amekachiAvatar border
TS
amekachi
Kurma Israel Makin Kuasai Dunia Nyaris Imbangi Produksi Saudi, Mau Cobain Gansist?
Kurma Israel Makin Kuasai Dunia Nyaris Imbangi Produksi Saudi, Mau Cobain Nggak Nih Gansist?


Sumber Gambar
Salah satu kegembiraan ketika memasuki bulan Ramadan tentu setelah berpuasa seharian kita bisa berbuka dengan berbagai macam hidangan masakan maupun minuman yang menggugah selera, sebenarnya itu bukan suatu kewajiban sih sebab para sahabat nabi pun sebenarnya nggak pernah diceritakan berbuka puasanya dengan hidangan yang wah sebab puasa sejatinya adalah agar kita meresapi dan merenungi nasib orang miskin yang selalu kelaparan.

Agar kita selalu bersyukur akan karunia yang telah maha kuasa berikan kepada kita dan tentu juga mengerjakan apa yang diperintahnya serta menjauhi larangannya, namun tentang berbuka dengan makanan enak ya tidak ada larangan, tidak ada dalilnya jadi bolehlah kita berbuka dengan beli makanan atau minuman yang menurut kita bisa menghilangkan dahaga karena seharian berpuasa.

Ada beberapa makanan yang mungkin di selain bulan Ramadan agak sulit untuk mendapatkannya namun jadi berlimpah saat menjelang hari lebaran tiba, dari kolak, buah timun suri, kurma dan lainnya.

Ramadan dan korma sepertinya sangat berhubungan erat, teruntuk saya bisa makan korma ya cuma di bulan Ramadan saja karena memang agak susah mencarinya buah buahan asli timur tengah ini.




Namun nih Gansist, ada berita seperti apa yah untuk menggambarkannya mungkin kabar menggembirakan, mengagetkan, bikin bingung atau sampai mengernyitkan dahi karena semua dari kita mungkin sudah tahu bahwa kebanyakan buah kurma itu dihasilkan dari pasokan Arab Saudi yang menguasai pasar kurma dunia dan juga beberapa negara arab lainnya seperti Irak, Yordania, Mesir, dan Yaman.

Namun sungguh mengejutkan ternyata negara Israel pun ternyata ikut mengekspor kurma lho Gansist dan bukan main main karena dari data yang ada nilai ekspor kurma Israel cuma bisa dikalahkan oleh Arab Saudi dengan kualitas kurma unggul mereka semacam Medjoul, Deri, Hayani dan Dekel Nour hingga Israel pun hampir menyamai perolehan ekspor Arab Saudi di tahun 2021 yaitu 332,84 juta dolar dan Israel di pemuncak kedua dengan 317 juta dolar.

Mungkin kita belum pernah merasakan gimana sih rasa kurma Israel tersebut maka alangkah bagus seandainya buah buahan itu bisa datang kemari dan tentu halal karena semua kurma ya pasti halal, jika ditanya hukumnya ya nggak masalah kok karena dulu pun Rasulullah juga membeli baju besi dan alat alat perangnya dari orang yahudi!




Sumber Gambar
Sebuah kabar yang saya pun tadi bengong membacanya, saya kira beberapa produsen kurma terbanyak di dunia kalau nggak dari Arab Saudi ya dari Mesir dan Irak maupun yang lain eh ternyata Israel pun ikut nominasi.

Padahal secara wilayah itu sedikit sekali, berbanding terbalik bahkan dengan dua tetangganya yaitu Mesir dan Yordania dan mungkin itu juga bisa jadi bukti seperti halnya Israel jika negara kita mempunyai tekhnologi maju maka seandainya beras hanya diproduksi di Indonesia maka kita pun bisa mensuplai semua kebutuhan beras didunia.

Kalau negara kita tekhnologinya maju tentunyaemoticon-Embarrassment


"narasi dan opini sendiri"



Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan


Tambahan: di toko toko online ternyata sudah ada Gansist!emoticon-Big Grin
arsenalkufc
anonymous987
sukhoipakfa
sukhoipakfa dan 28 lainnya memberi reputasi
27
4.8K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan