masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kejadian Nahas Ledakan Blitar Karena Bahan Petasan, Ini Pelajaran yang Bisa Diambil!
Menjadi pelajaran bagi para pembuat petasan dan semua orang, bahayanya tidak bisa untuk disepelekan


Ledakan dahsyat yang terjadi di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar, sempat membuat publik geger karena menewaskan 4 orang dalam keadaan nahas serta menghancurkan puluhan rumah hingga menyisakan puing-puing.

Menurut dugaan berdasarkan hasil penelusuran Tim Penjinak Bom, mereka menemukan bahan pembuat petasan dan juga puntung rokok di lokasi kejadian yang memperkuat dugaan ledakan dahsyat tersebut terjadi akibat aktivitas pembuatan petasan.

Dari adanya kejadian nahas yang menewaskan empat orang tersebut tentu sudah sepatutnya menjadi peringatan sekaligus pelajaran bagi Agan Sista semua. Terutama bagi orang-orang yang menjadikan produksi pembuatan petasab ilegal sebagai mata pencaharian di setiap jelang hari raya tertentu.

Adapun beberapa hal yang sudah seharusnya dapat dijadikan sebagai pelajaran adalah sebagai berikut.




1. Mentaati Aturan

Saat Agan dan Sista memutuskan untuk melakukan produksi petasan atau kembang api, maka mentaati aturan hal yang paling utama yang harus diperhatikan.

Aturan ketat telah ditetapkan oleh Pemerintah terkhusus dari Kementerian Perindustrian, dimana segala macam bentuk aktivitas produksi petasan atau kembang api telah diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 142 tahun 2015.

Selain izin produksi ada beberapa aturan lain terkait keamanan dan keselamatan, dimana itu semua harus diperhatikan untuk meminimalisir kecelakaan.

2. Memperhatikan Lingkungan

Masih bersumber dari artikel yang diterbitkan oleh Kementerian Perindustrian, lingkungan produksi atau kawasan industri juga harus diperhatikan.

Produksi petasan harus berada di dalam kawasan industri untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terkecuali untuk daerah yang tidak memiliki kawasan industri itupun tetap harus berada di dalam kawasan peruntukan industri.

3. Himbauan Penggunaan

Tentu yang dihimbau untuk berhati-hati pun juga bukan hanya produsen pembuat petasan GanSis, melainkan juga orang-orang yang membeli petasan atau konsumen untuk perayaan dan hiburan.

Menghidupkan kembang api atau petasan di tempat yang aman dan tidak di lingkungan yang mudah kebakaran, menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan karena kembang api dan petasan dapat menjadi penyebab kebakaran.



Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dan dijadikan sebagai pelajaran agar tidak terulang kembali kejadian serupa yang membahayakan banyak nyawa.

Tentu sebuah keselamatan dapat diusahakan, apa lagi jika yang menjadi penyebab celaka adalah akibat dari ulah manusia itu sendiri.

Tetap ikuti segala macam aturan dan himbauan, sebab aturan dan himbauan dibuat untuk menjaga keamanan dan keselamatan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Referensi:
disinidan disini
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
mancitybest
caroleberthi649
agusn6778
agusn6778 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
5.5K
101
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan