Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Israel: Kami Selalu Sambut Timnas RI untuk Bertanding Kapan Pun
Israel: Kami Selalu Sambut Timnas RI untuk Bertanding Kapan Pun

Selasa, 04 Apr 2023 16:26 WIB



Israel mengaku akan selalu menerima kedatangan timnas sepakbola Indonesia untuk bertanding di negaranya usai insiden penolakan di Piala Dunia U-20 2023. (dok. embassies.gov.il/singapore/AboutTheEmbassy)

Jakarta, CNN Indonesia -- Israel mengaku akan selalu menyambut dengan tangan terbuka timnas Indonesia jika ingin menggelar pertandingan uji coba atau persahabatan di negaranya.

Duta Besar Israel untuk Singapura, Sagi Karni, menyayangkan pembatalan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia oleh FIFA. Menurutnya, para pemain timnas U-20 Indonesia dan fan sepak bola kecewa dengan pembatalan ini.

"Timnas sepakbola Indonesia U-20 akan selalu kami sambut untuk bermain di Israel untuk pertandingan persahabatan kapan pun mereka inginkan," kata Karni kepada CNNIndonesia.com pada Selasa (4/3).

"Sangat disayangkan bahwa masalah politik menyabotase ajang olahraga seperti ini. Saya merasa sedih untuk pecinta sepakbola di Indonesia, terutama timnas anak muda dan fan yang tidak bisa menikmati kesempatan besar di mana Indonesia menjadi tuan rumah turnamen sebesar ini," paparnya menambahkan.

Karni menyayangkan sejumlah pihak yang menolak partisipasi timnas negaranya dalam Piala Dunia U-20 2023 bisa membuat Indonesia berada di posisi yang sangat disayangkan.

Dia yakin sebenarnya banyak pihak, termasuk warga Indonesia sendiri, yang kecewa karena tidak bisa menyaksikan talenta bangsa berlaga di ajang bergengsi demi mengharumkan negara.

"Dari yang kita lihat, kita biasanya melihat itu (yang menolak) hanya beberapa suara saja, dan mungkin (sisanya) adalah silent majority (kelompok dalam jumlah besar yang tidak mengutarakan opininya secara publik)," kata Karni.

Israel mengaku akan selalu menerima kedatangan timnas sepakbola Indonesia untuk bertanding di negaranya usai insiden penolakan di Piala Dunia U-20 2023.


Timnas Israel U-20. (AFP/VLADIMIR SIMICEK)

Pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFAmasih menjadi sorotan publik. Keputusan FIFAitu keluar setelah ribut-ribut penolakan kedatangan timnas Israel ke Indonesia untuk berlaga dalam ajang tersebut.

Mereka yang menolak di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Bali I Wayan Koster, sejumlah partai seperti: PDIP, PAN, PPP, PKS, dan organisasi masyarakat lain.

Pihak-pihak yang menolak menilai menerima kedatangan timnas Israel sama saja mengkhianati janji Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Beberapa oposisi juga membawa konstitusi RI soal dekolonisasi sebagai dasar penolakan kedatangan timnas Israel ke Indonesia.

Timnas Israel U-20 padahal lolos kualifikasi pada Juni 2022 lalu. Dengan demikian, mereka berhak melaju ke babak selanjutnya dan bertanding di Indonesia yang menjadi tuan rumah ajang olahraga bergengsi ini.

"Kami telah berkomunikasi dengan FIFAdan asosiasi sepakbola terkait ini karena turnamen Piala Dunia U-20 ini berlandaskan aturan FIFA. Sekarang, jika Indonesia tidak mau mengikuti aturan internasional, ya hasilnya seperti yang terjadi saat ini," ucap Karni.

"Posisi kami sangat jelas bahwa timnas Israel U-20 telah lolos sehingga berhak mengikuti turnamen ini karena kami bermain dengan bagus. Kami manut aturan FIFAdan kami akan terus bermain di laga ini," paparnya menambahkan.

Sebelum keputusan FIFA muncul, Duta Besar Palestina untuk Indonesia, Zuhair Al Shun, menegaskan masalah olahraga jangan dicampur aduk dengan politik.

"Kita tahu bahwa masing-masing federasi olahraga ini memiliki aturan sendiri termasuk FIFA," kata Al Shun saat konferensi pers di Kedutaan Besar Palestina di Jakarta, pada 15 Maret.

"Dan tentu saja kepesertaan masing-masing negara yang ikut dalam event ini, tentu tidak ada kaitannya dengan suka atau tidak suka dengan negara peserta tersebut," ungkap dia lagi.

Presiden Indonesia Joko Widodo alias Jokowi juga sepakat dengan Al Shun.

Jokowi juga menegaskan posisi Indonesia tak akan berubah dalam membela kemerdekaan Palestina.

"Prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two state solution," kata Jokowi saat konferensi pers pada 28 Maret.

https://www.cnnindonesia.com/interna...ding-kapan-pun

Veritonix
aloha.duarr
aldonistic
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.4K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan