Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
MUI Bali Sesalkan 2 Warga Muslim yang Nekat Langgar Aturan Nyepi


Denpasar - Majelis Ulama Indonesia Bali menyayangkan aksi 2 warga muslim Sumberklampok yang mencoreng kekhusyukan Hari Raya Nyepi dengan melawan pecalang dan memaksa masuk ke pantai.

Ketua MUI Bali, Mahrusun Hadiyono menegaskan lembaganya telah mengupayakan agar ibadah Nyepi dan salat tarawih yang bersamaan pada 22 Maret 2023 berjalan lancar. Sayangnya, ibadah ini tercoreng dengan dua kejadian viral di Sumberklampok, Buleleng.

"Ada masyarakat pas Nyepi ingin mancing, itu di luar yang selama ini kami bicarakan. Kami akan terus melakukan edukasi ke masyarakat supaya tidak terulang," kata Hadiyono di acara buka puasa bersama pengurus MUI Bali dan BAZNAS/Laz Bali, Sabtu (25/3/2023) kemarin.

Kejadian tersebut, lanjutnya, di luar perkiraan. Pasalnya, warga telah dikumpulkan dan diberi arahan untuk taat kepada aturan saat Nyepi.

"Kenapa itu bisa terjadi, padahal sebelumnya sudah dikumpulkan oleh kelian dinas. Malah keluar mau mancing, kalau mau beribadah sih nggak apa-apa," cetusnya.

Baca juga: Dua Warga Ngotot Healing di Pantai Saat Nyepi Minta Maaf

MUI Bali mengimbau seluruh warga Muslim di Bali untuk tetap tenang dan khusyuk beribadah di bulan Ramadan dan tidak terpengaruh peristiwa-peristiwa yang memecah kerukunan umat beragama.

Sebelumnya, warga Desa Sumberklampok, Gerokgak, Buleleng, melawan barisan pecalang yang berjaga saat Nyepi. Mereka keluar rumah untuk berekreasi ke Pantai Prapat Agung. Bahkan, puluhan warga bersorak ketika mereka sukses menembus penjagaan pecalang.

Kedua warga yang jadi pentolan dan provokator atas nama Ahmad Zaini dan Muhammad Rasyad akhirnya meminta maaf. Namun Desa Adat Sumberklampok memutuskan akan tetap memroses hukum 2 warga itu.

https://travel.detik.com/travel-news...r-aturan-nyepi

Mancing masalah
Proloque
aloha.duarr
paingrowing5405
paingrowing5405 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.9K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan