Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Baju Baru Untuk Warthog
Quote:


Bagi Agan pemerhati alutsista, pasti tak asing dengan nama A-10 Warthog, pesawat ini kondang sebagai pesawat yang digunakan untuk misi dukungan tembakan jarak dekat. Dan yang menarik dari Warthog baru-baru ini adalah tampil dengan baju (warna kamuflase) baru, yakni berupa cat dengan corak loreng dengan kombinasi warna hijau dan cokelat tua.

Warthog dengan livery baru itu adalah milik Moody Air Force Base (AFB), dicat khusus untuk memperingati berdirinya American Volunteer Group (AVG), juga dikenal sebagai “Flying Tigers,” yang terbang selama Perang Dunia II, dan salah satu dari pilot yang terkenal dari unit adalah Charles R. Bond Jr.

Gambar pesawat yang baru dicat dirilis pada 8 Februari oleh Kolonel Russell "Bones" Cook, komandan Wing ke-23 Angkatan Udara AS, yang berbasis di Moody AFB di Lowndes County, Georgia. Pangkalan ini adalah rumah dari Grup Tempur ke-23, bagian dari Wing ke-23, terdiri dari dua skuadron A-10C siap tempur. Dua skuadron itu adalah Skuadron Tempur ke-74 dan Skuadron Tempur ke-75, serta Skuadron Pendukung Operasi ke-23. Sementara A-10 yang memakai livery khusus ini berasal dari Skuadron Tempur ke-74.

Corak livery yang dipilih untuk A-10 Wing ke-23 menyerupai skema kamuflase yang terlihat pada pesawat Curtis P-40C Warhawks era Perang Dunia. Pesawat yang dimaksud aktif antara 1941-1942, pilot yang bertugas dengan Flying Tigers terdiri dari pilot sukarelawan yang berasalndari Korps Udara Angkatan Darat Amerika Serikat, Angkatan Laut, dan Korps Marinir. Tiga skuadron tempur ditugaskan untuk mempertahankan China melawan pasukan Jepang. Skuadron AS ini secara resmi menjadi bagian dari Angkatan Udara Republik China.

Quote:


Detail unik lain dari baju baru Warthog adalah emblem 'Adam and Eve' yang khas yang jugaditampilkan pada pesawat P-40C No. 5 milik Charles R. Bond Jr. Selain itu, Warthog juga dilengkapi angka 5 sesuai dengan pesawat yang diterbangkan Bond Jr. Menurut catatan Air Force Herritage Flight, Bond bersama dengan Erik Shilling, adalah pilot yang membawa motif gigi hiu ke Flying Tigers, gambar itu pertama dipakai oleh P-40 yang bertugas di Afrika Utara.

Sementara dalam beberapa tahun terakhir, A-10 yang bertugas di Wing ke-23 juga identik dengan desain gambar mulut gigi hiu, sementara unit A-10 lainnya menampilkan mulut ular dan babi hutan. Sekilas profil Charles R. Bond Jr., dia memasuki Program Kadet Penerbangan pada tahun 1938 dan kemudian ditugaskan dan menerima pada tahun 1939.

Setelah itu, pada tahun 1941, dia menjadi sukarelawan dengan Flying Tigers. Bond berhasil menghancurkan sembilan pesawat Jepang saat terbang dengan Flying Tigers, mengangkatnya menjadi pilot dengan gelar ace, tetapi dia juga sempat merasakan ditembak jatuh dua kali dalam pertempuran. Dia kemudian dianugerahi dua medali China: The Fifth Order of the Cloud Banner dan The Seven Star Wing Medal.

Quote:


Saat ini Grup Tempur ke-23 Moody AFB mewarisi misi dari Flying Tigers yang dulu dibubarkan pada Juli 1942. Lima perwira staf, lima pilot, dan 19 awak darat Flying Tigers menjadi anggota Grup Tempur ke-23 yang baru saat pertama kali dibentuk. Grup Tempur ke-23 yang memakai A-10 Warthog saat ini juga mengadopsi nama panggilan Flying Tigers, dengan emblem harimau terbang ditampilkan sebagai lambangnya.

Setelah Flying Tigers dibubarkan, Bond bergabung kembali dengan Army Air Corps pada Oktober 1942, dan akhirnya naik pangkat menjadi mayor jenderal.  Jadi livery baru A-10 terinspirasi dari sejarah awal 23rd Fighter Group. Ini adalah penghargaan yang pantas untuk pilot Flying Tigers dan Charles R. Bond Jr. Semoga infornasi ini bisa bermanfaat, sampai jumpa emoticon-Ngacir



------------------




Referensi Tulisan: TheDrive.com& USAF
Sumber Foto: sudah tertera
jlamp
gabener.edan
geopoliticsgeek
geopoliticsgeek dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.3K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan