Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AntiluqmanAvatar border
TS
Antiluqman
Curhat Pengembang Game: Dapat Award, Eh Pialanya Kena Pajak


Jakarta- Belum lama ini viral curhatan Fatimah Zahratunnisa, soal piala menang kontes menyanyi di Jepang yang kena pajak ketika dikirim ke Indonesia. Namun ternyata ia tak sendirian, ada pihak lain yang juga mengalami nasib serupa.

Pihak yang dimaksud ialah pengembang game asal Indonesia, Toge Productions. Sang Founder, Kris Antoni, menceritakan pengalaman tidak mengenakkan saat studio gamenya memenangkan beberapa penghargaan.

Kris menyampaikan bahwa peristiwa ini terjadi pada tahun 2013. Saat itu, Toge Productions memenangkan award Flash Game Summit di San Francisco. Hanya saja dikarenakan ia dan timnya tak bisa pergi untuk menerima langsung, maka pialanya dikirim ke Indonesia.

Alih-alih bahagia karena pialanya akan segera diterima sesampainya di Tanah Air, Kris malah dikejutkan hal lain. Menurut keterangannya, ketika sudah sampai di Jakarta, pialanya kena pajak Bea Cukai lebih dari Rp 1 juta.

"Mau protes cuma dibilang 'barang yg di import mau beli atau gift gratis tetap kena pajak'. Gratis kena pajak tuh gimana? Karena orang awam ngga ngerti apa-apa, kita iya iya aja. Selama 2011-2013 kita menang award 3 tahun berturut2 di Amrik. Ya bayangin aja pajaknya berapa," tulis Kris, seperti dikutip detikINET dari akun Twitter-nya, Rabu (22/3/2023).

Tak sampai di situ, pengalaman pahitnya berlanjut ketika Toge Productions menjadi satu-satunya developer game Indonesia, yang mendapatkan Devkit untuk Nintendo Switch. Akan tetapi dirinya malah dianggap mau jualan.

"Tanpa alat Devkit itu mungkin game2 Indonesia kayak A Space for the Unbound nggak bakal ada di console. Devkit itu teknologi proprietary yg tidak bisa direplikasi di Indonesia. Kalo Indonesia mau maju, tech kayak gini harus dipermudah aksesnya. Ini malah dihambat negara sendiri," ujar Kris.

Kendati demikian, Kris mengaku beruntung karena sekarang ada Asosiasi Game Indonesia serta dukungan dari Kemenparekraf dan Kominfo. Meskipun sebenarnya masih harus melalui proses yang cukup ketat.

"Sudah sering dijegal becuk. Sampai physical copy game hasil karya sendiri yang buat kenang2an dan dikasih gratis sama publisher pun kena pajak," pungkasnya.

https://inet.detik.com/games-news/d-...nya-kena-pajak
bukan.bomat
aldonistic
maroonia
maroonia dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.5K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan