masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Suka Berbohong dan Menutupi Kebusukan?Tidak Lebih, Hanya Ini yang Akan Didapatkan
Hobi bohong dan suka menutupi kebusukan?
Awas, tidak lebih hanya ini yang akan didapatkan dan jadi ganjaran


Manusia hidup di dunia, tentu tidak akan terlepas dari yang namanya keburukan karena memang manusia sendiri terlahir dengan dibekali hawa nafsu dan emosi.

Keburukan dari satu orang dengan orang yang lain pun juga berbeda-beda, ada sifat buruk yang merugikan diri sendiri, ada pula sikap dan sifat buruk yang merugikan orang lain.

Salah satu keburukan yang mungkin pernah dilakukan oleh hampir semua orang hidup adalah berkata bohong alias tidak jujur. Entah itu dengan alasan takut aib atau rahasia terbongkar, berkaitan dengan nama baik, atau alasan-alasan lain yang seringkali dianggap benar meskipun itu sebuah kesalahan.

Dapat dikatakan bohong atau dusta adalah sifat dan perilaku tidak terpuji, karena berkata tidak sesuai fakta dan kenyataan bisa dikatakan sebuah kejahatan sebab dapat menyesatkan orang lain yang sudah terlanjur percaya dan meyakininya.

Berikut ini beberapa hal yang akan kalian dapatkan saat menjadikan kebohongan sebagai hobi dan kebiasaan.




1. Dosa

Bagi orang yang percaya akan adanya Tuhan dengan memegang teguh agama tertentu, maka bohong mendapatkan sebuah ganjaran dosa yang mana itu semua harus dipertanggungjawabkan.

Sekecil apapun kebohongan yang dilakukan selama itu bukan demi kebaikan seseorang yang berkaitan dengan keselamatan atau nyawa, maka akan ada dosa yang menjadi ganjaran. Itulah sebabnya pembohong sangat dibenci oleh Tuhan.

2. Tidak Mendapatkan Kepercayaan

Sekali berbuat bohong dan diketahui oleh seseorang, maka sudah tamat nasib dari si pembohong.

Tidak akan ada kepercayaan penuh yang bisa diberikan untuk seorang pembohong, karena kebohongan bersifat candu yang bisa diulang ketika seseorang merasa terdesak atau memang memiliki maksud dan tujuan tertentu.

3. Hidup Tidak Tenang

Seseorang yang suka berbohong maka akan merasa tidak tenang di dalam menjalankan kehidupannya karena takut kebohongannya terbongkar.

Rasa takut dan tidak tenang inilah yang kemudian membuat si pembohong terus melakukan kebohongan agar kebohongan sebelumnya tidak diketahui oleh orang lain.

4. Terlibat Masalah Besar

Saat kebohongan terus dilakukan dari yang kecil sampai dengan kebohongan besar, maka akan menjadi bom yang bisa sewaktu-waktu meledak dan melukai diri sendiri.

Terlibat masalah besar dan bersangkutan dengan kasus hukum juga bisa menjerat seorang pembohong, karena kebohongan juga termasuk kedalam tindakan penipuan yang terencana.



Berikut tadi GanSis beberapa resiko dari sifat pembohong yang telah dijadikan sebagai sebuah kebiasaan di dalam kehidupan sehari-hari.

Satu kebohongan akan melahirkan kebohongan lain, itulah sebabnya harus dihindari karena bukan hanya akan merugikan diri sendiri melainkan juga merugikan dan membahayakan orang lain.

Mungkin banyak orang sering menyepelekan kebohongan, dan baru sadar serta menyesal saat kebohongan yang dilakukan membuahkan hasil yang buruk bagi kehidupannya.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
Queinsane
hallowwolf94
ormarr
ormarr dan 19 lainnya memberi reputasi
20
4.7K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan