dharma8888Avatar border
TS
dharma8888
Tampang KKB Egianus Kogoya yang Intimidasi Pekerja-Bakar Pesawat Susi Air





Nduga

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang dipimpin Egianus Kogoya mengintimidasi 15 pekerja pembangunan puskesmas di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Egianus Kogoya juga membakar pesawat Pilatus PK-BPY milik maskapai Susi Air.

Dalam foto yang dilihat detikcom, Jumat (10/2/2023), Egianus Kogoya berambut tebal berwarna hitam. Dia juga tampak berewok dan berkumis dengan kulit berwarna gelap.

Pada foto tersebut, Egianus Kogoya juga memakai pengikat kepala dengan corak bendera Inggris. Dia terlihat membawa senjata api jenis Minimi yang merupakan senapan mesin ringan.

Egianus Kogoya tampak mengenakan kemeja dengan dalaman kaos berwarna hitam dan celana loreng. Selain itu, dia juga mengalungkan sejumlah amunisi.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo mengatakan sejak 2018-2023 Egianus Kogoya dan anak buahnya kerap melakukan kejahatan khususnya di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Egianus dkk dinilai sebagai kelompok kriminal yang paling eksis dan aktif menebar teror.

"Dari data kami dia (Egianus Kogoya) sebagai KKB yang sangat eksis dan aktif membahayakan keselamatan warga masyarakat," ungkap Benny saat dikonfirmasi detikcom, Kamis (9/2).

Benny menegaskan pihaknya akan terus berupaya mengejar dan menangkap Egianus Kogoya dan anak buahnya. Apalagi kelompok ini selain meneror warga, mereka juga mengganggu jalannya pemerintahan dan pembangunan, khususnya di Nduga.

"Egianus Kogoya segeralah menyerahkan diri. Cepat atau lambat kami pasti akan menangkapnya. Marilah mendukung pemerintah agar masyarakat di Nduga bisa menikmati pembangunan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan upaya pengejaran dan penangkapan terhadap KKB masih terus dilakukan Polda Papua melalui Satgas Damai Cartenz. Tahun 2023 dinyatakan sebagai tahun penegakan hukum di samping cara persuasif yang masih dilakukan.

"Para pelaku kejahatan terhadap warga sipil ini juga menjadi buruan TNI karena dianggap telah merongrong kedaulatan negara. Hanya dari semua kelompok yang tersebar di beberapa kabupaten dikatakan kelompok yang terbilang cukup solid adalah KKB pimpinan Egianus Kogoya," ungkapnya.

Faizal menilai kelompok Egianus Kogoya selain dikenal kejam ternyata memiliki bekal senjata berat hasil rampasan. Bahkan mereka dianggap KKB yang cukup kuat.

"Dari semuanya kelompok yang ada, kelompok Nduga pimpinan Egianus yang terbilang masih kuat," kata Faizal yang juga Direktur Kriminal Umum Polda Papua.
Baca juga:
Warga Paro Nduga Mengungsi Usai KKB Egianus Kogoya Bakar Pesawat Susi Air
Egianus Kogoya Intimidasi Pekerja-Bakar Pesawat

Terbaru, Egianus Kogoya dan anggotanya mengintimidasi dan mengancam 15 pekerja proyek pembangunan Puskesmas di Distrik Paro, Papua Pegunungan. Para pekerja diminta menghentikan aktivitasnya dan meninggalkan Paro.

Pengancaman itu dilakukan Egianus Kogoya pada Sabtu (4/2). Beruntung tidak ada pekerja yang menjadi korban, mereka telah dievakuasi aparat TNI-Polri.

Selanjutnya, KKB yang dipimpin Egianus Kogoya membakar peswat milik maskapai Susi Air, Selasa (7/2). Pilot pesawat pun disandera dan nasibnya kini belum diketahui.
Baca juga:
Pengakuan 15 Pekerja di Nduga Tak Disandera KKB Tapi Diintimidasi

Pesawat Pilatus Porter Susi Air dengan nomor penerbangan SI-9368 itu awalnya lepas landas dari Bandara Mozes Kilangin, Kabupaten Mimika, Selasa (7/2) sekitar pukul 05.33 WIT. Pesawat rute Timika-Paro-Timika itu diketahui dipiloti Capten Philips asal Selandia Baru.

"Membawa lima penumpang take off dari Bandara Mozes Kilangin Kabupaten Mimika menuju Bandara Paro Distrik Paro Kabupaten Nduga," ungkap Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo dalam keterangannya, Selasa (7/2).

teroris
nomorelies
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan nomorelies memberi reputasi
2
1.7K
32
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan