mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
PDIP soal RI Batal Gelar Piala Dunia U-20: Risiko Tegakkan Konstitusi


Politikus PDIP Hendrawan Supratikno. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan batalnya Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 karena penolakan sejumlah pihak atas kehadiran Timnas Israel merupakan risiko yang harus dihadapi demi menegakkan konstitusi.
Menurutnya, persoalan kemanusiaan tak boleh tunduk pada urusan pasar dan hiburan. Apalagi, kata dia, mengingat sikap Presiden pertama RI Sukarno yang tidak mengakui Israel.

"Risiko pilihan tegak di garis konstitusi memang demikian. Apakah kita ingin mandat konstitusi kalah dari mandat kompetisi? Apakah legitimasi kemanusiaan dan sejarah harus tunduk pada logika pasar dan hiburan?" kata Hendrawan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (30/3).

"Pilihan sulit, tapi itu risiko yang harus dihadapi," imbuhnya.

Hendrawan pun meminta publik tidak menghakimi pihak-pihak yang sebelumnya menyuarakan penolakan terhadap kedatangan Timnas Israel. Ia menegaskan mereka yang menolak kehadiran Timnas Israel justru tengah berupaya menegakkan konstitusi dan sejarah.

"Haruskah yang menyuarakan konstitusi dianggap dogmatis, romantis, dan nostalgis? Apakah kita membiarkan terseret arus popularitas dan lupa jalan pulang untuk tegak di atas konstitusi?" ujar dia.

FIFA telah resmi mencabut status tuan rumah Indonesia untuk gelaran Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni mendatang.

Momen krusial yang membuat status tuan rumah Piala Dunia U-20 milik Indonesia terancam adalah gelombang penolakan yang muncul terhadap kehadiran Timnas Israel. Israel adalah salah satu negara peserta yang berhasil lolos kualifikasi sebagai wakil Eropa.

Dua gubernur yang wilayahnya jadi tempat penyelenggaraan, I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo juga menyuarakan penolakan. Hal itu yang kemudian diyakini membuat FIFA membatalkan acara drawing Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret 2023 di Bali.

Selain kedua tokoh tersebut, terdapat sejumlah pihak yang menolak kedatangan Timnas Israel, di antaranya PDIP, PKS, Persaudaraan Alumni 212, hingga Majelis Ulama Indonesia (MUI).

(khr/tsa)
https://www.cnnindonesia.com/nasiona...an-konstitusi.



PDIP Bicara Soal Piala Dunia Batal di Indonesia: Ada Ancaman Keamanan

Ketua DPP PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno. Foto: Rafyq Panjaitan/kumparan
PDIP banyak mendapat kritik dari sebagian masyarakat karena dianggap paling keras menolak Timnas Israel main di Piala Dunia U-20 di Indonesia.
Dua sosok kunci yang ramai disorot, yaitu Gubernur Bali  Wayan Koster dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Kedua kader PDIP ini pekan lalu menyatakan penolakannya terhadap Timnas U-20 Israel dengan mendasarkan pada amanat konstitusi.
Hal ini berujung dibatalkannya posisi Indonesia sebagai tuan rumah.
Apa kata PDIP soal penolakan yang berimbas batalnya Indonesia sebagai tuan rumah?
Politikus senior PDIP Hendrawan Supratikno menyebut, penolakan terhadap Israel sudah lama disuarakan. Dia menegaskan, semua demi penegakan konstitusi.
"PDIP sudah mengingatkan sejak Agustus 2022 agar pertandingan berjalan baik. Kita menciptakan keamanan untuk semua. Keamanan untuk semua," kata Hendrawan, Kamis (30/3).
Menurut Hendrawan, Indonesia tak boleh menerima Israel karena mereka melakukan penjajahan terhadap Palestina. Itu bertentangan dengan UUD 1945.


Kapten Timnas U-20 Indonesia Ferarri (kanan) memberikan pelukan kepada pemain Timnas U-20 Uzbekistan usai laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 di
Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/2023). Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto

Kapten Timnas U-20 Indonesia Ferarri (kanan) memberikan pelukan kepada pemain Timnas U-20 Uzbekistan usai laga terakhir Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Istiqlol, Fergana, Uzbekistan, Selasa (7/3/2023). Foto: Sigid Kurniawan/Antara Foto
"Titik tolak kita adalah spirit kemanusiaan dan legitimasi sejarah dan mandat konstitusi," tutur profesor dari Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga, ini.
PSSI Gagal Melobi FIFA
Soal gagalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, Hendrawan menilai PSSI gagal melobi FIFA.
"PSSI gagal melakukan lobi-lobi," ujar Hendrawan menegaskan.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (28/3/2023). Foto: PSSI

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (28/3/2023). Foto: PSSI
Lobi yang dimaksud adalah 'memaksa' FIFA mengizinkan Israel main di luar Indonesia. Misalnya di negara tetangga, sebut saja Singapura.
"Apalagi posisi kita sebagai Ketua ASEAN seharusnya bisa dimanfaatkan," ujar Hendrawan merujuk pada posisi Indonesia sebagai pemegang Keketuaan ASEAN 2023.

Surat Gubernur Bali ke Menpora ihwal penolakan Timnas U-20 Israel. Foto: Dok. Istimewa
Setelah gagal dilobi Erick Thohir, FIFA menghapus Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 di situs resmi mereka. Mimpi anak muda Timnas Indonesia main di Piala Dunia pun buyar.
Menurut Hendrawan, ada ancaman keamanan bila Timnas U-20 Israel main di Indonesia. Di mana pun tempatnya.
"Ada faktor ke situ (ancaman keamanan), isu Israel ini, kan, sensitif dan eksplosif. Itu sebabnya PDIP sejak Agustus (2022) meminta pemerintah dan PSSI menyelenggarakan pertandingan Israel di negara tetangga," tuturnya.
"(Isu kedatangan Israel) Pasti akan dimanfaatkan untuk kepentingan politik," tutup dia.

https://kumparan.com/kumparannews/pd...74XcSQyzL/full

\Terus jika Israel wajib ditolak kenapa disambut parlemen Israel di Bali sama DPR-RI?
cuacarino123740
bukan.bomat
Proloque
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan