Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Tank T-90 Rusia Muncul Secara Misterius di Truck Stop Amerika
Quote:


Sebuah tank T-90A yang diterjunkan Rusia dalam invasinya ke Ukraina, ternyata kini sudah sampai daratan Amerika Serikat Gan. Tank yang dimaksud tampak diangkut oleh truk, menurut artikel TheDrive.com, truk itu tiba di Peto Travel Center and Casino di Roanoke, Louisiana, pada Selasa Malam (11/04/2023). Merupakan truck stop alias pemberhentian untuk truk atau kendaraan lainnya di wilayah Louisiana.

Menurut para pekerja di lokasi tersebut, kepala truk yang digunakan untuk menarik muatan tank dilaporkan mogok, sehingga sang sopir harus mencari truk pengganti. Sementara gandengan truk beserta tank T-90 dititipkan di area parkiran Peto.

Valerie Mott, seorang pekerja di Peto yang sudah bekerja di sana selama 7 tahun kepada TheDrive.commengatakan bahwa, sopir truk harus kembali ke Houston untuk mencari truk pengganti. Dia meminta izin untuk menitipkan gandengan truk beserta muatannya di area parkir Peto. Mott pun mengizinkan. Saat ditanya TheDrive.com soal keamanan, Mott tidak terlalu khawatir, karena di Peto ada petugas keamanan yang siaga 24 jam.

Quote:


Foto-foto tank pertama kali muncul di saluran Reddit 'Tank Porn' pada Rabu malam (12/04/2023). Foto itu diposting oleh pengguna bernama Mutantlight yang meminta anonimitas untuk berbagi gambarnya.

"Saya seorang pria di selatan yang kebetulan menyukai tank dari bermain War Thunder dan menemukan keindahan ini,"katanya. Dia tinggal di dekat Peto dan melihatnya saat mengemudi melewati area tersebut.

FYI Gan, dari foto yang beredar tampak kondisi tank tidak sepenuhnya lengkap. Tapi tank masih memiliki beberapa armor reaktif eksplosif di turret (kubah tank). Tank juga memiliki "dazzlers" (pendeteksi ATGM) yang masih terpasang dan masih satu paket dengan sistem perlindungan diri Shtora-1. Sementara senjata sekundernya yang berupa senapan mesin telah dilepas.

Quote:


Sejauh ini tidak diketahui mengapa tank itu ada di Louisiana atau bagaimana bisa sampai di sana. Tapi anggota intelijen sumber terbuka OSINT Oryx dan Warspotting.net yang melacak peralatan militer yang digunakan dalam perang di Ukraina, mengatakan kepada TheDrive.com bahwa tank itu milik 27th Separate Guards Motorized Rifle Brigade dari 1st Guards Tank Army Angkatan Darat Rusia.

Berdasarkan foto yang ditelusuri secara online, tank itu ditinggalkan di Kurylivka, Kharkiv Oblast pada 25 September 2022. Tank yang ditinggalkan itu lalu diamankan oleh 92nd Separate Mechanized Brigade dari Angkatan Darat Ukraina. Sementara angka 9 yang ada pada tank tersebut merupakan tanda dari Brigade ke-92 Angkatan Darat Ukraina. Selain tanda angka 9, juga ada simbol palang putih, yang biasa digunakan oleh kendaraan tempur Ukraina.

Militer AS mungkin memiliki kepentingan pada tank tersebut sebagai bagian dari program eksploitasi material asing atau FME (foreign materiel exploitation). FME memungkinkan intelijen AS untuk mendapatkan informasi tentang peralatan asing melalui studi langsung, termasuk mendapatkan wawasan tentang kemampuan dan kerentanannya melalui rekayasa balik. Pasukan AS juga dapat menggunakan T-90 untuk berlatih, karena tank ini mewakili ancaman yang sebenarnya.

Ukraina telah mengumpulkan banyak sistem persenjataan yang dapat memberikan informasi yang sangat berguna untuk FME, termasuk berbagai sistem peperangan elektronik canggih dan komponen rudal. Ukraina sudah lama menjadi sumber utama perangkat keras FME untuk intelijen AS sebelum perang terjadi.

Quote:


Ukraina setidaknya telah menangkap 549 tank Rusia menurut data dari Oryx, meskipun itu hanya sebagian kecil dari jumlah sebenarnya. Mereka hanya melaporkan item yang dapat diverifikasi melalui citra di internet. Ada dugaan jika tank itu bukan diimpor pihak militer, melainkan oleh perseorangan untuk dijadikan semacam pajangan. Tapi, sejauh ini tidak jelas siapa yang mendatangkan tank T-90 ini ke Amerika.

Sementara itu TheDrive.comtelah meminta konfirmasi kepada juru bicara Fort Polk (berjarak 95 km dari TKP), markas Army's Joint Readiness Training Center. Menurut mereka, tank T-90 itu tidak akan dibawa ke sana, personel Fort Polk yakni Deven B. King mengatakan militer AS tidak ada hubungannya dengan tank tersebut.

TheDrive.com juga meminta monfirmasi kepada Army's Red River Depot di New Boston, Texas; yang berjarak sekitar 380 km dari lokasi tank T-90. Mereka pun juga mengatakan tidak tahu tentang T-90 tersebut, mereka menambahkan jika tidak ada tank yang akan diperbaiki dalam waktu dekat. Saat meminta penjelasan Pentagon, TheDrive.com juga tidak mendapatkan hasil. Pentagon juga mengatakan tidak mengetahui soal T-90 tersebut.

Quote:


T-90A sendiri menjadi tulang punggung Angkatan Darat Rusia Gan, tank ini masuk dinas pada 2005 menggantikan sebagian T-72 dan T-80 di unit tank Rusia. Setidaknya ada 3 versi yang digunakan oleh Rusia saat ini, dan kebetulan juga diterjunkan ke Ukraina. Berikut adalah beberapa varian T-90 tersebut:

1. T-90A, versi peningkatan dari varian asli T-90.

2. T-90M, versi modernisasi dari varian T-90A.

3. T-90S, versi ekspor dari T-90. T-90S juga telah diekspor ke India, dan dikenal dengan nama Bhismha.

4. T-90AK, versi komando dengan penambahan antena di atas turret-nya.

Senjata utama T-90 adalah meriam smoothbore 125mm 2A46M-5, untuk senjata sekunder ada senapan mesin ringan 7,62 mm koaksial, serta ada senapan mesin berat 12,7 mm. Tank punya bobot 46,5 ton serta bisa ngebut sampai kecepatan maksimal 60 km/jam, serta punya daya jelajah 500 km.

Meski belum jelas untuk siapa tank ini akan dikirim ? Tetapi kuat dugaannya militer AS adalah pihak yang menginginkan tank ini, dari dulu mereka juga sudah terbiasa mengincar senjata Rusia/Soviet yang diterjunkan ke palagan konflik. Kilas balik pada Desember 2022 lalu, helikopter serang Ka-52 Alligator telah diserahkan ke Amerika oleh Ukraina. Helikopter yang ditembak jatuh itu akan dibedah dan dipelajari teknologinya. Hal serupa mungkin juga berlaku bagi T-90 yang muncul secara misterius baru-baru ini.


------------





Referensi Tulisan: TheDrive.com& Army Recognition
Sumber Foto: sudah tertara
MasterSims
gonugraha76
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 11 lainnya memberi reputasi
12
3.3K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan