Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tipscantiktvAvatar border
TS
tipscantiktv
Termasuk di Indonesia, Inilah 15 Kota Terbersih di Asia Tenggara


       Termasuk di Indonesia, Inilah 15 Kota Terbersih di Asia Tenggara

Nggak mau kalah dengan kota-kota yang ada di Eropa, Amerika, atau Australia, beberapa kota di Asia Tenggara juga berlomba-lomba untuk menjadi kota terbaik dan terbersih. Bahkan, beberapa kota di indonesia ada yang masuk ke dalam daftar, kota mana aja sih gais??
Berikut 15 kota terbersih di Asia Tenggara.
emoticon-Cool emoticon-Cool emoticon-Cool

#1 MELAKA, MALAYSIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Melaka atau Malacca adalah sebuah kota kecil yang terletak di negara Malaysia. Kota berpopulasi 950 ribu jiwa tersebut  dinobatkan sebagai kota sejarah di Asia Tenggara oleh UNESCO, dan menyandang salah satu kota terbersih di Asia Tenggara.
Menurut beberapa sumber, kota Melaka memang sudah disiapkan oleh pemerintah Malaysia sebagai kota wisata yang menampung banyak turis mancanegara. Nggak cuman wisata, Melaka juga dikenal sebagai salah satu kota dengan rumah sakit terbaik yang ada di Asia Tenggara.

#2 NAN, THAILAND emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Thailand merupakan salah satu negara Asia yang sangat terkenal dengan kawasan wisatanya. Sebelum pandemi COVID-19, kawasan seperti Bangkok, Chiang Rai, Phuket, Chiang mai, merupakan kawasan-kawasan wisata Thailand yang nggak pernah sepi pengunjung.
Nggak cuman kota-kota diatas, menurut laman Tourism Thailand ada kota Nan yang dinobatkan sebagai kota wisata terbersih di Asia Tenggara.

#3 PUERTO PRINCESA, FILIPINA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kota kecil di Filipina bernama Puerto Princesa menjadi kota paling bersih sebagai kawasan wisata mandiri. Bahkan program pemerintah untuk menjadikan kawasan wisata ini sebagai wilayah nol karbon sudah terwujud pada 2011 lalu, di mana kota berpopulasi 300 ribu jiwa itu dinobatkan sebagai kota dengan kualitas udara terbersih di Asia Tenggara.

#4 DA NANG, VIETNAM emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Da Nang adalah kota modern yang terletak Vietnam. Selain memikat hati banyak wisatawan asing, kota berpopulasi 1 juta jiwa ini juga menjadi salah satu kota terbersih di Asia Tenggara.
Menurut data yang dimuat Bangkok Post, kota Da Nang telah lama menjadi yang paling nyaman dan layak untuk ditinggali. Bahkan, Da Nang juga merupakan kota yang sering mendapatkan penghargaan internasional di bidang pariwisata.

#5 BANDAR SERI BEGAWAN, BRUNEI DARUSALAM emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Bandar Seri Begawan adalah ibu kota Brunei Darussalam dan memiliki sekitar 200 ribu jiwa. Dilansir dari laman The Scoop, kota ini pernah memenangkan penghargaan regional sebagai kota terbersih ASEAN pada tahun 2018.

#6 GEORGE TOWN, PENANG emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Mungkin selama ini Penang cuma dikenal sebagai wilayah Malaysia yang maju akan pengobatan medisnya. 
Nggak mau kalah dengan kota-kota lain di ASEAN, kota ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih se-Asia Tenggara.

#7 SEMARANG, INDONESIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Seperti yang dicatat dalam laman seasia.co, kota Semarang telah mendapatkan penghargaan sebagai kota terbersih oleh ASEAN Clean Tourist City Standar untuk periode 2020-2022. 
Selain bersih, banyak wisatawan asing yang kagum dengan keanekaragaman budaya yang ada di kota tersebut.

#8 VIENTIANE, LAOS emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Mungkin kota ini bukanlah kota terbersih di Asia Tenggara,. Tapi, kota dengan penduduk 1 juta jiwa tersebut telah menjadi salah satu kota paling layak huni di Laos bahkan Asia Tenggara.
Menurut keterangan dari laman The Nation Thailand, Laos telah berambisi untuk membuat kota ini sebagai kota terbaik dan terbersih di Asia pada tahun 2030 mendatang. 

#9 PHNOM PENH, KAMBOJA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Phnom Penh adalah ibu kota Kamboja. Kota seluas 758 km persegi ini telah menjadi salah satu kota terbersih di Kamboja dan bahkan diperhitungkan sebagai percontohan kota bersih di ASEAN.
Memang Kamboja harus bersaing dengan kota-kota di Asia Tenggara lainnya. Tapi beberapa tahun ke belakang, pemerintah Kamboja sangat serius dalam melakukan perbaikan sanitasi di kota-kota yang ada di Kamboja.

#10 KOTA PHUKET, THAILAND emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kota Phuket adalah kota yang terletak di sebelah tenggara pulau Phuket, Thailand. Menurut data dalam laman IQ Air, Phuket menjadi salah satu kota di Asia Tenggara yang memiliki kualitas udara yang sangat bersih.

#11 JOHOR BAHRU, MALAYSIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Johor Bahru adalah ibu kota dari negara bagian di Malaysia, yaitu Johor. Kota paling selatan di semenanjung Malaya tersebut memiliki populasi sebanyak 500 ribu jiwa dan menjadi salah satu kota terbersih di Malaysia. Bahkan, salah satu distrik kecil di Johor Bahru, yakni distrik Muar, telah menjadi salah satu wilayah terbersih di Asia Tenggara.

#12 BALIKPAPAN, INDONESIA emoticon-thumbsupemoticon-Cool
  

Kota Balikpapan terkenal sebagai kota terbersih di Indonesia. Terbukti, kota dengan penduduk 670 ribu jiwa ini sudah sangat sering meraih penghargaan Adipura, yaitu sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia dalam bidang kebersihan dan pengelolaan lingkungan hidup.
Nggak cuma terkenal sebagai kota terbersih, Balikpapan juga dikenal sebagai salah satu kota yang paling layak huni di Asia Tenggara. 

#13 KOTA HUE, VIETNAM emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Hue adalah sebuah kota yang terletak di pusat Vietnam dengan penduduk 460 ribu jiwa. Mungkin banyak yang tidak tahu, kalau kota ini pernah menjadi kota terbersih di kawasan Asia Tenggara.
Meskipun kini peringkatnya menurun, tapi tetap saja kota ini masih menjadi salah stau kota dengan kualitas udara dan lingkungan hidup yang patut diperhitungkan. Apalagi kebijakan lingkungan hidup yang dicanangkan oleh pemerintah lokal cukup ketat, membuat kota ini tetap terlihat asri dan menyatu dengan alam.

#14 KALAW, MYANMAR emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Kota berpenduduk 200 ribu jiwa ini juga menjadi salah satu kota dengan kualitas kebersihan lingkungan yang diperhitungkan di Asia Tenggara. Meskipun bukan yang terbaik, tapi pemerintah Myanmar sanggup membuktikan kualitas dan kelayakan kota bukit ini sebagai kota yang sejuk dan bersih di Myanmar.

#15 SINGAPURA, SINGAPURA emoticon-thumbsupemoticon-Cool



Terlepas dari perdebatan apakah Singapura lebih cocok dianggap negara atau kota, faktanya Singapura memang menjadi wilayah terbersih di Asia Tenggara. Selain sanitasi, Singapura juga unggul dalam hal transportasi dan pelyanan publik.
Bahkan Singapura juga dinobatkan sebagai salah satu kota sekaligus negara terbersih di dunia. Prestasi ini memang pantas disematkan pada wilayah yang dijuluki Kota Singa tersebut, mengingat Singapura memiliki sistem sanitasi terbaik di Asia.


Itulah gaiss, 15 kota terbersih di Asia Tenggara. Kalau kamu ada info menarik lainnya, kamu boleh share di kolom comment, semoga bermanfaat and bye bye

emoticon-Hai emoticon-Hai emoticon-Hai
0
772
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan