wayaobatnyamukAvatar border
TS
wayaobatnyamuk
"Virgo and The Sparklings" Kesulitan Tembus 60rb Penonton, Apa Masalahnya?
Konten Sensitif


Bumilangit Cinematic Universe/ Jagat Sinema Bumilangit kini sudah berjalan selama kurang lebih hampir 4 tahun sejak "Gundala" dirilis. Dan total, 3 film sudah dirilis oleh universe satu ini. Dimulai dengan "Gundala" (2019), "Sri Asih" (2022), dan yang paling baru diproduksi, "Virgo and The Sparklings" (2023).


Berbeda dengan "Gundala" dan "Sri Asih" yang sebelumnya terasa lebih berat, darkdan dewasa dari segi tone-nya, "Virgo and The Sparklings" hadir dengan warna berbeda dari 2 pendahulunya tersebut. Film ini membawa tema remaja, dengan permasalahan yang juga meliputi masalah anak muda. Sepertinya BCU ingin mencoba merangkul lebih banyak jenis penonton dengan menyajikan film yang ramah untuk remaja.

Namun, hingga threadini dibuat, yaitu 14 Maret 2023, Film ini terdata baru mampu meraih sekitar 66.000 penonton dari seluruh Indonesia. Dan film ini juga sudah mulai mengalami pengurangan layar di beberapa bioskop. Padahal total penayangan film ini baru 12 hari, bahkan belum mencapai 2 minggu. source




Sebagai perbandingan, "Gundala" hanya butuh 1 hari untuk berhasil mendapatkan 174.000 penonton, 4 hari untuk bisa meraih 705.000 penonton dari seluruh Indonesia, dan meraih total penonton sebanyak 1.699.433 di akhir penayangannya di bioskop. source

Dan "Sri Asih", meskipun performanya tidak seimpresif "Gundala", tapi juga mampu mengundang sebanyak 82.000 penonton ke teater di hari pertamanya rilis, dan total 570.019 penonton di akhir penayangannya di bioskop. Sebuah hasil yang jomplang jika dibandingkan dengan "Virgo and The Sparklings" dalam 12 hari penayangannya.

Setelah melihat data di atas, kira-kira masalah apa yang membuat performa film ketiga Bumilangit Cinematic Universeini tidak sesuai ekspektasi? Ini beberapa alasan yang menurut ane bisa menjadi penyebabnya :

1. Minim Marketing

Quote:


2. Target tidak sesuai harapan

Quote:


3. Genre Superhero tidak cocok di Indonesia

Quote:

Itulah kira-kira 3 hal yang menurut ane bisa menjadi pemicu kurangnya performa "Virgo and The Sparklings" di bioskop Indonesia ini. Kalo menurut agan-agan yang lain bagaimana? Apakah setuju dengan ane, atau ada pendapat lain yang mungkin belum ada dalam tulisan ini? Silahkan tulis di komen ya!

Secara pribadi, ane berharapnya Bumilangit Cinematic Universeini tentunya bisa terus berlanjut. Karena selain memberikan warna genre berbeda di antara genre drama dan horror yang sudah sering mengisi bioskop-bioskop Indonesia, BCU ini juga sedang pada tahap mulai membangun visi untuk universe-nya. Jadi sangat disayangkan kalau projeknya harus berhenti karena performa yang selalu tidak sesuai harapan.

Projek terdekat BCUselanjutnya adalah "Tira" yang akan tayang di Disney+ Hotstar. Teaser trailer sudah dirilis, namun masih belum ada tanggal pasti kapan akan dirilis.

Semoga "Tira" bisa menjadi pemicu kebangkitan dari BCUini nantinya.




Terima kasih kepada semua yang sudah membaca tulisan ane ini, silahkan komen di bawah tentang pendapat agan! Ciao.

Diubah oleh wayaobatnyamuk 14-03-2023 11:19
deadpo0l
janurhijau
janurhijau dan deadpo0l memberi reputasi
2
2.4K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan