Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Bukan Mitos, Ini Alasan Mangga Menjadi Lebih Cepat Matang Saat Disimpan Dalam Beras
Mangga mentah menjadi lebih cepat matang saat disimpan di dalam beras?
Ternyata bukan mitos, dan ini alasannya


Indonesia dapat dikatakan adalah negara yang memiliki cukup banyak jenis buah-buahan lokal yang mendunia.

Alasan buah-buahan Indonesia menjadi buah-buahan yang disukai oleh banyak orang adalah karena memiliki kualitas terbaik dan juga buah lokal Indonesia berbeda dengan buah-buahan asal negara lain.

Mungkin Agan Sista disini juga menyukai berbagai macam jenis buah lokal Indonesia dan sering menyangka bahwa mangga adalah buah lokal negara kita.

Perlu GanSis ketahui, mangga bukanlah buah lokal Indonesia melainkan buah yang berasal dari daerah perbatasan India dengan Burma dan pohon mangga telah tersebar sejak kurang lebih 1500 tahun yang lalu.




Adapun yang akan TS bahas di dalam thread kali ini adalah tentang salah satu cara tradisional menyimpan buah-buahan mentah agar lebih cepat matang yang seringkali dianggap mitos oleh banyak orang karena sangat tidak masuk akal.

Menyimpan buah-buahan mentah termasuk mangga di dalam beras, pasti Agan dan Sista pernah melihat cara tradisional ini dilakukan oleh ibu kalian dengan harapan buah mangga dapat matang lebih cepat.

Apa yang terjadi?
Benar, 2 sampai 3 hari kemudian mangga tersebut akan matang dan dapat dimakan padahal jika dibiarkan pada suhu ruang mangga tersebut akan tetap mentah selama kurang lebih 7 hari.

Bukan mitos, menyimpan buah-buahan mentah di dalam beras dengan harapan lebih cepat matang adalah fakta.

Alasan buah-buahan mentah termasuk mangga dapat lebih cepat matang saat disimpan di dalam beras adalah karena beras dapat mengikat gas etilan pada buah mangga sehingga buah mangga lebih cepat matang.

Gas etilen sendiri merupakan hormon tumbuhan yang memiliki fungsi dan peran untuk membuat buah menjadi matang dan juga menjadi penyebab kerontokan pada daun. Gas etilen pada buah mentah yang sudah diambil dari pohon harus bertahan lebih lama ada di dalam buah tersebut agar bisa matang, dan salah satu caranya yaitu dengan meletakkannya di dalam beras.

Perlu Agan Sista ketahui, menyimpan buah-buahan mentah di dalam beras agar cepat matang ini disebut dengan maturing, yaitu proses pemaksaan pematangan pada buah.



Bagaimana GanSis, sudah terjawab rasa penasaran kalian tentang penyebab mangga mentah lebih cepat matang saat disimpan di dalam beras?

Bukan mitos atau hanya sebuah kepercayaan ya, melainkan fakta yang memang dibuktikan sendiri di rumah.

Tapi perlu kalian ingat, jangan menyimpan buah mangga lebih dari 3 hari di dalam beras karena akan lebih cepat busuk.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
hallowwolf94
davianjustice
eyefirst2
eyefirst2 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
4K
98
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan