yellowmarkerAvatar border
TS
yellowmarker
Sri Mulyani Bawa Kabar Buruk dari AS: Dunia Sedang Tidak Baik
Quote:


13 April 2023 15:15

Menkeu Sri Mulyani. (Instagram) Foto: Menkeu Sri Mulyani. (Instagram)

News - Arrijal Rachman, CNBC Indonesia


Jakarta, CNBC Indonesia -Pertemuan musim semi atau spring meeting IMF-World Bank 2023 antara menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara-negara anggota G20 yang digelar pekan ini berisi kabar mencekam kondisi perekonomian dunia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, telah menghadiri pertemuan pertama dalam rangkaian acara pertemuan itu di Washington DC, markas IMF malam dini hari tadi waktu setempat. Kata dia, dalam pertemuan itu tergambar kondisi ekonomi global sedang tidak baik-baik saja.

"Pertemuan G20 menteri keuangan dan gubernur bank sentral yang kedua ini di bawah Presidensi India menjelaskan pada sesi pertama mengenai perkembangan ekonomi global dan terutama kondisi yang tidak terlalu baik," ucap Sri Mulyani melalui akun instagramnya, Kamis (13/4/2023).

Saat melaporkan acara pertemuan, raut wajah Sri Mulyani tidak terlihat dalam kondisi tegang, melainkan lebih banyak senyum. Namun, ia menegaskan bahwa pergerakan ekonomi global pada tahun ini akan jauh lebih lemah dari pertumbuhan ekonomi 2022.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi global tahun ini akan berada pada kisaran di bawah 3%. Perkiraan pertumbuhan PDB riil global sebesar 2,8% untuk 2023 dan 3% untuk 2024. Turun tajam dari pertumbuhan 3,4% pada 2022.

"Perekonomian dunia tahun ini akan jauh melemah dan juga inflasi masih menjadi tantangan di berbagai negara. Ini kemudian menyebabkan kebijakan moneter yaitu kenaikan suku bunga dan juga pengetatan likuiditas. Ini akan mengancam pertumbuhan ekonomi," ucap Sri Mulyani.


Foto: Menkeu Sri Mulyani. (Instagram)
Menkeu Sri Mulyani. (Instagram)

Selain itu, Sri Mulyani berujar, pertemuan itu juga membahas berbagai hal menyangkut stabilitas keuangan yang kini juga terpengaruh oleh kondisi pelemahan ekonomi dan juga kebijakan kenaikan suku bunga di berbagai negara.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani menekankan, kondisi perekonomian dunia memang perlu untuk diwaspadai sampai dengan akhir tahun. Para menteri keuangan dan gubernur bank sentra berharap tahun depan kondisi perekonomian dunia akan menjadi lebih baik.

"Kita juga fokus mengenai bagaimana bicara mengenai food security dan energy security, serta tentunya bagaimana meningkatkan kerjasama di tingkat global untuk membantu berbagai negara yang mengalami dampak dari krisis dunia," tuturnya.

(mij/mij)

Sumber

Diubah oleh yellowmarker 14-04-2023 13:47
scorpiolama
bukan.bomat
nomorelies
nomorelies dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.3K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan