Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gutssyAvatar border
TS
gutssy
Elite PDIP Salahkan PSSI karena RI Batal Jadi Tuan Rumah U-20
Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota Komisi XI DPR dari Fraksi  PDI-Perjuangan Hendrawan Supratikno menyalahkan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) soal pembatalan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA.

Pembatalan ini kata dia menjadi bukti bahwa PSSI tak cukup kuat melobi FIFA . "Kami menyayangkan pembatalan event besar tersebut. Lobi-lobi PSSI terasa lemah atau tumpul," ujar Hendrawan saat dimintai konfirmasi soal pernyataan tersebut, Kamis (30/3/2023).

Politikus senior PDIP tersebut juga lantas menyampaikan bahwa sejak Agustus 2022, pihaknya telah mengingatkan pemerintah mengenai keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Ia mengatakan, alangkah baiknya–apabila ketika sedang bertanding melawan Israel–pertandingan tersebut dilakukan di luar negeri saja. "Padahal sudah lama, sejak Agustus 2022, kami mengingatkan konsekuensi keikutsertaan Israel. Dari awal kami mengusulkan untuk pertandingan yang diikuti Israel dilakukan di luar negeri, negara tetangga, karena kita dalam posisi sebagai ketua ASEAN," lanjutnya.

Dia kemudian menyinggung soal peraturan Menteri Luar Negeri Nomor 3 tahun 2019 tentang Hubungan Luar Negeri Oleh Pemerintah Daerah.

Menurutnya, berdasarkan poin B dalam aturan itu, sudah tertera secara jelas bahwa Indonesia menentang hubungan diplomatik dengan Israel. “(Pernyataan) itu ada dasarnya,” kata dia kepada Bloomberg Technoz.

“Sampai saat ini Indonesia tidak mempunyai hubungan diplomatik dengan Israel dan menentang penjajahan Israel atas wilayah dan bangsa Palestina, karenanya Indonesia menolak segala bentuk hubungan resmi dengan Israel,” tulis aturan nomor 150 tersebut.

Sebelumnya, Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Keputusan itu telah diambil FIFA setelah ketua umum PSSI, Erick Thohir bertemu dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023).

“Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis laman resmi FIFA.

Terhadap hal tersebut, FIFA juga tengah mempertimbangkan sanksi yang akan diterima Indonesia. “Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya," sambung FIFA.

Namun demikian, meskipun Indonesia sudah dicoret, FIFA juga berjanji akan tetap membantu PSSI secara aktif dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Oktober 2022 lalu. Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang memberikan bantuan yang dibutuhkan PSSI.

"FIFA tetap berkomitmen untuk membantu PSSI secara aktif dengan kerja sama erat dan dukungan dari pemerintah Presiden Widodo dalam proses transformasi sepak bola Indonesia setelah tragedi yang terjadi pada Oktober 2022." tutupnya.



Artikel asli: Elite PDIP Salahkan PSSI karena RI Batal Jadi Tuan Rumah U-20
viniest
viniest memberi reputasi
1
1.5K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan