Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
KKB Kembali Berulah di Papua, Gedung SMP di Dekai Dibakar
KKB Kembali Berulah di Papua, Gedung SMP di Dekai Dibakar

[img]https: img.okezone.com content 2023 03 17 337 2782792 kkb-kembali-berulah-di-papua-gedung-smp-di-dekai-dibakar-I6OYnFczpt.jpg[/img]


JAYAPURA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membakar SMPN 2 Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan.

Aksi tersebut dilakukan pada Kamis (16/3/2023) dini hari. Sebelumnya, pada Minggu (12/3/2023) dini hari, mereka membakar gedung SD YPK Metanoia Dekai.

Polisi masih menyelidiki kasus tersebut. Sebelum kejadian sekitar Rabu malam sekitar pukul 21.30 WIT, anggota TNI-Polri sempat melaksanakan patroli mengelilingi kota Dekai dan setelahnya kembali ke Mako Polres Yahukimo untuk konsolidasi.

"Kamis dini hari terdengar laporan melalui handie talkie (HT) dari personel Brimob Polda Papua yang memberitahukan adanya api yang cukup besar membakar SMPN 2 Dekai,” jelas Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto di Jayapura, dilansir dari Antara.


Setelah mendengar laporan tersebut, personel kemudian langsung bergerak untuk merespon ke TKP untuk melakukan pengamanan serta pemadaman api.

Saat itu, api terus membesar dan karena kurangnya fasilitas, sehingga upaya pemadaman sulit dilakukan menyebabkan seluruh bangunan hangus beserta isinya.

Dua orang telah diamankan untuk dimintai keterangannya terkait kejadian tersebut yakni MW (26) dan EM (14).

“Kasus ini masih dilakukan penyelidikan dan berdasarkan keterangan pihak sekolah, kerugian diduga mencapai kurang lebih Rp2 miliar," jelas dia


Sebagai informasi, pada Rabu (1/3/2023), terjadi kontak tembak antara KKB dengan prajurit Kodim 1715 Yahukimo di Dekai menyebabkan seorang prajurit gugur yaitu Pratu LW, dan tiga terluka tembak yakni Pratu NS, Sertu RS dan Komandan Kodim 1715 Letkol Inf Yohanes Tethool.

Lalu, Sabtu (11/3/2023) KKB menembak pesawat Trigana yang membawa penumpang 66 orang dari Dekai tujuan Jayapura.

Kemudian Minggu (12/3/2023) malam, KKB membakar SD YPK Metanoia dan Kamis dini hari membakar SMPN 2 Dekai.
https://nasional.okezone.com/read/20...dibakar?page=2
Teroris kembali membakar sekolah

261 Warga Yahukimo Terbang ke Jayapura Pakai Pesawat Hercules Usai Teror KKB

Jonh Roy Purba - detikSulsel
Jumat, 17 Mar 2023 12:30 WIB

Foto: Sebanyak 261 warga di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan terpaksa menggunakan pesawat hercules menuju Jayapura. (dok.istimewa)
Yahukimo - Sebanyak 261 warga di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan terpaksa menggunakan pesawat Hercules menuju Jayapura. Hal ini karena tidak ada lagi pesawat komersial yang terbang ke Bandara Dekai usai teror kelompok kriminal bersenjata (KKB).
"Tidak beroperasinya pesawat komersial pascarentetan kejadian di Yahukimo membuat warga yang seharusnya berangkat karena keperluan pribadi, keluarga atau dinas menjadi terhambat, oleh karena itu mereka memanfaatkan pesawat hercules ke Jayapura dari Yahukimo," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat (17/3/2023).

Benny menuturkan pesawat udara Hercules A-1315 tipe C-130 milik TNI-AU terbang sebanyak 2 kali mengangkut 261 warga yang hendak ke Jayapura pada Kamis (16/3) kemarin. Benny menegaskan warga ke Jayapura karena ada keperluan yang tertunda sehingga memanfaatkan pesawat Hercules milik TNI.

"Kami tanya kepada warga, seperti yang disampaikan Bur, dirinya berangkat karena akikahan anaknya di Makassar yang dimana seharusnya berangkat pada hari Minggu lalu, namun karena tidak ada pesawat ke Yahukimo jadinya tertunda sehingga ini merupakan kesempatannya untuk berangkat," ujar Benny.

Benny menambahkan warga yang ke Jayapura bukan hanya pendatang, melainkan ada juga warga asli Yahukimo. Salah satunya James Mirin yang ke Jayapura karena ingin melanjutkan pendidikan di Universitas Cendrawasih (Uncen).

"Dia mau lanjut kuliah jurusan guru di Uncen karena penerbangan yang susah dan ada kesempatan menggunakan pesawat hercules, dia langsung ikut agar tidak tertinggal pada saat melaksanakan kuliah nantinya," ujar Benny.

Benny memastikan warga ke Jayapura bukan karena takut dengan banyaknya aksi teror yang dilakukan KKB di Yahukimo. Melainkan ada kebutuhan yang mengharuskan untuk melakukan penerbangan ke luar Yahukimo.

"Tidak semua warga meninggalkan Kota Dekai karena takut dengan adanya situasi keamanan, tetapi mereka memang ada urusan yang perlu diselesaikan sehingga menunggu pesawat Hercules sebagai moda transportasi udara," ujarnya.

Benny menambahkan soal keamanan di Yahukimo, Polda Papua telah menambahkan personel untuk membackup Polres Yahukimo dalam pemulihan kamtibmas. Sebanyak 60 Personel telah diterbangkan ke sana.

"Sebanyak 40 personel Brimob serta 20 personel TNI telah tiba di Yahukimo dari Jayapura dan Timika hari ini untuk penambahan perkuatan dengan menggunakan pesawat hercules dan kemudian pesawat tersebut ditumpangi oleh masyarakat Yahukimo untuk turun ke Jayapura," tutupnya.


Maskapai Setop Penerbangan
Diketahui, maskapai Trigana Air dan Wings Air menyetop layanan penerbangan ke Dekai sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini menyusul ditembaknya pesawat Trigana Air oleh KKB saat hendak mendarat di Bandara Nop Golia Dekai, Yahukimo pada Sabtu (11/3).

"Wings Air akan kembali melayani penerbangan ke Dekai setelah ada jaminan keamanan," kata Kepala Operasional Lion Air Suprihatin dilansir dari Antara, Senin (13/3).

Diketahui, pesawat Trigana Air yang membawa 66 penumpang ditembak KKB di Bandara Nop Goliat Dekai, Yahukimo pada Sabtu (11/3) sekitar pukul 13.35 WIT. Pesawat itu ditembaki sebanyak sembilan kali, yakni empat kali saat landing dan lima kali saat take off.


https://www.detik.com/sulsel/berita/...sai-teror-kkb.
Efek teroris Papua membuat masyarakat di pedalaman terganggu
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
731
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan