masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Tidak Bisa Disepelekan, Gaya Kepemimpinan Koloni Serigala Dapat Dicontoh Oleh Manusia
Punya gaya kepemimpinan super hebat dalam berkoloni, patut untuk dicontoh oleh manusia


Serigala, tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan hewan yang memiliki bentuk menyerupai anjing ini.

Serigala merupakan hewan mamalia karnivora yang hidup dan tinggal secara berkoloni, berpindah-pindah tempat atau migrasi untuk mencari wilayah yang aman dan kaya akan sumber makanan.

Meskipun di era ini Agan Sista sulit untuk melihat secara langsung bentuk dari serigala, tetapi eksistensi serigala tetap ada bahkan dijadikan sebagai tema dari sinetron fiksi di televisi.

Kisah tentang koloni siluman serigala pernah heboh di televisi karena diperankan oleh aktor dan aktris muda yang juga memiliki banyak penggemar seperti Aliando Syarief, Prilly Latuconsina, Jessica Mila, Ricky Harun, dan masih banyak lagi artis ternama yang lainnya.

Namun, apakah Agan dan Sista tahu bahwa di dalam koloni serigala ada pembagian tugas dan peran kepemimpinan yang unik?
Mari kita bahas fakta menarik seputar koloni serigala.




Mungkin Agan dan Sista disini sering melihat foto atau video yang menunjukkan satu koloni serigala berjalan saling beriringan untuk bermigrasi dari satu tempat ke tempat lain.

Tapi apakah kalian tahu bahwa di dalam satu koloni serigala terdapat kepemimpinan yang diatur sedemikian rupa dengan peran masing-masing?

Saat bermigrasi ke sebuah tempat biasanya serigala bersama dengan koloninya yang berjumlah kurang lebih 20 ekor dengan peran masing-masing dibagi di dalam 5 kelompok.

Jika Agan Sista melihat terdapat 3 ekor serigala berada di barisan paling depan, itu merupakan serigala-serigala yang paling tua atau serigala yang sedang sakit di dalam koloni tersebut. Serigala yang tua atau sakit tersebut berada di paling depan barisan dengan tujuan untuk mengatur kecepatan perjalanan karena jika serigala tua diletakkan di bagian belakang pasti akan ketinggalan.

Sedangkan untuk barisan kelompok kedua dan keempat adalah barisan dari kelompok serigala paling kuat, yang bertugas melindungi barisan kelompok pertama yang merupakan serigala tua, dan barisan kelompok ketiga yang beranggotakan serigala tanpa keahlian atau bayi-bayi serigala.

Bukan hanya itu, kelompok serigala kedua dan keempat juga memiliki peran untuk mencari makanan saat istirahat. Makanan yang diperuntukkan bagi serigala tua dan serigala tanpa keahlian.

Adapun satu ekor serigala yang berada di barisan paling belakang adalah serigala pemimpin, bertugas mengawasi serigala lain agar tidak keluar barisan dan melindungi koloninya dari serangan.




Melihat gaya kepemimpinan serigala di dalam berkoloni dengan pembagian perannya, tentu ada beberapa pelajaran baik yang bisa diambil oleh manusia.

Siapa yang diciptakan dengan kekuatan dan keahlian lebih besar sudah sepatutnya memberikan perlindungan kepada yang lemah atau butuh bantuan. Menekan egoisme diri menjadi penting untuk diperhatikan karena Tuhan menciptakan suatu makhluk untuk saling melengkapi dan menjaga.

Begitupun dengan seorang pemimpin, harus berani untuk mengambil resiko dan mengorbankan diri jika memang yang dipimpin berada dalam ancaman.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
susilo01
shast777
darmawati040
darmawati040 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.8K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan