masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Sombong, Ini Dia Alasan Kenapa Seseorang Memiliki Karakter Sangat Pendiam
Tidak menyapa bukan berarti sombong, ini dia alasan kenapa seseorang memiliki sifat dan karakter pendiam


Seseorang dengan karakter pendiam, pasti Agan dan Sista sering menganggap mereka sebagai sosok yang sombong karena jarang berbicara dengan orang lain bahkan sekedar untuk menyapa atau basa-basi saja.

Mereka yang memiliki sifat pendiam tentu sudah sangat terbiasa saat dipandang sebagai seseorang yang sombong, sebab mereka juga enggan untuk membantah akan tuduhan tersebut meskipun itu tidak benar karena mereka hanya merasa nyaman untuk berbicara seperlunya dan di saat memang penting harus berbicara saja.

Tentu antara pendiam dan sombong ini sebenarnya ada perbedaan yang cukup jauh GanSis. Bisa dikatakan orang sombong adalah seseorang yang memiliki kecenderungan membanggakan diri sendiri dan merendahkan orang lain, tidak mau bertanya dengan orang yang berstatus finansial di bawah mereka, dan hanya mau bersosialisasi dengan orang-orang yang berstatus atau strata yang sama.

Berbeda dengan orang yang pendiam, mereka diam bukan karena ingin menunjukkan kelas sosial melainkan karena memang membatasi diri terlibat di dalam pembicaraan yang sekiranya mereka tidak dimintai tanggapan atau pendapat.

Lalu apa alasan seseorang bisa menjadi sangat pendiam?
Berikut ini beberapa alasannya.




1. Malu

Seseorang bisa menjadi sangat pendiam saat mereka memiliki karakter atau sifat malu yang tinggi.

Malu untuk menyapa terlebih dahulu, enggan untuk ikut nimbrung di dalam sebuah pembicaraan, merupakan alasan pertama kenapa seseorang menjadi sangat pendiam.

2. Tidak Percaya Diri

Merasa tidak percaya diri juga bisa menjadi salah satu alasan kenapa seseorang bisa menjadi sangat pendiam.

Mereka yang tidak percaya diri akan sangat sulit untuk bisa berbaur dengan orang lain karena merasa tidak pantas meskipun orang sekitar tidak mempermasalahkan akan hal tersebut.

3. Malas Basa-basi dan Ghibah

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk menjadi pendiam karena mereka merasa banyak omong yang kurang perlu itu adalah basa-basi dan memiliki kecenderungan membawa pada pembahasan ghibah atau membicarakan orang lain yang tidak ada di dalam pembicaraan.

4. Takut Salah Bicara

Merasa takut salah bicara, juga menjadi salah satu alasan kenapa seseorang akhirnya memutuskan untuk menjadi pendiam.

Mungkin bagi sebagian orang bisa dengan mudah menganggap bahwa saat salah bicara maka tinggal meminta maaf, tapi tidak untuk seseorang yang memang memiliki perasaan yang peka, mereka takut salah bicara kemudian menyakiti hati orang lain itulah sebabnya mereka memutuskan untuk diam.



Jika Agan dan Sista masih ingat tentang satu pepatah yang menyebutkan bahwa diam itu emas, maka memang benar bahwa diam itu sangat berharga saat kondisi menuntut kalian untuk diam.

Banyak berbicara untuk hal-hal yang tidak penting atau hanya membicarakan keburukan maka itu hanya akan membawa pada masalah, dan diam lebih baik dari pada itu semua.

Saat seseorang menganggap orang pendiam itu sombong, maka sebenarnya mereka belum mengetahui perbedaan antara sombong dan pendiam.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
jiresh
bukan.bomat
Fey1985
Fey1985 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.8K
103
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan