masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Pengen Tahu Cara Pembuatan Garam? Madura Punya Desa Wisata Garam yang Bisa Dikunjungi
Menarik untuk dikunjungi, bukan hanya sekedar liburan Desa Wisata Garam Pamekasan berikan edukasi dan pengalaman


Garam adalah salah satu bumbu dan perasa masakan alami yang dapat dikatakan dibutuhkan oleh semua orang karena hampir di setiap menu yang dimasak entah di rumah maupun di restoran selalu menggunakan bumbu yang satu ini sebagai penyedap rasa selain MSG.

Sebagaimana sering kita lihat di TV, buku pelajaran atau internet, dimana garam biasa dibuat di tepi-tepi pantai atau laut karena bahan dasar garam sendiri adalah air laut yang diolah hingga menjadi berbentuk kristal-kristal kecil.

Menurut beberapa informasi yang TS dapatkan dari berbagai sumber bacaan, manusia sangat membutuhkan garam di dalam kehidupan sehari-hari karena garam memiliki manfaat bagi tubuh yaitu untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, serta menjaga fungsi otot dan syaraf.

Melihat banyaknya manfaat garam bagi kehidupan manusia, tentu akan menjadi sangat menarik jika kita dapat melihat secara langsung bagaimana seorang petani garam memproses air laut menjadi garam GanSis.

Berikut ini TS memiliki rekomendasi tempat wisata di Pulau Garam untuk dikunjungi karena di tempat ini bukan hanya menyuguhkan keindahan alam melainkan juga memperlihatkan secara langsung bagaimana para petani garam mengolah air laut menjadi garam.


Quote:

Desa Wisata Garam, berlokasi di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

Sebagaimana julukan masyarakat Indonesia terhadap Pulau Madura yaitu Pulau Garam, Pamekasan khususnya Desa Bunder menghadirkan tempat wisata baru dengan konsep edukasi bagi para wisatawan untuk melihat secara langsung cara pembuatan garam oleh para petani garam.

Pamekasan khususnya Desa Bunder memang memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat wisata, bukan hanya karena memiliki tambak-tambak garam melainkan juga mempunyai keindahan alam hutan mangrove yang bisa dieksplor oleh para wisatawan yang berkunjung langsung ke tempat ini.

Desa Wisata Garam Pamekasan Madura sendiri dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa alias BUMD, dan mulai dibuka pada tanggal 4 April 2021 lalu.

Quote:


Berkunjung ke Desa Wisata Garam Pamekasan Agan dan Sista bukan hanya disuguhkan dengan aktivitas para petani dalam membuat garam, melainkan juga akan disuguhkan dengan pemandangan hutan mangrove yang dapat disusuri melalui sungai kecil dengan menggunakan perahu.

Untuk dapat berkunjung masuk ke Desa Wisata Garam GanSis tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena harga tiket yang cukup murah yaitu 5 ribu rupiah perorang, sedangkan untuk naik perahu dan menyusuri hutan mangrove hanya perlu membayar 10 ribu rupiah saja.

Bagi yang hobi memancing di Desa Wisata Garam pengunjung juga diperbolehkan untuk memancing, atau sekedar foto-foto di spot Instagramable untuk diunggah ke media sosial.



Bagaimana, apakah Agan dan Sista tertarik untuk berkunjung ke Desa Wisata Garam yang berlokasi di Pamekasan Madura ini?

TS pribadi tertarik untuk berkunjung dan melihat proses petani membuat garam, karena TS belum pernah melihat secara langsung bagaimana air laut dapat berubah menjadi garam.

Tentu dengan berkunjung ke Desa Wisata Garam kita bukan hanya dapat menikmati keindahan alam hutan mangrove GanSis, melainkan juga dapat belajar serta mendapatkan pengalaman baru guna menambah wawasan dan pengetahuan.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
verdandigr
dasiemsidas
jokoariyanto
jokoariyanto dan 8 lainnya memberi reputasi
7
2K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan