mbah.utukAvatar border
TS
mbah.utuk
Ajian Jaran Goyang ( Based On True Event)


Assalamuallaiqum ...

Mohon maaf agan2 ada kesalahan teknis terpaksa di post ulang untuk kelanjutan tread sedang OTW.....

Selamat menikmati hidup...
Dan Selamat menjalani hidup untuk semua pembaca yg masih hidup.

Setelah sekian lama menjadi pembaca di forum tercinta ini saya ingin berbagi kisah pada semua agan2 dan sista semua nya..


Di jaman yg modern ini mungkin menganggap kisah2 orang jaman dulu itu takhayul mengada ada.
karena kita berkaca dari sudut pandang di masa kini bukan pada masa kejadian itu berlangsung sehingga akal kita kurang menerima.
Mungkin sama pandanganya kepada orang jaman dulu ketika dikabarkan tentang gemerlapnya dunia masa kini.
Dan saya akan membagikan sebuah kisah yang sangat melegenda di tanah jawa barat yg beradatkan jawa bukan sunda..jadi untuk yang ada di daerah sunda mungkin tak mengetahui kisah ini.

Kisah ini terjadi disekitar tahun 1950 an dimana masa itu penduduk indonesia masih dalam keadaan seadanya.
Rumah-rumah masih menggunakan lampu minyak.
Pakaian msh bnyk yg menggunakan bekas karung terigu,sulaman tambalan sana sini,makanan pun masih akrab dengan jagung singkong.
Meskipun padi sudah ada tpi itu menjadi makanan yg mewah dan mahal hanya para orang kaya yang bisa makan nasi setiap hari.

Ketika itu di daerah cirebon hiduplah keluarga miskin yang pekerjaanya jadi buruh tani bernama Baridin.
Ia hanya memiliki seorang ibu yang sudah tua sekitar 60 thn..dan baridin yg kala itu usianya baru 19thn sudah sangat terbiasa dengan pekerjaan disawah.

pekerjaanya yang hanya buruh tani itu hanya cukup untuk kebutuhan sehari2 kalau tidak kerja ya tidak bisa makan.

Baridin sama sekali tak pernah sama sekali menjalani pendidikan di sekolah rakyat karena keadaanya yg mengharuskanya mencari nafkah..

Tapi ia menjalani nya dengan apa adanya meski ia rindu kasih syg seorang ayah.
Karena Ayah Baridin meninggal saat Baridin masih kecil
...

Kadang baridin melamun knpa nasib nya begini,,ingin rasanya seperti orang lain bisa menikah punya istri,,kalau pagi2 disiapkan sarapan..kalau makan ada yg menemani.kalau disawah ada yg mengantarkan makanan..tidur pun tak sendirian.diapun berharap harap dan menghayalkan semua itu.

Ibunya seorang janda tua yang kadang ikut berkerja menjadi buruh tumbuk padi dan menanam padi kalau ia sakit tentunya ia tak bisa berkerja padahal upah menumbuk padi itu lah harapan nya untuk bisa makan nasi,,dari pagi sampai siang ia menumbuk padi bisa dapat upah 1 liter beras untuk ia masak dicampur dengan jagung agar beras nya tak cepat habis...

Tanaman jagung nya tak begitu luas karena hanya menanam dipekarangan rumah saja ditambah sayuran lain seperti labu singkong kacang panjang ..sayuran itulah yang dimasak setiap hari bersama ikan sepat dan belut dari bubu yg dipasang baridin di aliran air persawahan..


Dipagi hari itu terlihat baridin yang sedang tidur diatas dipan/lincak disamping rumahnya disamping nya ada weluku( senjata andalanya untuk membajak sawah yg ditaroh diatas punggung kerbau .)  ..

Rupanya dia begitu kantuk karena semalam full nonton wayang kulit bersama temanya didesa sebelah acara perkimpoianya anak juragan tanah yg tentunya sangat meriah...

Dijaman itu hiburan wayang kulit jadi hiburan populer diantara pertunjukan ronggeng ketuk dan tari topeng...diacara wayang kulit itu begitu ramai tua muda menikmati hiburan ..apalagi pemuda2 yg masih jomblo mereka asik kasak kusuk untk memberanikan diri berkenalan dg wanita yg disukainya..

Baridin dan temanya Gemblung dinulur ini begitu asyik mengamati wanita2 cantik yg menonton disamping penjual kacang rebus....

Baridin:" eh mblung liat itu cewek yg baju coklat bunga2 cantik banget yah...rambutnya ikal bergelombang alis nya tipis..hidung nya mancung..bibirnya kaya buah kepundung merah.. aku jadi ngayal pngen jadi pasanganya ..ahh rasanya bahagia banget kalo aku jadi kekasih nya blung...

Gemblung: "pasti kmu kunci terus dalam rumah ya din?!

Baridin:" hehe ya mblung..jangan sampe kadal berbulu buaya kaya kamu nglirik dia..rugi aku hahahah

Gemblung: " jangkrikk pelit banget sih kamu sama temen cuma lirik doang ga boleh..

Baridin: hihi ya tidak bisa blung itu inceran ku tuh...

Gemblung: emang nya kmu berani din ngajak kenalan itu cewek...dari pakeanya aja kelihatan dia orang kaya din,, putih bersih...tuh tuh liat aja mereka ber 6 cuma tuh cewe aja yg digodain pemuda2 cap kadal itu...

Baridin: over domeh..( katanya sambil menirukan gaya menir belanda marah)
Aku gak boleh kalah saingan nih blung ayo kita deketin blung....

Gemblung: bakkeroo( ikut2an juga menirukan tentara nippon yg ngomel2) kamu mau babak belur din itu cowok ada 5..kita cuma berdua bisa2 kita yang babak belur kalo nekat nyari masalah kesono...

Baridin: iya ya ..blung jangan sampe gak bisa garap sawah besok blung...mana bayaranya udh ku kasbon lagi sama mang bunawas(julukan warga desa pada juragan wasbun jdi di plesetkan bunawas)

Gemblung: pantesan kamu mau nyamperin tuh cewek din ngandelin duit 25 perak kasbonan tadi sore luh...

Baridin: hehe hiya mblung ...ya gimana lagi blung lahan bisnis nya cuma dia doang...?!

Gemblung: hadehh din din duit 25 perak ajah bsa bikin km ngimpi ngawinin tuh cewek...[/QUOTE]

Baridin pun tiba2 melesat mendekati ke 6 cewek itu yg digodain cwok2 itu yg sepertinya sudah terlalu berlebihan...

Baridin: hey lepasin dia jangan macem2 ya...

Ke 5 cowok itu pun berhenti dan berpaling pada baridin ...dan kesempatan itu dipake ke 6 cewek itu kabur ...

Quote:


Mereka pun mencari cewek2 itu tpi sayang rupanya mereka pulang karena ketakutan cowok2 tadi.akhirnya kedua sahabat itupun nonton wayang dibawah pohon pisang sambil makan kacang rebus dan telor asin jajanan khas klo ada hiburan di desa.

Dipagi itu datanglah mang bunawas alias wasbun membawa tumpeng dan lauk pauk. karena dikampung jaman dulu sudah lumrah pekerja di sawah dikirim makanan untuk sarapan dan makan siang berhubung disawah baridin belum juga muncul maka ia menyusulnya kerumah dan bertemulah dengan ibu baridin yg bernawa mbok wangsih...(mbok adalah sebutan atau panggilan sopan kepada wanita yg sudah tua..kalau nini sebutan untuk wanita yg lebih sepuh)

Mang bun: puntennn puntennn mbok mbok...baridin ada tidak.?

Mbok wangsih: mangga ..( jawaban dari salam mang bun...bukan buah mangga ya)

Mbok wangsih: ehh ada mang bun...mari sini sini masuk..ada apa ya nyari baridin?

Mang bun: gak usah mbok disini saja...oya mbok ini tumpeng nya disimpen didalam saja...baridin saya suruh garap sawah saya kok belum datang juga? saya ngirim makan kesawah gak ada kerbau gak ada baridin..memangnya baridin kemana mbok?...

Mbok wangsih: terimakasih mang bun...ohh disuruh mluku toh (weluku nama alat bajak sawah..dan mluku adalah sebutan untk pekerjaan membajak sawah)..sebentar saya bangunkan dulu...

Mang bun: walah bocahe masih turu...

Mbok wangsih pun segera membangunkan baridin...

Mbok wangsih: cung cung (panggilan umum untuk anak lelaki)..bangun didepan ada mang bunawas itu..kata nya kamu disuruh mluku disawah nya..!!

Baridin...hoaammmmm iya mbok...

Baridin pun segera menemui mang bun di depan rumah nya...

Mang bun: aduh din gimana sih saya tunggu disawah gak dateng2 ayo cepat garap sawah nya..para tetangga kanan kiriku sudah pada beres tuh tinggal aku saja yang belum...

Baridin: aduhh mohon maaf mang bun semalam saya nonton wayang jadi masih ngantuk...

Mang bun: ya inget tugas juga dong din..jangan smpe gak berangkat din.

Baridin pun menghela nafas mau tak mau ia harus berangkat kesawah nya mang bun..

Quote:


baridin pun segera beres2 alat2 weluku nya tak lupa ia mencuci muka dan minum air putih setelah menyantap beberapa suap nasi untuk menambah tenaga nya berkerja..

Sambil melangkah ia pun bernyanyi kidung jawa untuk mengibur hati yg gundah gulana memikirkan wanita cantik semalam yg ia sukai ...

baridin yg jomblo itu begitu terpesona dengan kecantikan gadis desa yg ia lihat semalam wajah cantiknya putih kulitnya manis senyum nya.

Nyanyian2 nya pun tah henti2 nya memuji kecantikan keindahan wanita itu...sampai ketika di persimpangan jlan ia pun bertanya pada orang2 yang sedang berkumpul di warung pojokan desa.

Quote:


Baridin pun segera beranjak dengan memanggul weluku di pundaknya....

Tak berselang lama ada seorang wanita cantik yg terlihat bingung mengingat belanjaanya...

Cewek: tadi mama nyuruh membeli apa saja ya.. gula pasir 1/2 kilo..cabe rawit 1/4 kg,,,terasi 3 biji...ikan cucut nya berapa ya lupa aku..

( Mama adalah panggilan untuk ayah biasanya anak2  yg  dimanja manggilnya mama dan ibu dipanggil mimi di daerah cirebon dan indramayu)

Saat mengingat ingat belanjaanya ia pun dikagetkan oleh ulah jail laki2 yg pada nongkrong disana...

Quote:


Merekapun kabur dan dari kejauhan terlihat baridin yg kembali dari sawah karena tak menemukan sawah nya mang bunawas pun melihat cowok2 itu pada kabur di omelin cewek..dan samar2 dari kejauhan baridin melihat kok kaya cewek cantik tadi malam ya..baridin pun segera menghampiri nya..

Quote:


Baridin pun berpura pulang dan sembunyi di kebun warga..dia berencana menanyakan pda pemilik warung siapa wanita itu..setelah selesai cwek itu pulang baridin segera kewarung itu dan bertanya .setelah tau nama cewek itu bernama Ratminah anak nya bapak dam orang kaya yg pelit dan keras kepala..baridin pun merasa senang bisa tau nama nya.

Sementara itu dirumah bapak dam ia menanti nanti anaknya blm juga pulang dari warung..

Quote:


Mang bun pun berlalu dari rumah Baridin.
Baridin teringat kembali akan pertemuanya dengan Ratminah ia terus membayangkan kecantikanya mengingat harum tubuh nya mengingat sikap centil yg membuat nya gemas.
Ahhh rasanya panah asmara sudah tertancap dihati Baridin.

Tak terasa melamun di teras waktu sudah sore..baridin pun bergegas mandi di kali belakang rumah nya.
Dan setelah mandi ia pun duduk melamun kembali di dalam kamar nya..

Quote:
fa.achryy
MendiManikung
namakuve
namakuve dan 20 lainnya memberi reputasi
19
7.2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan