Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Potensi Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, 25 Stadion Ini Siap Digunakan


TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo buka bicara soal potensi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Rumor itu muncul setelah Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA mencabut status Peru sebagai tuan rumah karena dianggap tak mampu memenuhi kebutuhan infrastruktur pada Senin, 3 April 2023.

"Itu (Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-17), nanti lebih baik menunggu pertemuan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dengan FIFA," ujar Dito usai acara serah terima jabatan di Auditorium Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa, 4 April 2023 kemarin.

Sementara Indonesia memiliki 25 stadion yang tadinya disiapkan untuk ajang Piala Dunia U-20. Stadion-stadion ini sudah sangat siap digunakan apabila Indonesia berkesempatan jadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

25 stadion sudah 100 persen

Menteri Basuki mengungkapkan awalnya sebanyak 25 stadion disiapkan untuk Piala Dunia U-20. Dia menjelaskan, Kementerian PUPR ditargetkan merenovasi stadion itu selama enam bulan, dimulai dari Januari hingga Juni 2023. Namun, pengerjaan dipercepat hingga di awal April 2023 dan progres mencapai 100 persen.

"Progres secara keseluruhan 100 persen per tanggal 2 April 2023," kata Basuki melalui laporan resminya, Senin 3 April 2023.

Siap dipakai untuk Piala Dunia U-17

Meski batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Basuki menegaskan, stadion yang rampung direnovasi itu siap digunakan untuk Piala Dunia U-17. Stadion juga sudah ditinjau oleh FIFA dan dinyatakan siap untuk bisa digunakan.


"Menurut saya untuk perhelatan Piala Dunia U-17 sangat bisa dan siap untuk digunakan," ujar Basuki di Gedung DPR RI, Jakarta pada Selasa, 4 April 2023 kemarin.

Lebih lanjut Basuki mengatakan, stadion utama untuk U-20 ini juga dulu sudah disiapkan untuk mendukung Asian Games.

“Jadi stadion-stadion untuk Piala Dunia U-20 ini dilakukan peningkatan untuk mendukung perhelatan tersebut," kata Basuki.

25 Stadion yang direnovasi berikut rincian dananya

Dari 25 stadion yang direnovasi, lima di antaranya adalah venue utama, yakni Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, Stadion Gelora Bung Tomo, dan Stadion I Wayan Dipta.


Sementara 20 lainnya merupakan lokasi latihan yang terletak di sekitar lokasi venue-venue utama tersebut.

Berikut rincian stadion yang mengalami renovasi oleh Kementerian PUPR untuk gelaran Piala Dunia U-20:

Sumatera Selatan: satu venue utama Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan empat lapangan latihan, yakni Stadion Bumi Sriwijaya, Lapangan Atletik Jakabaring 1, Lapangan Baseball Jakabaring dan Lapangan Panahan Jakabaring dengan biaya Rp 43,35 miliar 


Jawa Barat: lima lapangan di Jawa Barat dengan rincian satu venue utama, yakni Stadion Si Jalak Harupat dan empat lapangan latihan, yakni Gelora Bandung Lautan Api, Lapangan IPDN, Lapangan Jati Padjajaran, dan Stadion Sidolig dengan biaya Rp 53,97 miliar. 

Jawa Tengah: satu venue utama Stadion Manahan dan empat lapangan latihan, yakni Stadion Sriwedari, Lapangan Banyuanyar, Lapangan Sriwaru dan Lapangan Kota Barat dengan biaya Rp 16,82 miliar. 

Jawa Timur: ada lima lapangan diantaranya satu venue utama, yakni Stadion Gelora Bung Tomo dan empat lapangan latihan yakni Stadion Gelora 10 Nopember, Lapangan A GBT, Lapangan C GBT dan Lapangan Thor dengan biaya Rp 23,29 miliar. 

Bali: ada lima lapangan dengan satu venue utama, yakni Stadion I Wayan Dipta dan empat lapangan latihan, yakni Stadion I Gusti Ngurah Rai, Lapangan Kompyang Sudjana, Lapangan Gelora Samudra dan Lapangan Trisakti dengan biaya Rp 17,61 miliar.

sumber


hebat gan menpora baru, baru jabat sekian hari langsung mau gelar piala dunia emoticon-thumbsup
Diubah oleh kushkoos 06-04-2023 02:28
cuacarino123740
fr33uhi
gabener.edan
gabener.edan dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.2K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan