harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Pembagian Zakat 50 Ribu Ricuh, Korban Pingsan Berjatuhan! Worth It Kah?

Screenshot Pribadi (Instagram: fesbukbanten)

Ibadah selalu menjadi hal yang dimaksimalkan oleh umat Islam di bulan Ramadan ini. Sebagai contohnya, ada yang salat tarawih semalaman sampai sahur tanpa henti, ada yang dalam satu hari baca satu juz Al-Quran sehingga dalam sebulan bisa langsung khatam dan masih banyak lagi ibadah-ibadah luar biasa yang dilakukan umat muslim di seluruh dunia. Salut deh.

Tapi ada satu ibadah lagi yang juga tidak kalah penting. Ibadah yang satu ini adalah ibadah yang cukup TS sukai dari umat muslim. Yaitu zakat atau bersedekah. Karena dengan zakat ini, bukan hanya sekedar beribadah tapi juga membantu satu sama lain. Tapi kalau melakukan zakat, pastikan cara yang dipilih sudah tepat dan sudah memperhitungkan banyak hal ya.

Jangan sampai seperti yang terjadi di Serang berikut ini. Pembagian zakat yang dilakukan pengusaha transportasi Tali Jaya berakhir rusuh. Di siang hari yang terik, ratusan warga berkumpul berdesak-desakkan di depan halaman gedung PO Tali Jaya. Semua datang untuk mengambil zakat yang akan dibagikan oleh PO Tali Jaya.


Sumber Gambar

Sayangnya, antiran zakat itu tidak berlangsung baik. Terjadi dorong-dorongan yang mengakibatkan beberapa warga sampai terjatuh bahkan di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Bahkan seorang netizen menuliskan di kolom komentar ibunya pulang dengan kondisi baju robek-robek setelah mendapatkan zakat.

Padahal berapa nominal zakat yang didapatkan? Hanya 50 ribu! Wkwkwk.


Screenshot Pribadi

TS tidak tahu pasti sih berapa nominalnya, soalnya ada yang bilang juga 25 ribu. Gak tau deh. Cuma kalau benar segitu, ya gak worth it lah. Sampai mempertaruhkan keselamatan demi uang yang kalau buat beli Starbuck aja gak cukup. Gak usah starbuck deh, buat beli kuota gue juga gak cukup cuy 50 ribu. Wkwkwk.

Ya, walau setiap orang kebutuhannya berbeda sih. Mungkin bagi sebagian orang 50 ribu berharga banget ya. Tapi gimana? Mereka lagi puasa. Pasti lemes dong, tenaga berkurang. Berdiri di tengah hari bolong, desek-desekan. Gila kali. Kalau TS sih mending balik kanan, pulang ke rumah. Nyiksa banget di posisi ini ya. Tapi tetap respect buat yang bela-belain antri apapun motivasi mereka.


Sumber Gambar

Saran saja, untuk para pihak yang berniat membagikan zakat atau sedekah ke warga. Dari pada kalian pakai cara ini yang secara gak langsung malah menciptakan sebuah battle royale, lebih baik koordinasi dengan RT/RW setempat.

Daerah mana nih yang mau dibagikan zakat. Temuin deh ketua RW-nya, di-data siapa saja yang berhak dan membutuhkan. Kalau data-nya sudah ada, kita mulai deh bagikan dari rumah ke rumah supaya gak menciptakan kerusuhan seperti ini. Tapi harus tetap diawasi ya, jangan sampe duit zakatnya ditilep sama ketua RT/RW. Mungkin itu solusi yang bisa TS kasih, soalnya di daerah TS begitu. Tinggal duduk manis, anteng-anteng di rumah terus amplop sampe.

emoticon-2 Jempol

Menurut kalian, worth it gak desek-desakan tengah hari bolong sambil puasa demi 50 ribu?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jlannister
edilokonga503
agusn6778
agusn6778 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.7K
102
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan