karyakarsaAvatar border
TS
karyakarsa
Berita Penting! Penulis Harus Tahu Tipe-Tipe Kepribadian Ini, Agan Masuk yang Mana?


Setiap orang tentu memiliki sifat atau karakter yang berbeda-beda. Sifat yang sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari ini, ternyata berpengaruh pada pekerjaan, seperti halnya dalam menulis. Menariknya, ternyata kepribadian agan relate dengan bagaimana cara agan menulis loh!. Berikut 4 tipe kepribadian unik seorang penulis.

1. Sanguinis


Pemilik kepribadian sanguinis ini merupakan seseorang yang populer dan suka berbicara, antusias dalam menyampaikan ide, meyakinkan siapa pun orang yang berbicara dengannya. Makanya, seorang penulis yang memiliki tipe kepribadian sanguinis lebih banyak bercerita pengalaman dirinya sendiri atau orang lain. Saat bercerita ia akan membuat cerita itu meyakinkan dan membuat orang terlarut dalam cerita.

2. Koleris


Koleris merupakan orang yang sangat percaya diri, independen, berani dalam memberikan pemikiran baru. Makanya penulis yang memiliki kepribadian koleris selalu ingin menciptakan sesuatu yang berbeda untuk bisa keluar dari zona nyaman. Tulisan yang dibuat terkadang menuai kontroversi atau berbeda pandangan. Ia selalu ingin berbeda dari pada umumnya dan ketika membuat cerita, ia akan menulis berisikan pemikiran yang berasal dari pengalamannya.

3. Melankolis


Si pendiam yang memiliki banyak pemikiran di kepalanya. Ia akan mengira-ngira apa yang ingin ia sampaikan dalam tulisannya. Ia tidak akan ragu untuk menghapus berulang kali kata atau kalimat yang tidak sesuai dan tidak enak dibaca. Ia akan melakukan tiap tulisan menjadi sempurna. Makanya, seorang penulis yang memiliki kepribadian melankolis adalah seorang yang perfeksionis. Tulisannya lebih puitis dan filosofis, karena kemampuan berpikirnya yang mendalam dapat menghasilkan tulisan yang mengena di hati pembaca. Bukan kuantitas aja yang dikejar oleh penulis tipe melankolis, tetapi lebih kepada kualitas tulisan.

4. Plegmatis


Plegmatis adalah orang yang terlihat lemah tapi sebenarnya ia rendah hati, sabar, dan mampu menenangkan orang lain berkat empati yang dimilikinya. Karena tidak suka konflik, tulisan yang dibuat oleh penulis yang memiliki kepribadian plegmatis adalah tentang kebijaksanaan, kedamaian, dan kebahagiaan. Melalui empati yang mampu merasakan perasaan orang lain, ia akan fokus membahagiakan diri sendiri dan orang lain.

Itulah tipe-tipe kepribadian seorang penulis. Di balik karya seorang penulis tersimpan sisi kepribadian yang uniknya. Kalau agan, termasuk tipe penulis dengan kepribadian yang mana, nih?

Buat agan yang ingin melebarkan sayap sebagai penulis. Yuk, ikut Kompetisi Cerita Bersambung “Unlock Your Story-Telling Passion Kolaborasi KaryaKarsaXNoice”. Selain karya agan bisa dikenal, agan juga bisa memperoleh puluhan juta rupiah loh! Gimana sih caranya? Ayo! Langsung klik link ini. Nah, supaya peluang kemenangan agan lebih besar, ikut dulu workshop How to Unlock Your Storytelling Passion. Untuk pendaftaran workshop langsung di sini ya gan!

Selain itu, agan juga bisa follow instagram, twitter, fanpage, dan tiktokKaryaKarsa untuk informasi lebih lanjut!


provocator3301
bonita71
pesulap.merah
pesulap.merah dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.1K
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan