lowbrowAvatar border
TS
lowbrow
Depo BBM Nempel Permukiman Solo, Kini Jadi Masjid Sheikh Zayed


Solo, CNN Indonesia -- Kebakaran Depo BBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, yang menimbulkan korban belasan jiwa warga memicu kekhawatiran soal keamanan obyek tersebut yang berada dekat permukiman.

Ternyata bukan hanya di Plumpang saja, di sejumlah daerah pun Depo BBM Pertamina ada pula yang dekat atau menempel dengan kawasan permukiman. Pun demikian pernah juga di Solo, Jawa Tengah.

Namun, Depo Pertamina di Kota Budaya yang dekat kawasan permukiman itu ternyata sudah ditutup ketika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) masih menjadi wali kota di sana.

Eks lahan Depo BBM di Solo itu berimpitan dengan permukiman di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari. Kala itu hanya tembok tinggi dan gang sempit yang memisahkan areal Depo dengan rumah-rumah warga Gilingan.

Depo Gilingan ditutup setelah Depo Pertamina di Teras, Boyolali resmi beroperasi pada 2008 silam. Kala itu Jokowi masih Wali Kota Solo dan Wakil Wali Kota adalah FX Hadi Rudyatmo.


"Karena Depo di Boyolali itu lebih besar, Depo yang di Gilingan sudah tidak difungsikan lagi," kata salah satu wartawan senior di Solo, Tok Suwarto, Selasa (7/3).

Tok, sapaan akrabnya, menceritakan kala itu diwartakan Pertamina menghentikan operasional Depo Gilingan karena dinilai tidak efisien.

BBM dari Cilacap harus dikirim ke Depo Gilingan menggunakan kereta api atau truk tangki bahan bakar. Padahal Pertamina saat itu ingin membangun jaringan pipa distribusi dari Cilacap menuju beberapa area.

"Di Gilingan sudah tidak mungkin dibuat perpipaan. Karena harus melewati banyak kawasan permukiman, biayanya jadi mahal. Kalau di Boyolali kan dia bisa lewat sawah-sawah," katanya.

Menjelma Jadi Masjid Raya Sheikh Zayed
Setelah ditutup, area eks Depo Gilingan yang luasnya sekitar 2,8 hektare itu sempat 'menganggur' hingga dipenuhi semak belukar.

Pada 2012 silam, Pertamina sempat berencana membangun Hotel dan Convention Center di lahan eks-Depo Gilingan. Rencananya, hotel akan dibangun dengan taraf bintang tiga atau empat. Selain hotel, lahan tersebut juga akan digunakan menjadi kawasan meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE) dan kawasan wisata kuliner.

Namun rencana pembangunan hotel dan convention center itu batal. Tak jelas apa alasan Pertamina membatalkan rencana investasi tersebut.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...d-sheikh-zayed
sorken
bhagarvani
bhagarvani dan sorken memberi reputasi
2
2.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan