Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Warga RI Utang ke Puluhan Pinjol, OJK Buka Suara


Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal menindaklanjuti masalah masyarakat yang bisa meminjam ke banyak pinjol. Salah satunya dengan melakukan sharing data antar-pemain untuk bisa mengetahui riwayat peminjaman pengguna.
Diberitakan beberapa waktu lalu, seorang pengguna meminjam hingga ke puluhan pinjol sekaligus. Ini membuat dia tidak bisa melunasi pinjamannya yang menggunung.

"Fenomena ini kita ketahui sudah cukup lama. Ini bahwa satu peminjam lebih dari satu platform. Tentu saja berdasarkan fenomena yang kita ketahui, kita tidak berdiam begitu saja," kata Kepala Departemen Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK, Triyono Gani dalam program Profit CNBC Indonesia, Senin (28/2/2023).

"Kita membuat Fintech Data Center (FDC). Kita mencoba sharing data antara para pemain, peran dari pengawas dalam hal ini OJK sebagai outsider".


Dia menjelaskan FDC digunakan untuk pemain peer-to-peer lendig dapat saling mengecek riwayat pinjaman calon peminjam. Untuk itu, Triyono memberikan beberapa pesan pada platform untuk membangun data center yang kredibel.

Salah satunya dengan membangun infrastruktur IT yang baik. Ini terkait keamanan, agar platform pinjol tak mudah diakses maupun dibobol.

"Apa yang harus kita lakukan? Mari kita bangun fintech data center yang kredibel. Mulai dari penyelenggara itu sendiri, mencoba untuk memiliki infrastruktur IT yang baik. Sehingga tidak mudah diakses dan dibobol," jelasnya.

Selain itu juga memberikan kontribusi secara proporsional. Triyono menegaskan perlu memegang aturan main yang telah ada.

"Setelah itu baru kontributor, istilahnya dari kita untuk kita. Oleh karena itu harus mengkontribusikan secara proporsional. Kita ingin mendapatkan data feedback harus kontribusi data semaksimal mungkin. Aturan main kita pegang teguh," ungkap Triyono

link

OJK Buka Suara gan
za4d1
scorpiolama
bukan.bomat
bukan.bomat dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.5K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan