Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

amekachiAvatar border
TS
amekachi
7 Tahun Lagi Kita Akan Berpuasa di Bulan Ramadan Selama 2 Kali Lho Gansist, Kok Bisa?
7 Tahun Lagi Kita Akan Berpuasa di Bulan Ramadan Selama 2 Kali dalam Satu Tahun Lho Gansist, Kok Bisa? Begini Penjelasannya!





















Bagi para pemeluk agama Islam tentu lah dari mereka akan mengetahui bahwasanya kita sebagai Muslim itu memiliki bulan ramadan yang diwajibkan dalam bulan itu untuknya kita berpuasa selama sebulan penuh satu kali untuk satu tahunnya!

Dan biasanya pun memang benar satu tahun ya satu kali ramadan bahkan jika melihatnya melalui penanggalan masehi, cuma yang mungkin selalu berbeda itu mungkin tanggal dan bulannya dan untuk kali ini bulan ramadan adalah di bulan Maret-April yah Gansist?

Namun sebentar lagi kita akan memperoleh bulan ramadan dalam setahunnya lho (dalam tahun masehi) yaitu kira kira 7 tahun lagi atau di tahun 2030 akan dua ramadan yaitu 1451 dan 1452, lho kok bisa?


















Begini menurut penjelasan dari BRIN,

Diterangkan oleh Andi Pangerang Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN ini terjadi dikarenakan oleh kalender masehi itu berbasis peredaran bumi mengelilingi matahari selama 365,2422 hari sedangkan untuk perhitungan kalender hijriyah adalah peredaran bulan mengelilingi matahari yaitu selama 29,5306 perbulan dikali 12 kali menjadi 354,3672 hari atau selisih 10,857 untuk tiap tahunnya antar dua penanggalan tersebut dan selisih ini akan terakumulasi jika telah melewati 33 tahun.

Hingga makanya sebenarnya kejadian seperti ini bukanlah hal baru sebab kita juga pernah merasakan yaitu kala ditahun 1998, 1999 dan 2000 dulu ....


Wah ini mantap Gaes, kita artinya bakalan puasa setahun 2 kali bagi yang mengerjakannya, apakah itu berat?emoticon-Big Grin
























Walau berat tetap yang namanya kewajiban itu harus dikuat kuatkan yah Gansist walau ada juga keringanan bagi kita untuk tidak berpuasa seperti untuk wanita hamil dan lainnya semisal, ....


1). Orang yang sakit
2). Musafir
3). Orang yang lanjut usia
4). Wanita hamil dan menyusui
5). Wanita yang sedang haid (ini bukan keringanan tapi larangan untuk berpuasa/dilarang berpuasa)
6). Anak kecil
7). Hilang akal sehat
8). Wanita yang sedang nifas atau melahirkan.


Kalau pengalaman pribadi sih bukan masalah pahalanya lho Gan tapi suasananya beda kalau seandainya kita antara berpuasa dan tidak berpuasa, saat berbuka terasa nikmat dan setelahnya pun lebih ceria jika dibandingkan kala bulan puasa namun kita tidak berpuasa, ya seperti hari hari biasanya!


"Setitik tinta jadi noda, setitik salah jadi dosa maka izinkanlah akoh mengucapkan mohon maaf lahir dan batin"emoticon-No Sara Please


Eh salah emotemoticon-Big Grin

emoticon-Salaman


"narasi dan opini sendiri"



Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan

Penelusuran Gambar Google
Diubah oleh amekachi 03-04-2023 17:04
putrakomang
kasihudinsekali
bukan.bomat
bukan.bomat dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.2K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan