Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kabutoyakushiAvatar border
TS
kabutoyakushi
Kendaraan Elektrik Beroperasi, Permintaan Listrik Meningkat, Sudah Antisipasi?




Kendaraan listrik atau elektrik kini mulai beroperasi di Indonesia. Perlahan tapi pasti, sebagian orang mulai beralih dari kendaraan konvensional dan memilih mesin berbaterai.


Tak perlu jauh-jauh berbicara tentang mobil listrik, sepeda elektrik dan skuter elektrik sudah sering kita jumpai di tempat-tempat umum. Inovasi baru yang katanya lebih ramah lingkungan, tentunya karena tak menimbulkan polusi udara.






Mengenai keberadaannya yang menimbulkan pro dan kontra, di sini saya hanya ingin membahas sedikit saja tentang kendaraan listrik ini. Karena saya yakin, GanSis pasti sudah mengenalnya terlebih dulu di pemberitaan media. Atau bahkan GanSis sudah mulai menggunakannya?


Seperti yang kita tahu, kendaraan listrik adalah kendaraan yang beroperasi atau digerakkan dengan motor listrik. Dilengkapi kecerdasan buatan dan teknologi terbarukan membuat nilai jual kendaraan listrik cukup tinggi. Ini adalah kendala yang sesungguhnya karena kendaraan ini tidak bisa menjangkau semua kalangan.






Permasalahan berikutnya yang tak bisa diabaikan adalah kurangnya pasokan tenaga listrik. Jika sebagian besar orang menggunakan kendaraan listrik, otomatis permintaan listrik meningkat. Apakah PLTU sudah memperhitungkan hal ini?


Sementara masyarakat kita belum semuanya bisa menikmati listrik. Di beberapa pelosok daerah bahkan masih hidup dalam cahaya remang-remang tanpa jangkauan listrik. Harusnya pemerataan tetap diutamakan agar tak terjadi ketimpangan kehidupan masyarakatnya.


Dalam sumberyang saya baca, di beberapa negara yang sudah mulai mengoperasikan kendaraan listrik, mengaku kewalahan dengan permintaan listrik yang banyak. Terlebih karena dibangkitkan dari tenaga uap, tentu polusi akan lebih banyak berasal dari PLTU. 




Hal tersebut terjadi di negara maju. Lantas bagaimana dengan negara kita kelak? Sudahkah kita memiliki tenaga listrik yang memadai untuk memasok kendaraan bermesin baterai ini?






Dengan segala permasalahan di atas, bukan berarti kehadiran kendaraan listrik ini merugikan, GanSis. Disematkannya teknologi terkini yang cukup canggih, harapannya bisa memudahkan para penggunanya. Mungkin pada awalnya, kendaraan listrik dirasa sangat mahal dan tentu semua membutuhkan penyesuaian. Namun, kelak seiring waktu berjalan, kemajuan teknologi mau tak mau sangat dibutuhkan dan membantu masyarakat.

Apapun itu, harapan kita pemerintah telah menyiapkan solusi untuk mengatasi kemungkinan permasalahan yang timbul sehingga kelak kendaraan listrik bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat tanpa kendala.







0
170
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan