masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Sering Dengar Tapi Kurang Paham dengan Artinya? Ini Dia Sekilas Tentang Jet Lag
Sering dengar tentang istilah ini tapi belum paham dengan artinya?
Berikut penjelasan singkat tentang Jet Lag


Jet Lag, bagi Agan dan Sista yang sudah sering bepergian dengan menggunakan alat transportasi udara alias pesawat tentu pernah mengalami kondisi ini apa lagi saat terbang menuju ke negara-negara yang memiliki jarak perbedaan waktu dengan Indonesia.

Tapi mungkin untuk Agan Sista yang belum pernah bepergian jauh menggunakan pesawat keluar negeri sehingga tidak pernah mengalami perubahan zona waktu dalam waktu singkat sehingga bertanya-tanya apa itu sebenarnya Jet Lagyang sering disebut-sebut oleh para artis atau seseorang yang ditanya-tanya setelah pulang berlibur atau bepergian jauh dari luar negeri.

Untuk mengetahui tentang apa itu Jet Lag dan gejala yang dialami, berikut ini penjelasan singkatnya yang berhasil TS rangkum dari berbagai sumber.




Ngantuk pada waktu siang hari dan terjaga di waktu malam hari setelah melakukan perjalanan jauh menggunakan pesawat melewati beberapa zona waktu yang memiliki selisih atau perbedaan dengan tempat asal merupakan kondisi mengalami gangguan tidur alias Jet Lag.

Gangguan tidur ini dapat dikatakan sebagai sebuah kondisi yang normal dialami oleh tubuh manusia, karena memang tubuh manusia memiliki kebiasaan jam biologis yang harus menyesuaikan diri kembali saat mengalami perubahan waktu atau kondisi tertentu.

Jam biologis tubuh disebut juga dengan irama sirkadian, dimana seseorang akan mengalami gangguan tidur karena perubahan zona waktu yang cepat sehingga membuat seseorang terjaga pada waktu malam dan tertidur pada waktu siang hari. Semakin jauh jarak perbedaan waktu antara negara asal dengan negara tujuan atau semakin banyak zona waktu yang dilewati, maka akan semakin lama seseorang dapat mengalami Jet Lag.

Adapun beberapa faktor penyebab Jet Lagselain perubahan zona waktu yaitu kondisi pesawat yang kurang nyaman, perubahan tekanan udara dalam kabin pesawat, dan mengkonsumsi alkohol yang terlalu banyak saat dalam perjalanan jauh.

Gangguan tidur karena Jet Lag sendiri dapat sembuh dalam beberapa waktu tergantung dengan seberapa jauh zona waktu yang dilewati oleh seseorang. Bisa sembuh dalam waktu 1 sampai dengan 5 hari tergantung sistem biologis seseorang dalam menyesuaikan terhadap zona waktu yang baru.



Kurang lebih seperti itulah GanSis sekilas tentang penjelasan terkait istilah Jet Lag yang mungkin sering kalian alami sendiri atau dengar dari orang-orang yang kerap bepergian jauh dengan pesawat.

Meskipun TS pribadi belum pernah bepergian jauh lewat jalur udara dengan pesawat, tetapi menurut beberapa cerita pengalaman dari teman-teman yang sudah sering bepergian jauh dengan zona waktu yang berbeda dengan negara Indonesia, Jet Lag dapat dicegah dengan cara beristirahat cukup sebelum berangkat bepergian, mengatur pola jam tidur selama beberapa hari sebelum jam keberangkatan, atau dengan memilih jam penerbangan yang tepat dan sesuai dengan jam biologis sehingga Agan Sista tidak perlu untuk menyesuaikan diri dengan waktu yang baru di tempat yang dijadikan sebagai tujuan.

Mungkin Agan Sista disini ada yang memiliki pengalaman dan ingin berbagi tips mencegah atau mengobati gangguan tidur akibat Jet Lag?
Sangat diperkenankan untuk di-share agar bisa dijadikan solusi bagi Agan Sista yang sering mengalami Jet Lag saat bepergian jauh.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
fathroni
davecchio
koi7
koi7 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.5K
130
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan