masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Netizen Heboh Patung Yesus di Brazil Tersambar Petir, Ini Dia Alasan Ilmiahnya
Potret patung Yesus di Brazil yang tersambar petir bikin heboh warganet, ini dia alasan ilmiahnya


Media sosial tengah dihebohkan dengan foto dan video yang menunjukkan kejadian fenomena alam dimana sebuah patung Yesus yang berada di daerah Rio de Janeiro, Brazil tersambar petir pada hari Jumat, 10 Februari 2023 lalu.

Tersambar petirnya patung Yesus Kristus terbesar di dunia yang foto dan videonya beredar di media sosial tersebut pun membuat heboh warganet dengan berbagai ragam komentar tanggapan mulai dari komentar positif dengan menyertakan alasan ilmiah dan juga komentar-komentar negatif yang tidak beralasan.

Adapun foto patung Yesus yang tersambar petir tersebut diabadikan langsung oleh Fernando Braga, dan dibagikan di media sosial Instagram pribadinya.




Melihat banyaknya komentar dan tanggapan warganet terkait beredarnya foto dan video patung Yesus di Brazil yang tersambar petir, mari kita bahas alasan dan kemungkinan ilmiah yang dapat menjadi penyebab kenapa petir dapat menyambar benda tertentu.

Petir, adalah gejala atau fenomena alam berupa kilatan cahaya atau yang lebih sering disebut dengan listrik alam dari awan bermuatan. Perbedaan muatan yang besar antara awan dengan benda-benda atau makhluk hidup di bumi lah yang menyebabkan pelepasan muatan negatif atau positif yang terdapat pada awan.

Berbekal dengan konsep pengertian fenomena alam petir tersebut, menurut penjelasan dari seorang ahli dan pakar petir Sekolah Tinggi Ilmu Elektro dan Informatika STEI, Institut Teknologi Bandung (ITB) yaitu Dr. Ir. Syarif Hidayat, menjelaskan alasan kenapa manusia atau benda yang ada di bumi dapat tersambar petir.

Menurut Dr. Ir. Syarif Hidayat, petir di awan yang bermuatan negatif akan selalu mencari lawannya di bumi yaitu benda atau makhluk hidup yang bermuatan positif.

Petir yang berada di awan akan bergerak zig zag, mencari sumber aliran muatan positif terdekat dari awan bisa itu manusia yang berada di alam terbuka atau benda-benda dengan ukuran tinggi yang menjulang yang menghantarkan muatan positif dari bumi.

Jika dilihat dari penjelasan tersebut tentu Agan Sista pasti sudah dapat mengambil kesimpulan, bahwa alasan kenapa patung Yesus tertinggi di dunia yang ada di Brazil tersebut dapat tersambar petir.




Perlu Agan dan Sista ketahui, patung Yesus yang berada di puncak Gunung Corcovado, Rio de Janeiro, Brasil tersebut bukan kali pertama tersambar petir, melainkan pernah mengalami kejadian serupa di tahun 2014 dan mengakibatkan jari patung terputus dan harus dilakukan restorasi.

Tentu adanya fenomena-fenomena alam yang seperti ini bukan untuk diperdebatkan panjang dengan beradu argument yang tidak perlu, karena untuk mengetahui fakta ilmiahnya kita hanya membutuhkan waktu sekejap dengan semakin canggihnya teknologi untuk bisa mengetahui alasan dan faktanya.

Perdebatan dan komentar negatif tidak lebih hanya akan menimbulkan perpecahan, membuat antara satu orang dengan orang lain ribut dengan opini masing-masing.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
opex46
pilotamoy141
Zero
Zero dan 20 lainnya memberi reputasi
21
6.3K
145
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan