Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rajin.meremasAvatar border
TS
rajin.meremas
Akun IG Sri Mulyani Diserbu, Ada yang Ngaku Pegawai Pajak, Tak Terima Instansinya





TRIBUN-MEDAN.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani diserbu netizen lantaran membubarkan klub moge Ditjen Pajak dan memberi peringatan keras kepada pegawai Ditjen Pajak yang suka pamer gaya hidup mewah.

Sejumlah warganet yang tidak diketahui apakah menyemprot Sri Mulyani lantaran juga pegawai pajak atau warga biasa.

Sikap tegas Sri Mulyani mendapatkan kecaman dari sejumlah warganet.

Komentar pedas warganet ke Sri Mulyani dapat dibaca di akhir artikel. Komentar pedas warganet itu disampaikan di kolom komentar Instagram Sri Mulyani, @smindrawati.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyentil Dirjen Pajak Suryo Utomo yang pamer motor gede berharga fantastis. Ia menyinggung pegawai Pajak yang kerap pamer gaya hidup mewah.

Menurut dia, beredarnya foto Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama para pegawai pajak tengah menaiki motor gede alias moge bareng klub BlastingRijder DJP telah menimbulkan kemarahan masyarakat.

"Kalau anda keliatan mewah bukannya anda keliatan keren malah rakyat marah dan anda dalam posisi defensif," kata Sri Mulyani dalam acara Economic Outlook 2023, Selasa (28/2/2023).

Ani menyampaikan, tindakan itu berpotensi menggiring persepsi negarif masyarakat terhadap Ditjen Pajak, meski barang mewah yang dipamerkan itu berasal dari uang halal.

"Kita manusia biasa yang ingin hidup kita kerja kita juga dihargai secara baik," kata Ani.

"Saya atas nama Kemenkeu, mereka yang sudah bekerja baik mereka adalah yang tersakiti paling dalam dari kasus ini," lanjutnya.

Bahkan, Ani mengatakan, seandainya alasan mengoleksi barang mewah adalah bertujuan untuk merefleksikan pribadi, dia justru merekomendasikan kegiatan itu dengan olahraga.

"Kalau alasan 'Bu saya kepingin sedikit rileks' ya sudahlah, sekarang naik motor gede. Jalan kaki saja sama saya, muter-muter Senayan itu sudah sehat, makan bubur ayam itu juga sehat," tegasnya.

Untuk diketahui, kekayaan pejabat pajak menjadi sorotan setelah mencuatnya kasus penganiayaan yang menimpa putra petinggi GP Ansor David Ozora.

Satu diantaranya, kegiatan Suryo Utomo yang memiliki komunitas motor gede di kalangan korpsnya itu mendapat sorotan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.


Sri Mulyani gerah dengan unggahan kegiatan komunitas Suryo Utomo yang memamerkan dirinya sedang mengendarai motor gede bersama komunitasnya.

Bahkan dalam foto yang telah dihapus tersebut, Suryo nampak mengendarai motor tanpa mengenakan helm. Sri Mulyani langsung meminta klub moge DJP untuk dibubarkan.


Sri Mulyani Punya Moge

Tren motor gede (Moge) turut menyita perhatian kaum hawa. Banyak tokoh perempuan mulai jatuh cinta dengan Moge, termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), Menkeu Sri Mulyani tercatat memiliki Honda Rebel 500 lansiran tahun 2019.

Moge ini disebut diperoleh berdasarkan hasil sendiri dengan nilai pasar diperkirakan mencapai sebesar Rp 145 juta.

Bukan hanya Sri Mulyani, beberapa pegawai Kemenkeu seperti Direktur Perpajakan Internasional Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Mekar Satria Utama dan Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh juga memiliki model ini.

Berbeda dari sang Menteri, keduanya meminang Honda Rebel keluaran tahun 2018 dengan nilai sekitar Rp 120 juta - Rp 130 juta.

Selain itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Pajak Peni Hirjanto juga diketahui meminang Rebel produksi 2019, dengan perkiraan harganya saat ini Rp 158 juta.

Dilansir dari website resmi Astra Honda Motor, Honda Rebel mempunyai ban lebar berpadu dengan siluet posisi berkendara yang rendah dan ramping.

Tampilan panel meter dengan LCD negative dan backlight biru yang mudah dibaca. Tangki dengan kapasitas 11,2 liter memiliki posisi mendongak dipadu dengan setang kemudi yang lebar, membuat pengendara dapat duduk dengan sempurna di atas motor.

Honda Rebel menggendong mesin 471cc 8-valve, liquid-cooled parallel twin-cylinder yang diambil dari mesin Honda CBR500R yang sporti.

Untuk menghadirkan kemampuan jelajah, telah dilakukan perubahan settingan sistem PGM-FI yang menghasilkan karakter berbeda.

Performa rpm tinggi pada CBR berubah menjadi output torsi bottom-end yang padat dengan penyaluran halus dan linear di seluruh rentang putaran.


Model ini memiliki torsi maksimum 43,6 Nm pada 5.500 rpm dan tenaga puncak 33,5 kW pada 8.500 rpm.

Untuk mendukung tampilan low-rider, rangka tubular Honda Rebel yang menopang mesin pada tiga titik dirancang seramping mungkin di area kaki pengendara.

Panjang trail diset pada 110 mm dengan 28° rake, garpu offset suspensi dengan sudut 30° dikombinasikan dengan jarak sumbu roda 1490 mm, menghasilkan ketinggian 690 mm jok rendah dan pijakan kaki tengah, untuk keseimbangan kemudi.

Rangka termasuk loop belakang inovatif yang memisahkan jok dari spatbor logam bertekstur, aluminium cor subframe bolt-on memberikan ruang lingkup lebih lanjut untuk kustomisasi.

Honda Rebel hadir dengan tiga warna pilihan yakni Matte Axis Gray Metallic, Matte Pearl Summit White dan Pearl Spencer Blue.

Moge ini ditawarkan ke konsumen Tanah Air dengan skem harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 191.960.000 - Rp 196.960.000.


Bersamaan dengan kasus penganiayaan oleh anak salah seorang pejabat Direktorat Jenderal atau Ditjen Pajak, Menteri Keuangan Sri Mulyani turut menyoroti pejabat lainnya yang kerap pamer gaya hidup mewah, termasuk Dirjen Pajak Suryo Utomo yang pamer motor gede berharga fantastis.

Ajang pamer yang mengundang persepsi negatif dari masyarakat itu membuat Sri Mulyani meminta pihak terkait untuk buka-bukaan perihal harta kekayaan.

Hal itu Sri Mulyani sampaikan langsung melalui sebuah unggahan di akun Instagram miliknya @smindrawati pada Senin (27/2/23).

“Beberapa hari ini beredar di berbagai Media cetak dan online foto dan berita Dirjen Pajak Suryo Utomo mengendarai Motor Gede (MoGe) bersama klub BlastingRijder DJP yaitu komunitas pegawai pajak yang menyukai naik motor besar,” tulis Sri Mulyani.

Berangkat dari hal itu, Sri Mulyani harus mengambil tindakan, termasuk membubarkan klub motor gede yang dinilai mencoreng kepercayaan masyarakat.

“Menyikapi pemberitaan tersebut, saya menyampaikan instruksi kepada Dirjen Pajak sebagai berikut:

1. Jelaskan dan sampaikan kepada masyarakat/publik mengenai jumlah Harta Kekayaan Dirjen Pajak dan dari mana sumbernya seperti yang dilaporkan pada LHKPN.

2. Meminta agar klub BlastingRijder DJP dibubarkan. Hobi dan gaya hidup mengendarai Moge - menimbulkan persepsi negatif masyarakat dan menimbulkan kecurigaan mengenai sumber kekayaan para pegawai DJP,”

Meskipun kendaraan mewah tersebut diperoleh dengan cara yang tak merugikan, Sri Mulyani menegaskan bahwa memamerkan harta kekayaan bukanlah tindakan yang patut dilakukan pejabat.

“Bahkan apabila Moge tersebut diperoleh dan dibeli dengan uang halal dan gaji resmi; mengendarai dan memamerkan Moge bagi Pejabat/Pegawai Pajak dan Kemenkeu telah melanggar azas kepatutan dan kepantasan publik.”

“Ini mencederai kepercayaan masyarakat,” tutupnya.

Unggahan ini pun menuai beragam komentar pedas dari warganet.




“Bu, kalo bisa bukan cuma DJP. Kementerian yang laen, BPK, plus DPR sekalian juga ya diberlakukan juga lah "kesederhanaan" dan tidak bergaya hidup mewah. Rakyat jauh lebih sakit hati lihat gaya hidup mewah anggota DPR yang katanya "wakil rakyat" tapi malah jadi "beban" Rakyat. APBN hasil keringat rakyat dipake buat kasih fasilitas luar biasa untuk anggota dewan,” tulis @ rizkyd.fay

“Tunda bayar pajak secara serentak jika mereka belum beres dan bersih,” tulis @ gelgelwirasuta.

“Apa cuma Aku disini yg merasa lucu ama respon Kak Sri ini ya? Kenapa setelah ada heboh kasus Mario - David baru sibuk beres-beres n bersih-bersih. Kemarin-kemarin kemana aja Kak? Emang ga tau yaa Pegawai GJP punya Club Moge gini???” tulis @akuaslimedan

“Ngakak , tiap ada kasus viral baru gembar gembor harus a b c d. Padahal udah rahasia umum seperti apa gaya hidup orang-orang pemerintahan,” tulis @crystalmind_official.

“Hati-hati dengan doa-doa pembayar pajak yang tertib (karena itu hasil jerih payah dan keringat halal) ketidak ikhlasan mereka karena uang pajak dikorupsi bisa menimbulkan azab dan malapetaka.... masih berani???? Butuh contoh lebih dahsyat????” tulis @putusr.


Sapa suruh pilih yono, menkeu yang menurut gw rada kejam urusan duit.

Ptkp kagak naek, pns naik gaji seuprit, pajak naik sampe 12%.

AR nya kagak beres ga diurusin ma dia

kalo yono punya moge ga boleh protes, karena suci.

emoticon-Leh Uga






Diubah oleh rajin.meremas 01-03-2023 06:32
bukan.bomat
antikhilafah
sorken
sorken dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.1K
42
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan