aurora..Avatar border
TS
aurora..
5 Tips Yang Perlu Anda Lakukan Sebelum Anda Mendonorkan Trombosit


Hai semuanya, Shalom Aleichem! emoticon-Hai

Selamat malam kalian semuanya! emoticon-Moon




Pada kesempatan yang sangat berharga ini, saya, Mbak Rora, akan memberikan kepada Anda 5 tips yang perlu kalian lakukan sebelum Anda mendonorkan trombosit.



Hah? Apa itu trombosit? emoticon-Bingung (S)

Jadi, trombosit (keping darah) merupakan salah satu sel darah yang berperan penting untuk menghentikan perdarahan ketika terjadi luka. Adapun kadar trombosit normal berkisar antara 150 ribu hingga 450 ribu sel per mm3 darah. Sama seperti sel darah merah, trombosit tidak memiliki inti sel dan tidak dapat melakukan pembelahan sel (SUMBER 1).

Donor trombosit merupakan salah satu jenis donor darah di mana hanya komponen darah trombosit saja yang diambil, sedangkan komponen darah lainnya seperti sel darah merah dan plasma darah akan dikembalikan lagi ke dalam tubuh sang pendonor bersama dengan larutan infus NaCl. Berbeda dengan donor darah biasa yang hanya memakan waktu sekitar 10 sampai dengan 15 menit, donor trombosit biasanya memakan waktu sekitar 60 sampai dengan 90 menit.

Trombosit sendiri pada umumnya ditransfusikan kepada pasien yang menderita kanker, demam berdarah dengue, anemia aplastik, ITP, serta pasien yang akan menjalani operasi otak.

Ada sedikit perbedaan antara persyaratan donor darah biasa dengan persyaratan donor trombosit. Adapun persyaratan donor darah biasa dan persyaratan donor trombosit semuanya ada di thread ini.

Sebelum Anda mendonorkan trombosit, Anda tidak hanya harus memenuhi semua persyaratan donor darah dan trombosit, tetapi Anda juga perlu melakukan 5 tips ini.



Oke, oke, tidak usah banyak omong lagi emoticon-Shutup.

Langsung saja yuk, kita ke topik utamanya.

Berikut adalah 5 tips yang perlu Anda lakukan sebelum Anda mendonorkan trombosit.

Selamat menyimak emoticon-Smilie.

Quote:


Quote:
3140411
s.c.a.
bukhorigan
bukhorigan dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan