mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Diserang KKB Papua: 6 Prajurit TNI Gugur, 30 Belum Jelas Nasibnya


Sebanyak 6 prajurit TNI gugur dan 30 lainnya belum diketahui nasibnya usai diserang oleh KKB Papua. Newswire - Bisnis.com 16 April 2023  |  12:11 WIB Petugas menurunkan kantong jenazah korban pembantaian oleh KKB dari pesawat Rimbun Air PK-OTJ untuk dibawa ke mobil ambulans di Bandara Mozes Kilangin

Timika, Senin (7/3 - 2022).

Bisnis.com, JAYAPURA - Sebanyak 6 prajurit TNI gugur dan 30 lainnya belum diketahui nasibnya usai serangan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Kabupaten Nduga, Papua.

Dilansir dari Antara, sejak Sabtu malam (15/4) terungkap penyerangan terhadap tim gabungan Satgas Yonif R 321/GT dengan satuan lainnya menyebabkan enam prajurit dilaporkan gugur dan 30 orang lainnya belum diketahui nasibnya.

Hingga kini belum ada kronologi terkait insiden tersebut. Sekadar informasi, pilot Susi Air disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak tanggal 7 Februari lalu sesaat setelah mendaratkan pesawatnya di lapangan terbang Paro, Kabupaten Nduga.

Kapendam XVII Cenderawasih Kol Kav Herman Taryaman mengatakan belum diketahui berapa jumlah prajurit yang menjadi korban penyerangan KKB di Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Dia membenarkan ada penyerangan yang dilakukan KKB terhadap Satgas Yonif R 321/GT di Mugi-Mam, Sabtu (15/4) sekitar pukul 16.30 WIT.

"Belum diketahui secara pasti berapa korban prajurit TNI yang meninggal dan luka-luka," kata Kol Kav Herman Taryaman di Jayapura Minggu (16/4/2023).

Diakui, saat ini masih dilakukan pemantauan, namun karena cuaca hujan dan berkabut sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut.

"Saat ini berbagai upaya dilakukan untuk memberikan bantuan dan evakuasi sekaligus melakukan pencarian terhadap pilot Susi Air serta berharap semua diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan," harap Kapendam XVII Cenderawasih Kol Kav Herman Taryaman.

https://kabar24.bisnis.com/read/2023...jelas-nasibnya

KKB Serang Pos Prajurit TNI, 6 Dikabarkan Tewas, 9 Disandera

Minggu, 16 April 2023 – 10:35 WIB Ilustrasi - KKB di Papua. Dok. Ridwan/JPNN.com

papua.jpnn.com, NDUGA - Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT dan Kopasus diserang kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Nduga, Papua Tengah, Sabtu (15/4) sore.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, dalam insiden penyerangan itu, 6 prajurit TNI dikabarkan tewas, 9 disandera, dan 20 orang lainnya belum diketahui keberadaannya. Penyerangan terjadi pukul 16.30 WIT terhadap Tim Badak 1, Badak 3, Candraca 2, dan Candraca 11 Pos Mugi Distrik Mugi, Nduga.

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman ketika dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

"Iya, benar. Prajurit kami diserang," ujarnya.

Herman menjelaskan penyerangan itu terjadi pukul 16.30 WIT.

"Kami masih menunggu informasi lebihh lanjut terkait kronologi penyerangan itu," ujar Herman. Herman belum memastikan apakah dalam penyerangan itu ada korban jiwa atau luka-luka.

"Sampai saat ini masih dilaksanakan pemantauan. Namun karena cuaca hujan dan berkabut sehingga belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut,” ucapnya.

Herman menjelaskan pihaknya saat ini sedang berupaya memberikan bantuan dan evakuasi ke lokasi kejadian. (mcr30/jpnn)


https://papua.jpnn.com/papua-terkini...sandera?page=2




Detik-detik Pasukan TNI Diserang KKB di Distrik Mugi Nduga

Minggu, 16 April 2023 14:04 WIT
   
Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel Kav Herman Taryaman. (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Tampilkan Caption
TIMIKA | Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman membeberkan peristiwa terjadinya penyerangan terhadap pasukan TNI di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pada Sabtu, 15 April 2023.

Kapendam membenarkan prajurit TNI dari Yonif Rider 321/GT bernama Pratu Miftahul Arifin gugur setelah ditembak KKB dan jatuh ke dalam jurang.

Pratu Miftahul Arifin ditembak saat melaksanakan tugas pencarian pilot Susi Air.

“Alm Pratu Miftahul Arifin tertembak dan jatuh ke jurang sedalam kurang lebih 15 meter dan yang bersangkutan diketahui meninggal dunia,” demikian keterangan tertulis Kapendam kepada seputarpapua.com, Minggu (16/4/2023).

Ketika pasukan TNI lainnya melakukan proses evakuasi terhadap jenazah Pratu Miftahul Arifin, KKB kembali melakukan penyerangan terhadap pasukan TNI hingga terjadi baku tembak.

Hingga kini belum disampaikan secara pasti berapa jumlah korban dalam baku tembak tersebut.

Baca Juga:

“Saat dilaksanakan evakuasi prajurit korban meninggal (Alm Pratu Miftahul Arifin), tiba-tiba gerombolan KST kembali melakukan penembakan kepada personel TNI lainnya yang sedang mengevakuasi sehingga terjadi kontak tembak,” terang Kapendam.

“Akibat kejadian itu, masih belum diketahui secara pasti berapa jumlah prajurit yang menjadi korban baik yang gugur maupun luka-luka,” imbuhnya.


Saat ini, kata Kapendam, sedang dilaksanakan pemantauan dan proses evakuasi meski dalam kondisi cuaca yang tidak menentu, terkadang hujan dan berkabut.

Sebelumnya, informasi yang diperoleh media ini menyebutkan dalam peristiwa ini terdapat banyak korban dari pihak TNI.

Dari total 36 prajurit TNI, terdiri dari 20 personel Yonif Rider 321/GT dan 16 personel Kopassus. Sembilan (9) prajurit diduga ditangkap KKB, enam (6) prajurit meninggal dunia, serta 21 prajurit lainnya belum ditemukan, diduga terpencar saat kontak tembak berlangsung.
https://seputarpapua.com/view/detik-...ugi-nduga.html


TPNPB - OPM Klaim Tembak Mati 9 Prajurit TNI di Nduga Papua


Aparat gabungan Polri-TNI berjaga setelah KKB menyerang Bandara Bilorai Sugapa, di Intan Jaya, Rabu, 8 Maret 2023. Saksi mata mengungkapkan sempat terjadi kontak tembak setelah KKB melakukan penembakan terhadap aparat gabungan yang telah bergeser ke Pos Pasopati J2. Dok. Humas Polda Papua

TEMPO.CO, Jakarta - Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim terlibat dalam penyerangan terhadap pos militer Indonesia di Distrik Yal, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, di bawah komando Perek Jelas Kogeya dan pasukan. TPNPB menyebut pasukan ini telah menembak mati 9 prajurit TNI dan merampas 9 pucuk senjata pada Sabtu, 15 April 2023.

Awalnya, jumlah korban prajurit yang tewas dikabarkan berjumlah 6 orang. Tapi kemudian ada konfirmasi bahwa Panglima Komando Daerah Pertahanan III TPNPB-OPM Brigadir Jenderal Egianus Kogoya menyebut bahwa jumlahnya bertambah menjadi 9 orang.

"Mereka sudah membunuh 9 orang, bukan 6," kata juru bicara TPNPB-OPM Sebby Sambom saat dihubungi, Ahad, 16 April 2023.

Kabar penyerangan ini terjadi di tengah penyanderaan terhadap pilot Susi Air Phillip Marthens yang berkebangsaan Selandia Baru. Philip ditangkap pada 7 Februari dan belum bisa dibebaskan sampai sekarang.

Sebby menjelaskan bahwa TPNPB-OPM telah mengajukan negosiasi damai dengan pemerintah Selandia Baru dan Indonesia, namun belum ada balasan yang diterima. Akan tetapi, kata Sebby, TNI dan Polri juga melakukan operasi militer masif di Kabupaten Ndugama pada 23 Maret 2023.


Setelah peristiwa 23 Maret tersebut, Sebby menyebut sudah ada satu prajurit yang tewas ditembak dan dikirim ke Jakarta. Untuk itu, TPNPB-OPM meminta pemerintah Selandia Baru dan PBB bisa mendesak pemerintah Indonesia menghentikan operasi militer ini.

Sementara itu, aksi baku tembak memang terjadi antara TNI-Polri dan anggota TPNPB-OPM pada 23 Maret lalu di  Kampung Mundidok, Kabupaten Puncak, Rabu, 22 Maret 2023. Baku tembak terjadi saat pengejaran terhadap pelaku penembakan seorang tukang ojek di Ilaga.

Kemudian pada 9 April, seorang anggota Satgas Yonif PR 305/TKR Sertu Robertus Simbolon juga dilaporkan tewas ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Joni Botak. Robertus tewas ditembak di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah. Robertus kemudian dievakuasi ke Timika, untuk diterbangkan ke Jakarta, dan selanjutnya ke kampung halamannya di Medan, Sumatera Utara.

Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman membenarkan bahwa prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh Kelompok Separatis Teroris (KST), sebutan aparat untuk TPNPB-OPM. Penembakan terjadi pada Sabtu sore, pukul 16.30 WIT.

"Akibat serangan dan tembakan gerombolan KST tersebut, masih belum diketahui secara pasti berapa korban Prajurit TNI yang meninggal dan luka-luka," kata Herman.

Menurut dia, aparat Sampai saat ini masih dilaksanakan pemantauan. Namun karena cuaca hujan dan berkabut, sehingga tim belum bisa berkomunikasi dengan aparat keamanan yang berada di lokasi tersebut.

Di sisi lain, Herman memohon doa agar prajurit TNI yang melaksanakan tugas negara dan juga melakukan pencarian pilot Susi Air diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan, sehingga dapat kembali bertugas.

https://nasional.tempo.co/read/17156...di-nduga-papua

KKB Tembaki TNI Pencari Pilot Susi Air, 1 Prajurit Gugur Jatuh ke Jurang

Jonh Roy Purba - detikSulsel
Minggu, 16 Apr 2023 11:19 WIB

Foto: Pratu Arifin gugur ditembak KKB di Nduga, Papua. Dokumen Istimewa
Nduga - Kelompok kriminal bersenjata (KKB) menyerang tim TNI pencari pilot Susi Air Capt Philip Mark Merthens di Nduga, Papua Pegunungan. Satu prajurit gugur usai ditembak jatuh ke jurang.
"Bahwa kejadian tersebut benar yaitu Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas dalam rangka pencarian pilot susi air di wilayah Mugi-Mam Kab Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KKB, Sabtu (15/4)" ujar Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Herman Taryaman dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (16/4/2023).

Herman mengatakan prajurit gugur adalah Pratu Miftahul Arifin. Sang prajurit gugur usai ditembak dan jatuh ke jurang sedalam 15 meter.

"1 Orang Prajurit atas nama Pratu Miftahul Arifin tertembak dan jatuh ke jurang sedalam kurang lebih 15 meter dan yang bersangkutan diketahui meninggal dunia," katanya.

Herman mengaku pihaknya belum dapat mengkonfirmasi lebih jauh terkait jumlah prajurit gugur akibat penyerangan KKB ini. Faktor cuaca di lokasi penyerangan dan akses komunikasi yang sulit menjadi salah satu hambatan pihaknya menerima laporan lanjutan.

"Atas kejadian itu masih belum diketahui secara pasti berapa jumlah prajurit yang menjadi korban baik yang gugur maupun luka-luka" terangnya.


Sebelumnya diberitakan, prajurit TNI yang bertugas di wilayah Mugi-Mam, Nduga diserang dan ditembaki oleh KKB pada Sabtu (15/4) sekitar pukul 16.30 WIT.

"Mohon doanya semoga prajurit TNI yang melaksanakan tugas negara dan juga melakukan pencarian pilot Susi Air diberikan keselamatan, perlindungan dan kekuatan, sehingga dapat kembali bertugas,"pungkasnya

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...tuh-ke-jurang.

Turut berduka cita atas tewasnya banyaknya prajurit TNI
Kok bisa-bisanya diserang dan banyak korbannya? Apa masalah kompetensi ataup persenjataan ?
Itu yang disandera berpotensi dieksekusi mati atau jadi alat barter sama satu anggota teroris yang ditangkap Polisi-TNI beberapa waktu lalu


anjenkkaskus
rinandya
scorpiolama
scorpiolama dan 5 lainnya memberi reputasi
4
3K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan