zatilmutieAvatar border
TS
zatilmutie
Nasi Petis Khas Madura, Kuliner Unik Yang Bikin Penasaran Pengunjung
Nama yang Unik Membuat Nasi Petis Penasaran Untuk Dicoba


Nasi Petis


Kuliner tradisional salah satu kearifan lokal yang dimiliki setiap suku di Indonesia, meskipun telah terbilang jadul karena sudah ada sejak zaman nenek moyang alias jaman baheula namun karena dibuat dengan bahan-bahan alami dan memiliki citarasa yang khas, masakan tradisional memiliki penikmat yang tak pernah lekang bahkan sampai di era modern seperti sekarang.

Negara Indonesia salah satunya memeliki makanan tradisional yang khas dari pulau garam alias Madura. bukan hanya kental dengan citarasanya, warisan budaya masyarakat Madura ini terus dinikmati bahkan dicari para pelancong, sebagai daya tarik ketika mengunjungi pulau Madura.

Untuk Thread kali ini saya akan mengupas tentang salah satu kuliner khas dari Pulau yang terkenal dengan jembatan Suramadu ini. Nah, mungkin Agan dan Sista di sini belum begitu mengenal makanan tradisional khas Madura.

Penasaran kuliner tradisional khas Madura yang akan dibahas di thread kali ini?
Berikut kita kupas dengan lengkap.



Nasi petis Nyonya Lete'

Nasi petis adalah nama kuliner tradisional yang unik dari Madura, dari segi nama saja makanan tradisional ini dapat dikatakan sangat khas Madura dan bikin penasaran untuk dicoba

Selain sate Madura yang terkenal. Nasi khas pulau garam ini mampu memanjakan lidah para penikmatnya.

Nasi Petis merupakan makanan tradisional khas Madura yang tidak ada petisnya sama sekali. Nah Loh? Tambah penasaran kan Gansis? Nasi petis ini ternyata dibuat menggunakan bahan dasar nasi dengan bahan tambahan atau pelengkap yaitu separuh telur rebus, jeroan sapi, dendeng daging sapi, limpa dan hati sapi. Masing-masing ukuran besar, seukuran separuh telapak tangan.

Kuahnya sedikit santan kental. Ternyata si petis ini menjadi salah satu bumbu yang penting dalam kuah santan itu. Cairan santan kental berasal dari dua puluh biji buah kelapa, dicampuri satu sendok petis khas Madura. Rasa petis Madura sangat unik berbeda dengan bumbu petis dari daerah jawa dan terkenal rasa petis khas Madura asin dan berwarna kecoklatan. Berbeda dengan petis daerah lain yang cenderung manis.

Rahasia kelezatan bumbu nasi petis nan gurih ini karena bumbu petis dan aneka rempah, kuah santan nan gurih namun tidak eneg. Sangat cocok dinikmati dengan beragam lauknya yang tersaji.

Ada beberapa nasi petis yang terkenal di Madura, diantaranya nasi petis Gang Amboina, Depot Nyonya Lete’ dan Nyonya Sennam. Memiliki keunikan yaitu Depot Nyonya Lete’ menggunakan kuah sik-usik(kerupuk kulit sapi dengan santan) yang berwarna agak kemerahan tambahannya potongan telur, misoa bumbu kecap, dan serundeng. Agak mirip dengan sajian di Depot Nyonya Sennam yang tambahan lauknya sejenis, namun kuah santannya putih.

Nah untuk gansis yang belum kesampaian mencicipi nasi petis khas Madura, saya akan merangkum resepnya dari berbagai artikel.

Bahan-Bahan:

Bahan utama

- 2 lembar daun jeruk

- 1 batang sereh, geprek

- 3 cm temu kunci

- 2 sendok makan kecap manis

- 7 buah rawit merah

- 5 Butir telur ayam, rebus

- 500 ml santan

- 2 sendok makan petis

- 1 batang laos, geprek

Bahan bumbu halus

- 5 buah bawang merah

- 5 siung bawang putih

- 2 cm kunyit

- 4 cm jahe (1)

Cara Membuat

1. Tumis bumbu halus sampai mengeluarkan aroma wangi. Lalu masukkan daun jeruk, lengkuas, cabai rawit, serai, dan temu kunci. Aduk sampai tercampur.

2. Selanjutnya masukkan santan, telur, asam jawa, petis dan kecap manis. Aduk rata dan masak sampai mengental dan tidak pecah.

3. Kemudian bubuhi dengan garam, gula dan merica. Masukkan irisan cabe rawit, aduk sebentar dan kemudian sajikan. 


Gambar Facebook Siti Hamida

Nah mudah bukan? Untuk menu lauknya bisa ditambahkan empal goreng, paru, sambal, dan semur daging sapi boleh juga menu ikan laut atau tawar.





Penulis: @zatilmutie
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1
2. Nasi Petis RM Nyonya Lete'
Diubah oleh zatilmutie 06-02-2023 10:18
azhuramasda
pesulap.merah
jokoariyanto
jokoariyanto dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.3K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan