum tersebut sangat keji, tidak berperikemanusiaan dan tak mencerminkan perbuatan seseorang yang beragama yang mengajarkan perbuatan baik, perdamaian, cinta kasih, menjunjung tinggi persaudaraan, toleransi, gotong royong, sopan santun, budi luhur, tanpa pamrih, saling mengasihi, ikhlas, sabar, pengertian, kehormatan, kewibawaan, disiplin, tinggi akhlak, pekerti mulia, keindahan, kebaikan, menghormati antar sesama maupun yang berbeda, harkat dan martabat tinggi, jurdil, syukur, hikmat, menjaga kesucian, tunduk, takwa dan ribuan kalimat positif lainnya!
bocilkadrun
48y24rd
anangherman
anangherman dan 27 lainnya memberi reputasi
28
3K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan