Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

letushAvatar border
TS
letush
Mata Minus dan Silinder: Perbedaan, Gejala, dan Pengobatan
https://racun.site

Mata Minus dan Silinder adalah dua jenis masalah mata yang umum terjadi. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan penglihatan kabur dan ketidaknyamanan saat melihat benda yang jauh atau dekat. Namun, meskipun keduanya dapat menyebabkan gejala serupa, perbedaan antara mata minus dan silinder sangat penting untuk dipahami karena kedua kondisi ini memerlukan perawatan yang berbeda.

Apa itu Mata Minus?

Mata minus, juga dikenal sebagai miopia, adalah kondisi di mana mata tidak dapat fokus pada objek yang jauh. Penderita mata minus biasanya memiliki bola mata yang terlalu panjang atau kornea yang terlalu melengkung. Hal ini menyebabkan cahaya yang memasuki mata untuk fokus di depan retina, bukan di atasnya, sehingga menghasilkan gambar yang kabur ketika melihat benda yang jauh.

Gejala Mata Minus

Gejala mata minus dapat meliputi:

Penglihatan kabur saat melihat benda yang jauh
Kesulitan membaca papan tulis atau layar monitor di depan ruangan kelas
Meraba atau memicingkan mata untuk melihat objek yang jauh
Sakit kepala yang terjadi setelah melihat benda jauh untuk waktu yang lama
Pengobatan Mata Minus

Pengobatan mata minus dilakukan dengan cara mengkoreksi refraksi mata menggunakan kacamata atau lensa kontak. Kacamata atau lensa kontak dengan lensa koreksi minus akan membantu mengalihkan cahaya yang masuk ke mata sehingga dapat fokus pada retina. Selain itu, terapi dengan menggunakan obat tetes mata atau operasi refraktif juga dapat dilakukan sebagai pengobatan mata minus.

Apa itu Silinder?

Silinder, atau astigmatisme, adalah kondisi di mana kornea mata tidak memiliki bentuk bola sempurna, melainkan bentuk oval atau toroidal. Hal ini menyebabkan cahaya yang memasuki mata untuk fokus pada beberapa titik di depan dan beberapa titik di belakang retina, sehingga menghasilkan gambar yang kabur dan tidak jelas.

Gejala Silinder

Gejala silinder dapat meliputi:

Penglihatan kabur atau samar pada semua jarak pandang
Mata terasa lelah atau mudah lelah saat membaca atau melihat layar komputer untuk waktu yang lama
Kesulitan membedakan huruf atau angka yang serupa, seperti 6 dan 8
Objek atau garis miring terlihat miring atau lengkung
Pengobatan Silinder

Pengobatan silinder dilakukan dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak dengan lensa koreksi silinder. Lensa koreksi silinder membantu mengubah bentuk cahaya saat memasuki mata, sehingga dapat fokus pada satu titik di retina. Jika astigmatisme parah, operasi refraktif dapat dilakukan untuk memperbaiki bentuk kornea.

Kesimpulan

Mata minus dan silinder adalah dua kondisi mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur dan tidak nyaman. Meskipun gejalanya mirip, penyebab dan pengobatannya berbeda.

https://racun.site
Diubah oleh letush 08-10-2023 05:48
0
1.1K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan