Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
Polisi Tahan 1 Anggota KKB Terkait Penembakan Trigana Air di Bandara Dekai


Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 13 Mar 2023 15:37 WIB

Foto: dok. Istimewa
Jakarta - Polisi awalnya menangkap tujuh orang terkait penembakan Trigana Air di Bandara Nop Goliath Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua. Kini satu dari tujuh orang berinisial EG itu ditahan.
Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan EG memang tergabung dalam kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Kop Tua Heluka Batalion Yamue. Sementara enam lainnya telah dipulangkan.

"Untuk 1 orang yang masih ditahan, diketahui keterlibatannya dalam kelompok kriminal bersenjata, yakni EG (23) yang tergabung dalam KKB KODAP XVI Pimpinan Kopi Tua Heluka Batalion Yamue," kata Benny kepada wartawan, Senin (13/3/2023).

Benny mengatakan EG hingga kini masih diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui siapa dalang penembakan tersebut. Namun belum bisa dipastikan EG sudah ditetapkan sebagai tersangka atau belum.

Polres Yahukimo telah menangkap tujuh orang terkait penembakan pesawat Trigana Air PK-YSC yang take off di Bandara Nop Goliat Dekai. Ditemukan juga beberapa senjata tajam seperti pisau hingga busur saat ketujuh orang itu diamankan.

"7 (tujuh) orang dan beberapa barang bukti kami amankan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari barang bukti senjata api yang dipakai untuk melakukan penembakan," kata Kabid Humas Polda Papua Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Sabtu (11/3).

Benny mengatakan barang bukti yang disita di antaranya 3 unit motor Vario warna hitam, Beat warna hitam, Supra X warna merah hitam. Lalu, 1 buah panah, 1 buah pisau, 1 buah sabit, 1 buah busur, 1 buah sangkur.

Sebelumnya, pesawat Trigana Air ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Sebanyak 66 penumpang Trigana Air itu selamat hingga mendarat di Bandara Sentani.

Dilansir Antara, Sabtu (11/3), pesawat tipe Boeing IL 222 Seri 300 dengan nomor penerbangan PK-YSC ditembak sesaat setelah terbang. Pesawat itu terbang sekitar pukul 14.06 WIT.

https://news.detik.com/berita/d-6616...bandara-dekai.
Layak dihukum berat karena membahayakan jiwa puluhan orang

Pengamanan Bandara Dekai Diperketat Buntut KKB Tembaki Trigana Air

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Senin, 13 Mar 2023 15:25 WIB

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo (dok. Istimewa)
Jakarta - Polisi mempertebal personel untuk mengamankan Bandara Nop Goliath Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, setelah terjadi penembakan Trigana Air oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Polisi menyebut situasi terkini terbilang kondusif.
"Untuk situasi di Kota Dekai hingga saat ini telah kondusif dan berjalan aman, puluhan aparat gabungan TNI/Polri juga terus melakukan penyisiran dan pengamanan di area Bandara Nop Goliat Dekai walaupun belum adanya aktifitas penerbangan agar tidak kembali terjadi hal seperti demikian. Kami juga akan melakukan penebalan personel Brimob di Kabupaten Yahukimo dan akan segera kami geser," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Senin (13/3/2023).

Benny mengatakan pengamanan di Bandara Dekai dilakukan secara terbuka dan tertutup. Pengamanan itu meliputi area penumpang, parkiran pesawat, area kargo, runway, hingga di luar area pendaratan dan lepas landas di seberang Sungai Brasa.

"Tentunya pengamanan yang kami lakukan ini melibatkan Personil Polres Yahukimo, Tim Lidik Satgas Damai Cartenz serta Personil TNI Kodim 1715 Yahukimo dan rencananya akan ditambah oleh 2 sst Brimob yang akan diterbangkan menuju Yahukimo untuk mengantisipasi serangan KKB terhadap pesawat yang akan beraktivitas nantinya," terangnya.

Polres Yahukimo telah menangkap tujuh orang terkait penembakan pesawat Trigana Air PK-YSC yang take off di Bandara Nop Goliat Dekai. Ditemukan juga beberapa senjata tajam, seperti pisau dan busur, saat ketujuh orang itu diamankan.

"Tujuh orang dan beberapa barang bukti kami amankan guna dilakukan penyelidikan lebih lanjut dan mencari barang bukti senjata api yang dipakai untuk melakukan penembakan," kata Kabid Humas Polda Papua Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo kepada wartawan, Sabtu (11/3).

Benny menyebut barang bukti yang disita di antaranya 3 unit motor Vario warna hitam, Beat warna hitam, dan Supra X warna merah hitam. Lalu, 1 buah panah, 1 buah pisau, 1 buah sabit, 1 buah busur, dan 1 buah sangkur.

Sebelumnya, pesawat Trigana Air ditembaki kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Bandara Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan. Sebanyak 66 penumpang Trigana Air itu selamat hingga mendarat di Bandara Sentani.

Dilansir Antara, Sabtu (11/3), pesawat tipe Boeing IL 222 Seri 300 dengan nomor penerbangan PK-YSC ditembak sesaat setelah terbang. Pesawat itu terbang sekitar pukul 14.06 WIT.

https://news.detik.com/berita/d-6616...i-trigana-air.

Pengamanan bandara diperketat..
nomorelies
direktur.muda
direktur.muda dan nomorelies memberi reputasi
2
734
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan