Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Dugaan Manipulasi Oknum, Luqman: APBN RI Tembus Rp10 Ribu Triliun Jika Tidak Dikorups
Dugaan Manipulasi Cukai Rokok Oknum Bea Cukai Mencuat, Luqman Hakim: APBN RI Tembus Rp10 Ribu Triliun Jika Tidak Dikorupsi




JAKARTA — Anggota DPR Fraksi PKB Luqman Hakim mengatakan, pendapatan negara bisa tembus Rp10.000 Triliun jika tak ada korupsi.

Namun karena kondisi korupsi yang gila-gilaan di Indonesia, Luqman menyebut, pendapatan hanya sampai di angka Rp3.000 Triliun.

“Jika tidak ada korupsi pendapatan negara yang gila-gilaan, APBN kita minimal bisa Rp. 10.000T, bukan hanya Rp. 3.000T seperti saat ini,” ucapnya dalam unggahannya di Twitter, Sabtu, (11/3/2023).

Bahkan kata dia, APBN Rp3.000 Triliun sebagian masih bersumber dari utang.

Menurutnya, jika APBN bisa tembus Rp10.000, maka rakyat Indonesia menjadi yang terkaya di dunia.

“Btw, APBN Rp. 3.000T pun sebagian bersumber dari utang lho. Jika APBN Rp. 10.000T/tahun, rakyat NKRI akan jadi paling makmur se jagat raya. Mau gak?,” tandas anak buah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) ini.

Pernyataan Luqman inu merespons kicauan Partai Socmed yang mengungkap adanya dugaan manipulasi cukai rokok dan peran oknum bea cukai.

Dalam akun itu, Partai Socmed menyebut hubungan antara kenaikan cukai rokok dengan pemulihan defisit BPJS sebenarnya tak ada. Hanya saja, kenaikan cukai rokok memang meningkatkan pendapat negara.


Menurutnya, kenaikan pendapatan negara dari cukai rokok ini sebenarnya bisa dimaksimalkan bahkan tanpa menaikkan cukai rokok apalagi dengan dinaikkan. Kuncinya adalah para pegawai Bea Cukai bekerja secara jujur dan amanah.

Dia mengungkap bahwa, sering jadi masalah adalah adanya oknum-oknum Bea Cukai yang cuma galak terhadap pengusaha rokok kecil tapi melempem bahkan terindikasi bekerja sama dengan pemain rokok besar yang nakal.

Dia mencontohkan yang paling mencolok mata adalah yang terjadi di Pasuruan. Terdapat indikasi pembiaran manipulasi cukai rokok oleh pihak Bea Cukai kepada group PT. RMS yang dipimpin oleh Rokhmawan yang jadi kaya raya itu.

Modusnya kata dia bisa dengan kecurangan peruntukan pita cukai, rokok SKM ditempel cukai SKT.

“Rokhmawan ini dulu pernah dipenjara karena kasus rokok ilegal tapi setelah bebas dia bermain lebih halus. Bukan lagi jual rokok tanpa cukai tapi menggunakan cukai rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) yang jauh lebih murah untuk rokok SKM (Sigaret Kretek Mesin) produksinya,” ungkapnya.

Dia menjelaskan perbedaan tampilan cukai SKT dan SKM. Kertas cukai SKT memanjang dan karenanya ditempel di pinggir kemasan, sedangkan kertas cukai SKM tidak panjang dan biasanya ditempel di badan kemasan.

Mengenai harga cukai rokok terdapat perbedaan yang menyolok antara SKM dan SKT. SKM 600 perbatang sedangkan untuk SKT cuma 120 perbatang.

“Nah disparitas harga inilah yang memunculkan peluang kerja sama yang saling menguntungkan antara pengusaha dan oknum Bea Cukai tapi merugikan negara,” ujarnya.

Dia mencoba menghitung dari sisi kerugian negara. Permainannya seperti ini, sekali kirim 1 fuso bisa 200 karton dengan perhitungan seharusnya jika resmi harga per batang 600 x 20 batang. 12.000 cukai resmi belum PPN.

“Q2.000 x 800bungkus (1karton)= 9.600.000
9.600.000 x 200 = 1.920.000.000,” ucapnya.

Dikatakan, permainan mereka disini menggunakan pita SKT (kretek tangan)
12 x 120 per batang sama dengan 1.440, 1.440 x 800 sama dengan 1.152.000 dan 1.152.000 x 200 sama dengan 230.000.000.


“Dari satu kali kirim, negara harusnya mendapatkan Rp1,9 M, disini hanya dapat 230 Juta,” tambahnya.

Dia membeberkan produk-produk rokok group PT RMS. Pasalnya, rokok mereka jelas-jelas rokok jenis SKM.

Dia memprediksi kemungkinan setelah ini akan ada yang berdalih sambil mengeluarkan bukti rokok mereka sudah pakai cukai SKM.

“Maka kami berikan bukti review ini. Jelas itu pita cukai SKM. Sengaja kami download agar jika video youtube-nya dihapus tetap masih tersimpan,” lanjutnya.

Lebih jauh kata dia, agar kongkalikong ini berjalan langgeng maka target penerimaan cukai harus tetap tercapai. Caranya dengan main cantik. Pengusaha-pengusaha rokok tersebut juga tetap punya kewajiban sebagian pakai cukai SKM, tidak boleh seluruhnya SKT.

Semua happy tapi dibalik itu tujuan pemerintah menaikkan cukai rokok untuk mengurangi jumlah perokok sekaligus menambah pendapatan negara jadi terbengkalai. Padahal harusnya penerimaan negara bisa jauh lebih tinggi dari sekedar pencapaian target saja.

Menurutnya lagi, selain kerja sama yang bagus dengan oknum bea cukai, pengusaha rokok juga harus menjalin komunikasi yang akrab dengan pejabat daerah. Sedemikian akrabnya sehingga bisa cosplay jadi bupati.

Dengan selisih pembayaran cukai rokok yang sedemikian besar wajar jika pengusaha rokok jadi kaya raya, beli mobil sport seperti beli kacang goreng. Bahkan Inul pun menjulukinya Sultan.

Dia memaparkan, meskipun ia mengkritik praktek pelanggaran cukai rokok yang merugikan negara ini tapi kami juga memahami bahwa kenaikan cukai rokok yang gila-gilaan dari pemerintah belakangan ini adalah penyebab utama terjadinya permainan ini.



“Aebab jujur-jujuran saja pabrik rokok kecil yang tidak ikut permainan ini pasti akan mati jika mengikuti aturan cukai yang benar. Akibat kenaikan cukai rokok yang gila-gilaan mereka dipaksa ikut dalam permainan atau gulung tikar. Yang tersisa hanyalah pabrik-pabrik rokok raksasa atau yang mau main cukai,” tuturnya.

“Kecuali tujuan pemerintah memang mau membunuh pabrik rokok kecil dan memberi 'rezeki sampingan' pada oknum bea cukai maka harga cukai rokok SKM harus diturunkan namun target pencapaian cukai rokok SKM dinaikkan. Sehingga menutup potensi terjadinya kongkalikong oknum dan pengusaha,” tandasnya.


https://fajar.co.id/2023/03/12/dugaa...dak-dikorupsi/
Diubah oleh lowbrow 13-03-2023 05:12
BALI999
scorpiolama
bukan.bomat
bukan.bomat dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan