machinAvatar border
TS
machin
Menabung 30 Tahun, Hanya Untuk Pergi Melihat Bangkai Kapal Titanic Secara Langsung


Menurutku, sebuah film dikatakan berhasil jika film tersebut dapat meninggalkan kesan bagi penontonnya sesuai keinginan pembuat film tersebut. Film Titanic garapan James Cameron ini salah satunya. Dia berhasil memikat imajinasi banyak generasi pada masanya. Aku salah satunya. Dan yang paling berkesan dari film Titanic buatku saat melihat pertama kali adalah adegan melukis dan adegan tangan menempel di kaca mobil. Hehe. Maaf terlalu jujur.



Tapi beda bagi Renata Rojas, seorang Bankir yang berusia 50 tahundan memiliki impian mengunjungi dan melihat secara langsung dari sejak kecil. Dia penasaran bagaimana kondisi kapal terbesar pada masanya itu setelah tenggelam. Dan untuk menggapai impiannya tersebut, dia rela menabung selama 30 tahun lebih agar bisa melihat secara langsung bagaimana kondisi kapal Titanic setelah tenggelam. Saking terobsesinya dengan kapal Titanic, dia rela menabung, tidak menikah, tidak membeli mobil, dan menabung untuk mewujudkan cita-citanya tersebut. Bahkan dia rela mempelajari oceanografi untuk misinya tersebut.


Biaya untuk mengunjungi bangkai kapal Titanic sebesar 250.000 USD. Sekitar 3 milliar rupiah lebih, tergantung kurs dollarnya. Untuk melihat langsung bangkai kapal Titanic, dia ikut menjadi bagian dari Ekspedisi Titanic OceanGate 2022, menggunakan kapal selam yang hanya berisikan lima orang. Untuk bisa menuju ke lokasi dasar laut, membutuhkan waktu dua jam lebih, dengan kedalama 3.849 meter di bawah Samudera Atlantic. Jadi kalau pulang pergi turun dan naik ke permukaan, paling tidak dibutuhkan waktu selama enam sampai delapan jam perjalanan.



Kalau dilihat di peta, letak kapal Titanic tenggelam bisa dianggap berada di tengah-tengah samudera Atlantic. Perjalanan menuju lokasinya saja sudah sangat jauh di tambah lagi perjalanan menyelamnya. Sekitar 640 kilometer di lepas pantai Newfoundland. 
Untuk bisa mengunjungi bangkai Titanic secara langsung, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain punya uang yang banyak, harus berusia minimal 18 tahun, mampu tinggal di kapal di laut selama satu minggu, terbiasa menaiki perahu kecil di kondisi laut yang sangat ekstrim, terbiasa hidup dilingkungan yang dinamis, dimana rencana dan jadwal bisa berubah sewaktu-waktu, dan memiliki fisik yang sangat kuat untuk bertahan hidup di tempat yang ekstrim tersebut. 
Itulah mengapa biaya untuk mengunjungi bangkai kapal Titanic secara langsung ini sangat-sangat mahal. Karena sebelum memulai perjalanan, calon pengunjung harus mengikuti semua pelatihan yang sudah disediakan oleh tim, agar calon pengunjung tidak kaget saat berada dalam kondisi yang sangat ekstrim.

Quote:

--
Terimakasih sudah membaca trit ini sampai selesai.
Sehat dan bahagia selalu.emoticon-rose


Diubah oleh machin 23-02-2023 04:14
0
1.5K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan