si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Memakai KRI Banjarmasin 592, TNI AL Gelar Program Mudik Gratis Naik Kapal Perang
Quote:


Hallo Gan, pada kesempatan kali ini TS mau berbagi informasi terkait acara mudik gratis yang diselenggarakan oleh Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang merupakan salah satu komando utama TNI AL yang bermarkas di Tanjung Priok, Jakarta. Tepatnya pada 11 April 2023 melalui Instagram resminya, pihak Kolinlamil memberitahukan agenda mudik gratis pada tahun 2023.

Untuk rute mudik via laut kali ini dimulai dari Jakarta - Semarang - Surabaya. Untuk arus balik kapal akan diberangkatkan dengan rute sebaliknya, dimulai dari Surabaya - Semarang - Jakarta. FYI Gan, untuk mudik gratis kali ini khusus untuk pengguna sepeda motor saja. Untuk estimasi perjalanan sekitar 2 hari dari Jakarta ke Surabaya, sementara dari Jakarta ke Semarang atau Surabaya ke Semarang ditempuh sekitar satu hari. Yang istimewa, untuk mudik tahun ini yang akan bertugas adalah KRI Banjarmasin 592 yang terbukti sudah battle proven. Dan berikut ini adalah informasi terkait mudik gratis tahun ini yang diadakan TNI AL:

Quote:



KRI Banjarmasin 592: Ditugaskan Untuk Melawan Perompak Somalia Hingga Mengangkut Pemudik


Bagi Agan military enthusiast pasti tak asing dengan nama KRI Banjarmasin dengan nomor lambung 592, kapal yang dijadikan kapal angkut pemudik untuk tahun ini merupakan kapal jenis LPD (Landing Platform Dock) yang sudah battle proven.KRI Banjarmasin pada 2011 pernah melaksanakan operasi militer untuk membebaskan kapal MV Sinar Kudus yang dibajak di Perairan Somalia pada tahun 2011. Operasi pembebasan sandera itu pun sukses.

Waktu itu KRI Banjarmasin tergabung dalam Satuan Tugas Merah Putih, punya peran sebagai kapal markas yang membawa aneka perlengkapan tempur, termasuk kendaraan amfibi BMP-3F dan howitzer LG-1 MK II. Peralatan itu dibawa guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu perlu dilakukan operasi pendaratan. Misi lintas samudera inilah yang menjadi prestasi gemilang KRI Banjarmasin.

Kapal ini dibuat oleh PT PAL di Surabaya, selain itu PT PAL juga membuat KRI Banda Aceh dengan nomor lambung 593. LPD buatan dalam negeri ini dibuat berdasarkan alih teknologi (ToT) dari Korea Selatan Gan, di mana dua kapal LPD pertama yakni KRI Makassar 590 dan KRI Surabaya 591 dibuat oleh galangan kapal Daesun Shipbuilding dan Daewoo International Corporation, di Korea Selatan. Kontrak pembangunan LPD ditandatangani pada bulan Maret 2005.

Quote:


Melalui alih tekonlogi dua kapal pertama dibuat di Busan, sementara dua kapal selanjutnya dibuat di Surabaya. Untuk KRI Banjarmasin selesai dibuat pada 2007 dan diserahkan ke TNI AL pada 2009. KRI Banjarmasin punya panjang 125 meter dan lebar 22 meter, selain operasi militer, kapal juga dapat digunakan untuk Operasi Militer Selain Perang (OMSP), seperti membawa logistik ke daerah bencana alam, operasi kemanusiaan, dan digunakan sebagai angkutan pemudik.

KRI Banjarmasin-592 memiliki bobot 7.300 ton dan dapat digeber sampai kecepatan maksimal 15,4 knots. Dari sisi persenjataan, KRI Banjarmasin-592 dipersenjatai dengan satu umeriam kaliber 57 mm, dan dua meriam kaliber 40 mm. KRI Banjarmasin-592 juga dirancang mampu mengangkut beberapa kombinasi muatan seperti 22 tank atau apat mengangkut kombinasi 20 truk dan 13 tank, 560 pasukan, dan diawaki oleh 126 personel.


Quote:


Mengutip artikel indomiliter.com, kapal jenis LPD milik TNI AL dalam kondisi misi operasional militer membawa 400 pasukan, 22 unit kendaraan tempur lapis baja serta 13 unit kendaraan taktis. Saat musim mudik seperti sekarang LPD dapat membawa 1.500 pemudik bermotor. Saat kondisi darurat, LPD bisa membawa hingga 3.000 penumpang.

Nah, sekian ulasan tentang KRI Banjarmasin 592, bagi Agan atau juga sista yang mau merasakan ikut pulang ke kampung halaman dengan kapal perang silakan bisa mulai mendaftarkan diri dan menyiapkan persyaratannya. Kemudian langsung menuju lokasi pendaftaran yang sudah disebutkan. Dan bagi Agan/Sista yang sedang atau hendak mudik ke kampung halaman semoga perjalanannya lancar dan tidak ada halangan. Sampai jumpa emoticon-Cendol (S)



----------------





Referensi Tulisan: indomiliter.com& Kompas.com
Sumber Foto & Ilustrasi: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 13-04-2023 22:18
jagotorpedo
jlamp
69banditos
69banditos dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.4K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan