rinne.shiraAvatar border
TS
rinne.shira
Pengamat: Isu Tolak Timnas Israel Berisiko untuk PDIP dan Jokowi
Pengamat: Isu Tolak Timnas Israel Berisiko untuk PDIP dan Jokowi



Jember (beritajatim.com) – Muhammad Iqbal, doktor ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember, di Kabupaten Jember, Jawa Timur, menilai, PDI Perjuangan dan Presiden Joko Widodo sama-sama menghadapi risiko besar dalam pusaran isu penolakan terhadap tim nasional Israel U20.

Elite PDI Perjuangan, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, sudah menunjukkan sikap menolak kehadiran Israel dalam Piala Dunia U20 di Indonesia, 20 Mei – 11 Juni 2023. Sementara pemerintah, sebagaimana disampaikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, justru mengingatkan tentang perjuangan Indonesia untuk dipercaya FIFA menjadi tuan rumah Piala Dunia U20.

Baca Juga:

Dengan isu tersebut, Iqbal menilai, PDI Perjuangan ingin mempertahankan kepercayaan basis pemilih dari kalangan Islam nominal agar tidak pindah ke lain partai. “Retorika (tolak Israel) ini diharapkan jadi sugesti politik bahwa PDIP peduli terhadap Palestina,” katanya, ditulis Senin (27/3/2023).

Masalahnya, pertambahan suara itu belum tentu signifikan. Suara PDI Perjuangan dalam pemilu kemungkinan bertambah, namun hanya sedikit dari kalangan Islam nominal dan bukan dari kalangan Islam taat atau santri. Menurut Iqbal, hal ini dikarenakan konstalasi politik domestik di Indonesia berubah.

Isu ‘anti-Israel’ bukan satu-satunya isu yang dengan mudah menarik pemilih. “Rasionalitas pemilih Indonesia semakin teruji untuk menilai seberapa keberpihakan rezim pemerintahan pada kepentingan kesejahteraan dan keadilan sosial ketimbang kepentingan rezim pada oligarki,” kata Iqbal.

Apalagi, menurut Iqbal, selama ini elite politik PDI Perjuangan tak banyak menaruh perhatian terhadap isu Israel dan Palestina. Iqbal menilai, suara-suara protes yang muncul dari kalangan PDI Perjuangan bisa dianggap tak lebih dari dramaturgi untuk kepentingan politik pemilu saja, yang sangat berbeda dengan visi politik Soekarno pada masa lampau.

“Ini berbeda dengan idealisme komunitas partai atau ormas Islam yang memang dari dulu membela Palestina. Kalau benar murni sebagai bentuk peduli kemanusiaan dan keadilan, bagaimana dengan nasib warga dan lingkungan alam di pegunungan Kendeng dan Wadas yang sampai sekarang masih menyisakan masalah kemanusiaan dan ketidakadilan?” kata Iqbal.

BACA JUGA:
PSSI Jatim Harap Pemkot Surabaya Rampungkan Semua Persiapan Sebelum Kunjungan FIFA

Presiden Ingin PSSI Bersiap untuk Piala Dunia U20
Isu penolakan terhadap tim Israel U20 pada akhirnya menjadi arena tarik-menarik kekuatan antara PDI Perjuangan dan Jokowi. Citra PDI Perjuangan akan turun, jika ternyata pemerintah membuka pintu bagi Israel untuk bertanding. Menurut Iqbal, partai itu akan dinilai tidak memiliki kekuatan atau pengaruh terhadap Presiden Joko Widodo.

Ujung-ujungnya hubungan antara PDI Perjuangan dan Joko Widodo pun akan makin memburuk. “Kebijakan menerima timnas Israel bisa saja ditafsirkan sebagai bentuk pembangkangan petugas partai terhadap partainya,” kata Iqbal.

Di lain pihak, penerimaan Jokowi terhadap Israel akan berdampak terhadap calon presiden yang akan didukungnya dalam Pemilu 2024. “Capres yang di-endorse Jokowi di mata pemilih muslim tentu bisa terdiskon cukup besar,” kata Iqbal.


Posisi Ganjar Pranowo sebagai kandidat presiden juga akan semakin turun di mata pemilih muslim. Pada akhirnya dia akan dianggap tak memiliki daya pengaruh dan tak bisa lepas dari bayang-bayang Jokowi.

“Ganjar tidak bisa menolak titah PDIP. Ketika diperintah untuk lantang menolak tim Israel, pasti lantang dia suarakan. Giliran Jokowi izinkan Israel main, bisa apa Ganjar dan PDIP?” kata Iqbal.

https://beritajatim.com/politik-peme...ip-dan-jokowi/


Maju kena , mundur kena.
Jokowi tolak israel = pdip kehilangan suara suporter sepakbola.
Jokowi terima israel = pdip kehilangan suara krna dianggap ngga punya pengaruh kuat di pemerintahan , capres yang dipilih jokowi bisa jadi kehilangan suara
Diubah oleh rinne.shira 28-03-2023 07:45
scorpiolama
lubizers
adolfsbasthian
adolfsbasthian dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan