masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
16 Hari Jelang Bulan Ramadhan, Tahu Apa Saja yang Harus Mulai Untuk Dipersiapkan?
Jelang Ramadhan banyak hal yang harus mulai dipersiapkan, Agan Sista tahu apa saja?


Bulan Ramadhan, adalah bulan spesial bagi umat Islam di seluruh dunia karena pada bulan kesembilan dalam kalender Hijriyah ini Nabi Muhammad SAW mendapatkan wahyu pertama dan dibulan ini pula umat muslim memperingatinya dengan menjalankan rukun Islam yang ke-empat yaitu berpuasa.

Tentu bagi umat muslim yang beriman mereka akan sangat menanti-nanti dan rindu dengan datangnya bulan Ramadhan atau bulan puasa. Bukan hanya rindu akan segala macam aktivitas yang ada di dalamnya, melainkan rindu akan indahnya bulan Ramadhan yang datang dengan banyak fadhilah untuk orang-orang yang menjalankan ibadah wajib dan sunnah dengan mengharapkan keridhoan Allah.

Pada bulan Ramadhan amal ibadah dilipatgandakan dan dosa-dosa diampuni, bentuk kecintaan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang patuh dan taat.

Membahas tentang kesakralan dan sucinya bulan Ramadhan yang dinanti-nanti, apa yang harus dipersiapkan agar dapat beribadah dengan khusyuk?

Berikut ini beberapa hal yang harus mulai untuk dipersiapkan.




1. Persiapan Mental

Bulan Ramadhan atau bulan puasa umat muslim akan dicoba dengan beberapa cobaan diantaranya menahan lapar dan dahaga.

Tentu menahan lapar dan dahaga ini bukan perkara yang mudah, karena bukan hanya harus menahan dari makan dan minum melainkan juga menahan hawa nafsu, emosi, dan menjauhkan diri dari berkata tidak baik yang membuat hilangnya keridhoan Allah.

Mental harus benar-benar dipersiapkan dengan baik, jangan sampai bulan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa ada refleksi terhadap diri sendiri dan juga kurang maksimal di dalam beribadah kepada Allah SWT.

2. Persiapan Finansial

Masih berkaitan dengan menahan lapar dan dahaga, tentu persiapan finansial akan sangat lebih baik jika Agan Sista memiliki tabungan khusus untuk bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Tabungan ini bukan sekedar hanya untuk mencukupi kebutuhan makanan dan minuman berbuka puasa agar tidak kepikiran bekerja keras di bulan Ramadhan, melainkan juga dipersiapkan untuk memberikan santunan kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan serta mencukupi kebutuhan zakat fitrah yang harus dikeluarkan di akhir bulan Ramadhan.

3. Mempersiapkan Fisik

Persiapan fisik, ini juga tidak kalah penting untuk diperhatikan agar Agan dan Sista dapat dalam keadaan sehat selama menjalankan ibadah puasa satu bulan lamanya.

Bagi Agan dan Sista yang memiliki keluhan terhadap penyakit lambung atau apapun itu, tentu harus mulai diperhatikan sedari sekarang apa-apa saja yang bisa digunakan untuk mencegah agar penyakit tersebut tidak kambuh saat nanti menjalankan ibadah puasa.

4. Melupakan Dendam

Selama kurang lebih satu tahun perjalanan sebelum datang bulan Ramadhan, tentu Agan Sista telah melewati banyak kisah perjalanan hidup yang berliku-liku.

Jika GanSis memiliki perasaan dendam atau perasaan tidak baik terhadap seseorang, maka segera leburkan perasaan tersebut, segera bertaubat memohon ampunan, dan meminta maaf jika memang ada kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Hal ini perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum datang bulan Ramadhan karena harapannya saat nanti telah datang bulan suci penuh ampunan tersebut kita semua dapat fokus untuk menjalankan ibadah karena Allah.



Itulah tadi GanSis beberapa hal yang perlu untuk dipersiapkan sebelum datangnya bulan Ramadhan yang kurang lebih tinggal 16 hari lagi.

Bagi Agan dan Sista yang memiliki "utang" puasa dari bulan Ramadhan di tahun sebelumnya, mengqadha puasa wajib hukumnya wajib dan tidak bisa dibatalkan kecuali ada udzur yang dibenarkan oleh syariat sebagaimana udzur puasa Ramadhan itu sendiri.

Mudah-mudahan di bulan Ramadhan 1444 Hijriyah ini kita semua dapat diberikan kemudahan, kesabaran, serta kelancaran agar dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk hanya untuk berharap keridhoan Allah SWT.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
abunabil19
agamnaufal
arsenalkufc
arsenalkufc dan 18 lainnya memberi reputasi
19
3.5K
112
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan