Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Jokowi Heran RI Butuh Pupuk Tapi Pabrik Malah Setop Produksi



Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) di Aceh sudah tidak beroperasi sejak 2005. Tak hanya PIM, pabrik pupuk lainnya yang juga sudah tidak beroperasi puluhan tahun yaitu PT Aceh Asean Fertilizer (AF).

"Saya enggak tahu berpuluh tahun bertahun-tahun kita diamkan saja aset sebesar ini," kata Jokowi dalam peresmian Pabrik NPK PT Pupuk Iskandar Muda di Aceh, Jumat (10/2).

Jokowi mengatakan kedua pabrik itu berhenti operasi karena tidak lagi memiliki pasokan gas. Ia pun mempertanyakan apakah Indonesia tidak bisa mengimpor gas demi berjalannya pabrik itu.

"Apakah kita kalau enggak cukup gas kita dari dalam negeri, apakah tidak bisa kita impor biar pabriknya ini jalan?" kata Jokowi.

Jokowi mengaku heran dengan kedua pabrik itu berhenti beroperasi, padahal saat ini sedang terjadi kesulitan mendapatkan pupuk. Ia pun sudah mendengarkan keluhan petani yang sulit menemukan pupuk.

Maka dari itu, Jokowi meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk memastikan agar kedua pabrik pupuk itu beroperasi. Saat ini, baru pabrik PIM yang sudah berjalan. Sedangkan pabrik AF masih mengalami banyak masalah.

"Saya minta betul-betul minta komitmen Kementerian BUMN, komitmen Pupuk Indonesia, pupuk di manajemen PIM sendiri betul-betul mencari solusi mencari jalan keluar untuk urusan gas karena kuncinya ada di situ," kata Jokowi.

link

Heran gan
muhamad.hanif.2
seword.com
aldonistic
aldonistic dan 6 lainnya memberi reputasi
7
2.8K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan