albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Dokter Saudi Berbicara Dengan Pasien Sakratul Maut, Bagaimana Pandangan Neurosains ?

Seorang dokter bernama Khalid Al Jubair di Arab Saudi menceritakan pengelamannya pernah berbicara dengan pasien yang sedang mengalami sakratul maut. Hal itu bertentangan dengan ilmu medis yang mana setiap orang yang mengalami sakratul maut (terminal illnes) tidak akan mampu bergerak apalagi berbicara. Bagaimana neurosains melihat hal ini? Berikut ini TS berikan ulasan singkat. ( Disclaimer : TS hanya memberikan ulasan umum berdasarkan berbagai sumber dan bukan sebagai ahli dalam neurosains. Informasi lebih lanjut dapat GanSis tanyakan kepada dokter atau neurosaintis agar memperoleh informasi lebih lengkap).

Dari sudut pandang neurosains, kondisi pasien yang masih dapat berbicara selama 5 bulan sebelum akhirnya pingsan total dapat dijelaskan dengan adanya proses degeneratif pada sistem saraf pusatnya. Seiring waktu, kondisi tersebut dapat memburuk dan menyebabkan gangguan pada kemampuan motorik dan bicara.

Sakaratul maut atau proses kematian memang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan berdampak pada kemampuan berbicara dan gerakan fisik. Namun, kemampuan berbicara pada pasien sebelum mengalami pingsan total mungkin disebabkan oleh proses degeneratif yang lebih lambat atau kondisi penyakit yang memungkinkan pasien tetap bisa berbicara meskipun sedang menghadapi sakaratul maut.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk gangguan neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer atau Parkinson, infeksi pada sistem saraf pusat, atau tumor otak. Penyebab pasti kondisi pasien tersebut perlu diketahui melalui pemeriksaan medis dan uji diagnostik yang tepat.

Dalam kasus ini, meskipun pasien tidak lagi bisa berbicara pada bulan ke-6, tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada aktivitas saraf yang terjadi pada sistem saraf pusatnya. Oleh karena itu, penting bagi dokter dan profesional medis lainnya untuk memahami proses neurologis yang terjadi selama sakaratul maut dan bagaimana kondisi pasien mempengaruhi kemampuan bicara dan gerakan fisiknya.

Proses sakaratul maut atau terminal illness dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan berdampak pada kemampuan bicara dan gerakan fisik seseorang. Proses ini bisa terjadi secara bertahap atau cepat tergantung pada kondisi kesehatan pasien.

Pada kasus ini, pasien mengalami proses degeneratif pada sistem saraf pusatnya, yang memungkinkan dia masih dapat berbicara selama 5 bulan sebelum akhirnya pingsan total. Proses degeneratif ini dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, atau gangguan lain pada sistem saraf pusat.

Penyebab pasti kondisi pasien perlu ditentukan melalui pemeriksaan medis dan uji diagnostik yang tepat. Dokter dan profesional medis harus memahami bagaimana proses neurologis yang terjadi selama sakaratul maut mempengaruhi kemampuan bicara dan gerakan fisik seseorang.

Dalam beberapa kasus, pasien masih bisa berbicara meskipun sedang menghadapi sakaratul maut. Ini mungkin terjadi karena beberapa alasan, seperti adanya beberapa area otak yang masih berfungsi atau kemampuan mempertahankan fungsi otak yang lebih tinggi dibandingkan dengan fungsi tubuh yang lain.

Secara umum, kondisi seseorang selama sakaratul maut dapat sangat bervariasi tergantung pada kondisi kesehatan pasien, penyakit atau kondisi yang sedang dihadapi, dan faktor-faktor lainnya. Oleh karena itu, penting bagi dokter dan profesional medis untuk memahami kondisi pasien secara holistik dan memberikan perawatan yang sesuai untuk meminimalkan penderitaan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

Lebih lanjut kisah yang dituturkan oleh dokter dari Arab Saudi tersebut tidak bisa serta merta dipercaya begitu saja tanpa mendapatkan informasi dan fakta diagnosa medis yang komprehensif. Apalagi jika hal tersebut malah dikaitkan dengan hal-hal mistik atau metafisik yang dianggap sebagai sebuah keajaiban.

Bagaimana menurut Agan dan Sista semua mengenai hal ini? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah ini yaa. Terima kasih sudah membaca, see you on the next thread.

Narasi : Ulasan Pribadi

Sumber Referensi :

https://www.viva.co.id/gaya-hidup/in...ikin-merinding

https://en.m.wikipedia.org/wiki/Terminal_illness

Copyright @albyabby912023, All right reserved
tumiskecap
koi7
gramediapubl701
gramediapubl701 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.1K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan