Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

santrilakilakiAvatar border
TS
santrilakilaki
Ma'ruf Amin Ungkap Cara untuk Menarik Minat Wisatawan Muslim


TEMPO.CO, Jakarta - Indonesia berupaya meningkatkan kualitas wisata halal untuk mengundang lebih banyak wisatawan muslim. Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menyediakan layanan halal di lokasi-lokasi wisata.

"Dengan menyediakan layanan halal itu maka menarik banyak wisatawan muslim. Pihak Jepang, Korea, Cina, Taiwan juga melakukan itu," kata Ma'ruf di Istana Kepresidenan Yogyakarta pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Layanan halal yang dimaksud dengan menyediakan berbagai kebutuhan wisatawan muslim, seperti ketersediaan tempat ibadah, restoran halal dan fasilitas lainnya. "Bukan hanya di negara-negara muslim bahkan di Cina pun ada. Misalnya di China, saya pernah ke sana ada restoran biasa tapi ada juga restoran halal, ada tempat salat, di Korea juga begitu," kata Ma'ruf.

X
Artinya, menurut Ma'ruf, wisata halal menunjukkan ketersediaan layanan halal di destinasi wisata itu. Bukan mengubah destinasi itu menjadi destinasi wisata halal sepenuhnya.

"Ini yang perlu diluruskan, dan bukan hanya di negara mayoritas muslim tetapi justru di Jepang, Cina, Eropa, Australia, di mana-mana begitu," kata Ma'ruf.

Ma'ruf pun mengungkap perbedaan antara wisata halal dan religi. Ia mencontohkan berkunjung ke masjid bukanlah termasuk wisata halal, melainkan wisata religi.

"Kalau wisata halal itu mengunjungi semua destinasi wisata yang ada, cuma di destinasi itu ada layanan halal," kata Ma'ruf.

https://travel.tempo.co/read/1687997...satawan-muslim
bukan.bomat
prabas
rizaldi.sarpin
rizaldi.sarpin dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan