masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Jangan Pinjamkan KTP, Seorang Pria Tewas Bunuh Diri Diduga karena Ulah Teman Sendiri
Heboh seorang pria di Malang tewas bunuh diri karena sering diteror petugas pinjol, diduga KTP dipinjam teman untuk jaminan utang


Miris, media sosial tengah dihebohkan dengan kabar tewasnya seorang pria bernama Herimawanto (33 tahun) asal Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang yang nekat bunuh diri di rumahnya pada hari Minggu, tanggal 2 April 2023.

Diketahui Herimawanto ditemukan oleh sang ayah bernama Riyatman dalam kondisi telah tewas gantung diri di pintu kamarnya dengan menggunakan tali plastik warna biru.

Menurut informasi yang disampaikan oleh sahabat dari Herimawanto yaitu Imam Syafi'i selaku Ketua RW, dugaan sementara yang menyebabkan Herimawanto bunuh diri adalah karena stres setiap hari korban mendapatkan teror pihak pinjol alias pinjaman online.

Herimawanto sendiri mengaku tidak pernah meminjam uang pada pinjol, melainkan meminjamkan KTP pada temannya untuk jaminan utang di pinjaman online.

Saat ini pihak Kepolisian masih menyelidiki terkait penyebab Herimawanto melakukan aksi bunuh diri, dan memastikan kebenaran terkait isu yang beredar.




Terkait pemberitaan tewasnya Herimawanto pemuda asal Kota Malang yang nekat bunuh diri karena diteror petugas pinjol, tentu kejadian yang semacam ini bukan kali pertama terjadi GanSis.

Hanya saja pada kasus ini ada hal yang menarik untuk dibahas dan dijadikan sebagai pembelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati dan waspada saat berhubungan dengan pinjol baik secara langsung maupun menjadi perantara.

Sebagaimana Agan dan Sista ketahui bahwa pinjaman online meminta persyaratan berupa foto KTP dan juga foto diri seseorang yang ingin mengajukan pinjaman dalam jumlah tertentu.

KTP dan foto inilah yang akan dijadikan sebagai jaminan untuk proses penagihan kredit dan lain sebagainya.

Adapun yang harus dijadikan sebagai pelajaran dari adanya pemberitaan yang satu ini yaitu untuk tidak dengan mudah meminjamkan KTP atau foto diri kepada orang lain entah itu keluarga, teman, rekan kerja, atau orang yang baru dikenal.

KTP sebagai identitas diri dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal termasuk untuk jaminan utang di pinjaman online atau penyalahgunaan yang lainnya.




Resiko meminjamkan KTP kepada seseorang entah itu keluarga atau teman ini memang cukup besar GanSis.

Itulah sebabnya Agan Sista dihimbau untuk tidak mudah meminjamkan atau memberikan identitas pribadi terutama KTP dan Kartu Keluarga kepada siapapun kecuali memang untuk persyaratan administrasi yang memang diminta oleh pihak yang jelas dan bertanggung jawab.

Kalaupun sudah terlanjur meminjamkan dan mendapatkan teror dari pinjol sedangkan kalian tidak melakukan pinjaman, maka bisa dicarikan solusi lain tanpa harus bunuh diri.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ormarr
baikl
davianjustice
davianjustice dan 11 lainnya memberi reputasi
12
5.2K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan