harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Siklon Freddy, Fenomena yang Sebabkan Angin Kencang Akhir-akhir Ini! Ada Yang Merasa?

Sumber Gambar

Angin kencang sempat melanda daerah TS beberapa hari lalu. Angin kencang ini bahkan membuat beberapa tetangga TS asbesnya terangkat, walau belum sampai lepas. Ada juga yang hebel di temboknya sampai lepas juga (Kalau ini karena si tukangnya juga sih gak bener pasang hebel, semennya kurang).

Intinya, angin kencang tengah melanda beberapa daerah akhir-akhir ini. Padahal untuk hujannya sendiri terbilang tidak deras bahkan hanya sebentar. Pohon-pohon tumbang pun dilaporkan terjadi hingga salah satu panggung sholawat roboh di Depok. Hal ini terasa di kawasan DKI Jakarta dan sekitarnya.

Di Twitter pun sempat ramai mengenai angina kencang ini. Sampai-sampai netizen menggeruduk akun BMKG untuk mencari tahu penjelasan mengenai angin kencang yang melanda pada hari itu.


Sumber Gambar

Keadaan seperti ini memang kadang membuat was-was. Apalagi yang rumahnya kurang kuat dan tahan angin. Terkait hal ini, BMKG pun menyampaikan akan adanya siklon Freddy yang terpantau ada di selatan pulau Jawa. Tepatnya di perairan Samudera Hindia. Sistem ini menghasilkan angin kencang dengan kecepatan 25 knot.


Sumber Gambar

Sebelum lanjut, apa itu Siklon Freddy?

Siklon Freddy merupakan sebuah siklon tropis yang terbentuk pada 7 Februari lalu. Terjadi di Samudera Hindia yang akan mempengaruhi cuaca di pulau Jawa dan sekitarnya secara tidak langsung dalam radius hingga 200km. Siklon ini akan menghasilkan hujan dengan intensitas lebat dan angin yang cukup kencang. Selain itu, siklon ini juga akan berdampak di perairan dengan terjadi gelombang tinggi di beberapa daerah.

Selat Sunda, Selat Bali, hingga perairan selatan dari mulai Banten hingga Bali merupakan kawasan yang rentan terjadinya gelombang tinggi akibat siklon Freddy ini. Gelombang ini berpotensi memiliki tinggi yang mencapai 2-4 meter.


Sumber Gambar

Wilayah Lampung, Banten, Jakarta dan berbagai wilayah di Jawa serta Bali berpotensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang akibat siklon Freddy ini. TS sendiri sudah merasakannya sejak Kamis kemarin, dan sepertinya keadaan ini akan segera berakhir seiring dengan menjauhnya siklon Freddy ini.

Saat ini, siklon tersebut tengah bergerak ke arah barat dan menjauh dari Indonesia. Ya, semoga saja cepat-cepat pergi dari Indonesia ya. Karena setiap ada angin kencang, rasanya hati tidak tenang. Takut ada sesuatu yang roboh atau malah rumah sendiri yang rusak akibat angin.

Menurut TS, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan saat terjadi angin kencang. Salah satunya adalah dengan tidak berteduh di tempat-tempat yang rawan roboh seperti bangunan semi permanen hingga gubuk kayu. Hindari lokasi seperti papan reklame, tiang jalan dan pohon besar. Tempat-tempat semacam itu dapat mengancam keselamatan kita.


Sumber Gambar

Tutup pintu dan jendela rumah. Hal ini supaya angin kencang dari luar tidak masuk ke dalam yang bisa saja membuat bagian dalam rumah jadi berantakan. Belum lagi material-material dari luar yang bisa saja masuk ke dalam rumah. Kalau bisa, cabut semua colokan listrik seperti charger yang bisa menyebabkan arus pendek.

Saat ini cuaca memang tidak menentu. Tahun ini yang diprediksi akan terjadi kemarau kering pun sampai sekarang masih hujan-hujan juga. Untuk itu kita harus tetap waspada, setelah hujan dan angin kencang ini, bisa jadi tiba-tiba kemarau. Benar-benar tidak tertebak, tetap jaga kesehatan selalu!

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Daerah kalian ada angin kencang gak?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
arsenalkufc
kimha420
edilokonga503
edilokonga503 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.9K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan